Pendayagunaan Sumber Belajar Dalam Implementasi Strategi Penyampaian Pembelajaran Tematik

Agus Wedi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang pendayagunaan sumber belajar dalam implementasi strategi penyampaian pembelajaran tematik di kelas awal sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis dengan rancangan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan adanya aneka sumber belajar yang dimanfaatkan, terjadinya pola interkasi siswa dengan sumber, serta struktur bentuk belajar klasikal, kelompok, dan individual. Pendayagunaan sumber tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan eksernal.

Abstract: This study aims to describe the utilization of learning resources in the implementation of thematic learning delivery strategies in the early grades of elementary school. This study used a phenomenological qualitative approach with a case study design. The results showed that there were various learning resources that were used, the occurrence of patterns of student interaction with the sources, and the structure of classical, group and individual learning forms. Utilization of these resources is influenced by internal and external factors.


Keywords


sumber belajar; strategi penyampaian; pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Bogdan, R. C. & Biklen, S. K. 1992. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.

Budiardjo, L. 2001. Hakikat Metode Instruksional. Jakarta: Depdiknas Ditjen Dikti, Proyek Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional.

Degeng, I N. S. 1988. “Pengorganisasian Pengajaran Berdasarkan Teori Elaborasi dan Pengaruhnya terhadap Perolehan Belajar Informasi Verbal dan Konsep”. Disertasi. Malang: IKIP Malang.

Degeng, I N. S. 1989. Ilmu Pengajaran: Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud Ditjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Dimyati, M. 1997. Penelitian Kualitatif. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Gagne, R.M. & Briggs, L.J. 1979. Principles of Instructional Design. New York: Holt, Rinehart, and Winston.

Kovalik, S.J. dan McGeehan, J.R. 1999. “Integrated Thematic Instruction”. Dalam Reigeluth, C.M. Instructional Design Theories and Models: An Overview of Their Current Status. London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Merriam, S.B. 1998. Qualitative Research and Case Study Appplication in Education. Revised and Expanded from Case Study Research in Education. San Francisco: Jossey_Bass Publisher.

Mudhoffir. 1993. Prinsip-prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar. Bandung: Remadja Karya.

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., dan Rahardjito. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. dan Rivai, A. 1990. Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru Bandung.

Sunaryo. 1989. Strategi Belajar Mengajar dalam Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Jakarta: Depdikbud Ditjen Dikti, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Surachmad, W. 1986. Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar: Dasar dan Teknik Metodolog


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Edcomtech

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with MoU.

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats