Pengembangan Video Termediasikan Augmented Reality sebagai Electronic Performance Support System dalam Pembelajaran

Yerry Soepriyanto, Basith Rahmatullah

Abstract


Abstrak: Pebelajar kadangkala merasa kesulitan pada saat mengillustrasikan isi pembelajaran berupa pengetahuan konsep. Oleh karena itu pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk video yang termediasikan oleh Augmented Reality yang valid untuk digunakan dalam sistem elektronik pendukung kinerja (Electronic Performance Support System) pembelajaran. Marker (Penanda) ditempatkan pada modul bahan ajar pada bagian gambar yang mengillustrasikan sebuah konsep, sehingga pada saat pebelajar belum mamahami secara penuh maka kamera smartphone yang digunakan sebagai detektor marker menangkap dan menjalankan video-nya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Sadiman untuk mengembangkan video termediasikan Augmented Reality. Hasil pengembangan adalah video termediasikan Augmented Reality yang digunakan sebagai sistem pendukung kinerja pembelajaran dalam katagori valid.

Abstract: Students sometimes find it difficult to illustrate learning content in the form of conceptual knowledge. Therefore, this development aims to produce video products mediated by Augmented Reality which are valid for use in learning performance support electronic systems (Electronic Performance Support Systems). A marker is placed on the teaching material module in the image part that illustrates a concept, so that when students do not fully understand it, the smartphone camera used as a marker detector captures and runs the video. This study uses Sadiman's development method to develop Augmented Reality mediated videos. The result of the development is Augmented Reality mediated video which is used as a learning performance support system in a valid category.

 


Keywords


Video termediasikan Augmented Reality; EPSS; modul bahan ajar.

Full Text:

PDF

References


Allen, W H. (1975). Intellectual abilities and instructional media design. AV Communication Review Vol 23. Issue 2. pp 139 – 170.

Arikunto, S. (2001). Dasar – dasar evaluasi pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2001

Arikunto, S. Prosedur penelitian : Suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2010.

Azuma, R T. (2007). A survey of augmented reality. Massachusetts Institute of Technology, 6 (4): 355-356.

Furht, B. (2011). Handbook of augmented reality. New York. Spriger. 2011.

Gery, G. (1991). Electronic performance support systems. Boston, MA: Weingarten Publications Inc. 1991.

Gustafson, K. (2000) Designing Technology-Based Performance Support. Educational Technology, 40 (1), 38-44.

Lin, H. (2011). Facilitating Learning from Animated Instruction: Effectiveness of Questions and Feedback as Attention-directing Strategis. Educational Technology and Society , 14(2): 1.

Kaomi, J. (2006). Designing video and multimedia for open and flexible learning. New York. Routledge.2006.

Mardikaningsih, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran AR-Book (Augmented Reality Book) mata pelajaran fisika materi sistem tata surya untuk siswa kelas IX SMP Negeri 2 Malang”. Tesis. Tidak diterbitkan.

Mayer, R. E. & Moreno, R. (2002). Animation as an aid to multimedia learning. Educational Psychology Review; 14,1: 87-99

Mulyasa, E. (2006). KTSP. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2002). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Setyosari, P., & Effendi, M. (1990). Pengajaran bahan ajar (Buku Penunjang Perkuliahan). Malang: Tidak Diterbitkan.

Setyosari, P & Sihkabuden. (2005). Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.

Video. (2016, April 14). Retrieved April 14, 2016, from https://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Videos


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Edcomtech

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with MoU.

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats