Kebutuhan Sumber Belajar Dosen yang Mendukung Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Perguruan Tinggi

Imam Fitri Rahmadi, Khaerudin Khaerudin, Cecep Kustandi

Abstract


Abstrak: Seorang dosen harus terus mengembangkan keilmuannya secara berkelanjutan yang difasilitasi oleh perguruan tinggi dengan menyediakan sumber belajar yang lengkap, relevan, dan terbaru. Namun, sebelum menyediakan sumber belajar, perlu terlebih dahulu dilakukan analisis kebutuhan sumber belajar. Studi ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kecenderungan jenis sumber belajar yang dibutuhkan oleh dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang mendukung pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Studi dilakukan dengan metode survei menggunakan angket yang diisi oleh 114 dosen dari 7 fakultas di UNJ. Dosen pada setiap fakultas, memiliki kecenderungan pilihan jenis sumber belajar yang berbeda, namun video dan PowerPoint (PPt) merupakan sumber belajar yang paling dibutuhkan. Pengembangan sumber belajar di perguruan tinggi harus mempertimbangkan kebutuhan sumber belajar dosen pada setiap fakultas, bukan hanya secara keseluruhan pada tingkat universitas.

Abstract: A lecturer must continue to develop his knowledge in a sustainable manner which is facilitated by the higher education by providing complete, relevant, and up-to-date learning resources. However, before providing learning resources, it is necessary to first analyze the needs of learning resources. This study aims to obtain information about the trends in the types of learning resources required by the Jakarta State University (UNJ) lecturers who support Information and Communication Technology (ICT) -based learning. The study was conducted using a survey method using a questionnaire filled in by 114 lecturers from 7 faculties at UNJ. Lecturers at each faculty tend to choose different types of learning sources, but video and PowerPoint (PPt) are the most needed learning resources. The development of learning resources in tertiary institutions must consider the learning resources needs of lecturers at each faculty, not only as a whole at the university level


Keywords


pembelajaran berbasis TIK; perguruan tinggi; sumber belajar

Full Text:

PDF

References


Any, J. I. (2011). Pemanfaatan Sumber-Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 2 Lebaksiu Kabupaten Tegal. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Fuaidah, T. (2013). Implementasi Pemanfaatan Media Blog dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Skripsi, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Educational Technology: A Definition with Commentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Januszewski, A. (2001). Educational Technology: The Development of a Concept. Colorado: Libraries Unlimited.

Rahmadi, I. F. (2017). “Mengembangkan Pusat Sumber Belajar di Perguruan Tinggi Berdasarkan Masalah dan Kebutuhan Terbaru”. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 31, No. 2, h. 90-96.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Republik Indonesia. (2005). Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Republik Indonesia. (2012). Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Seels, B. B., & Richey, R. C. Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya, terjemahan Dewi S. Prawiradilaga, Raphael Rahardjo, dan Yusufhadi Miarso. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 1994.

Sumantri, M. S. (2012). Pemanfaatan Sumber Belajar pada Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Tesis, Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with MoU.

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats