Pengembangan Buku Panduan Sebagai Sumber Belajar untuk Tenaga Kerja Indonesia Di Malaysia
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain dan pengembangan produk berupa buku panduan untuk meningkatkan pengetahuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dengan tujuan Malaysia. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (RnD) dari Thiagarajan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi dan pre-posttest. Data yang diperoleh melalui analisis kebutuhan dengan memberikan pretest, observasi, dan kuisioner. Validasi ahli dengan instrumen kuisioner untuk menilai prototipe buku panduan oleh ahli media, ahli materi, dan TKI tersebut. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretes dan postes kepada TKI dan kuisioner untuk validasi media dan respon dari TKI. Analisis data kuantitatif menggunakan desain pre-experiment dengan one group pretest-postest design. Hasil penelitian menghasilakn sebuah desain dan produk buku panduan yang telah teruji efektivitasnya dalam meningkatkan pengetahuan TKI.
Abstract: This study aims to produce a product design and development in the form of a guidebook to increase the knowledge of Indonesian Workers (TKI) with the aim of Malaysia. The model used in this research is Thiagarajan's research and development (RnD). Data collection techniques using questionnaires, observation and pre-posttest. Data obtained through needs analysis by providing a pretest, observation, and questionnaires. Expert validation with a questionnaire instrument to assess the manual prototype by the media expert, material expert, and TKI. Quantitative data were obtained from the results of the pretest and posttest to Indonesian migrant workers and questionnaires for media validation and responses from migrant workers. The qualitative data analysis used a pre-experimental design with one group pretest-postest design. The results of the research resulted in a design and guidebook product that had proven its effectiveness in increasing the knowledge of TKI
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AECT. (1986). Definisi teknologi pendidikan: satuan tugas definisi dan terminologi AECT (Terjemahan Yusufhadi Miarso). Jakarta: Rajawali.
Atwi Suparman. (2012). Desain instruksional modern. Jakarta:
Erlangga.
Djemari Mardapi. (2008). Teknik penyususnan instrumen tes
dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.
INPRES. (2006). Instruksi presiden republik indonesia nomor 6
tahun 2006, tentang kebijakan reformasi sistem penempatan
dan perlingdungan tenaga kerja Indonesia. Kementrian Tenaga
Kerja dan Transmigrasi. Indonesia.
Ismawardani, N. (2015). Pengaruh Penggunaan Limbah Tapioka
Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa.
Jurnal cakrawala pendidikan, februari 2015, th. Xxxiv, no. 1.
E-ISSN: 2442-8620.
Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Educational technology: A
definition with commentary.
Mahwah, NJ: Erlbaum. Kementrian Ketenagakerjaan. (2004).
Undang-undang republik indonesia nomor 39 tahun 2004 tentang
penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia di luar
negeri. Jakarta: Kementrian Ketenagakerjaan.
Mawarni, S. (2017). Pengembangan digital book interaktif mata
kuliah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk
mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi
Pendidikan. Volume 4 No 1. April.
Miarso, Yusuf Hadi. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan.
Jakarta: Prenada Media.
Rustan, Surianto. (2009). Mendesain logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Seels B, Rita C. Richey. (1994). Instructional technology: the
definition and domains of the field. AECT Washington DC.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of
expectional children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training
Institute/ Special Education, University of Minnesota.
Yulisanti, Ana. (2008). Bekerja sebagai desainer grafis. Jakarta: Erlangga.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with MoU.
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)