Pengembangan Buku Panduan Sebagai Sumber Belajar untuk Tenaga Kerja Indonesia Di Malaysia

Fatikhatun Najikhah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain dan pengembangan produk berupa buku panduan untuk meningkatkan pengetahuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dengan tujuan Malaysia. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (RnD) dari Thiagarajan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi dan pre-posttest. Data yang diperoleh melalui analisis kebutuhan dengan memberikan pretest, observasi, dan kuisioner. Validasi ahli dengan instrumen kuisioner untuk menilai prototipe buku panduan oleh ahli media, ahli materi, dan TKI tersebut. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretes dan postes kepada TKI dan kuisioner untuk validasi media dan respon dari TKI. Analisis data kua­ntitatif menggunakan desain pre-experiment dengan one group pretest-postest design. Hasil penelitian menghasilakn sebuah desain dan produk buku panduan yang telah teruji efektivitasnya dalam meningkatkan pengetahuan TKI.

Abstract: This study aims to produce a product design and development in the form of a guidebook to increase the knowledge of Indonesian Workers (TKI) with the aim of Malaysia. The model used in this research is Thiagarajan's research and development (RnD). Data collection techniques using questionnaires, observation and pre-posttest. Data obtained through needs analysis by providing a pretest, observation, and questionnaires. Expert validation with a questionnaire instrument to assess the manual prototype by the media expert, material expert, and TKI. Quantitative data were obtained from the results of the pretest and posttest to Indonesian migrant workers and questionnaires for media validation and responses from migrant workers. The qualitative data analysis used a pre-experimental design with one group pretest-postest design. The results of the research resulted in a design and guidebook product that had proven its effectiveness in increasing the knowledge of TKI

 

 


Keywords


buku panduan; sumber belajar; tenaga kerja indonesia

Full Text:

PDF

References


AECT. (1986). Definisi teknologi pendidikan: satuan tugas definisi dan terminologi AECT (Terjemahan Yusufhadi Miarso). Jakarta: Rajawali.

Atwi Suparman. (2012). Desain instruksional modern. Jakarta:

Erlangga.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik penyususnan instrumen tes

dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

INPRES. (2006). Instruksi presiden republik indonesia nomor 6

tahun 2006, tentang kebijakan reformasi sistem penempatan

dan perlingdungan tenaga kerja Indonesia. Kementrian Tenaga

Kerja dan Transmigrasi. Indonesia.

Ismawardani, N. (2015). Pengaruh Penggunaan Limbah Tapioka

Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa.

Jurnal cakrawala pendidikan, februari 2015, th. Xxxiv, no. 1.

E-ISSN: 2442-8620.

Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Educational technology: A

definition with commentary.

Mahwah, NJ: Erlbaum. Kementrian Ketenagakerjaan. (2004).

Undang-undang republik indonesia nomor 39 tahun 2004 tentang

penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia di luar

negeri. Jakarta: Kementrian Ketenagakerjaan.

Mawarni, S. (2017). Pengembangan digital book interaktif mata

kuliah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk

mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi

Pendidikan. Volume 4 No 1. April.

Miarso, Yusuf Hadi. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan.

Jakarta: Prenada Media.

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Seels B, Rita C. Richey. (1994). Instructional technology: the

definition and domains of the field. AECT Washington DC.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of

expectional children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training

Institute/ Special Education, University of Minnesota.

Yulisanti, Ana. (2008). Bekerja sebagai desainer grafis. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with MoU.

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats