Bahan Ajar PPKN Berbasis Karakter dan Literasi untuk Siswa Kelas IX SMP Al Hikmah Surabaya

Sriyanto Sriyanto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar PPKn Berbasis Karakter dan Literasi Siswa kelas IX yang dirancang lebih menarik, melatih mandiri, kreatif dan inovasi, sesuai kebutuhan siswa serta mengembangkan kompetensi, karakter dan literasi siswa. Model pengembangan yang digunakan Dick, Carey & Carey (2001) yang disesuaikan dengan keperluan pengembangan. Teknik analisis ini digunakan untuk mengolah data yang diperoleh melalui lembar evaluasi dalam bentuk deskriptif persentase. Hasil validasi dari ahli desain pembelajaran mencapai 92.5%. Sedangkan dari ahli materi bahan ajar yang dikembangkan mencapai 89.3%. Hasil uji coba pada siswa, persentase kelayakan secara keseluruhan mencapai 83.66%. Sedangkan Review dari guru mencapai 78.41% serta respon melalui angket mendapatkan respon sangat baik. Dari data dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan dapat digunakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang memiliki kualifikasi sangat baik, dan mengembangkan ranah kompetensi, karekater dan literasi siswa.

Abstract: This study aims to produce teaching materials based on Character and Literacy PPKn Class IX students who are designed to be more interesting, to train independently, creatively and innovatively, according to students 'needs and develop students' competence, character and literacy. The development model used by Dick, Carey & Carey (2001) adjusted to the development needs. This analysis technique is used to process data obtained through evaluation sheets in the form of descriptive percentages. The validation results from learning design experts reached 92.5%. While the experts of teaching materials developed reached 89.3%. The results of trials on students, the overall eligibility percentage reached 83.66%. While the Review from the teacher reached 78.41% and the response through the questionnaire got a very good response. From the data and analysis that has been done, it can be concluded that the development product can be used as teaching material in Pancasila and Citizenship Education (PPKn) subjects that have very good qualifications, and develop the domains of competence, character and student literacy.


Keywords


Development of PPKn teaching materials; character education; student literacy; Pengembangan bahan ajar PPKn; pendidikan karakter; literasi siswa

Full Text:

PDF

References


Ahyar, Sihkabuden.,& Yerri Soepriyanto. 2019. Implemtasi Model Pembelajaran Based Learning pada Mata elajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran) April 2019.(http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/6898/3691/)diakses 21 Maret 2019.

Aisyah, D., Muhana Gipayana., Eri Tri Djatmika. 2017. Pengembangan Bahan Ajar berbasis Literasi Bercirikan Quantum Teaching Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Efektif dan Produktif. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian, dan Pengembangan. Mei 2017. Halaman: 667—675. (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ diakses 13 April 2019)

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asriani, P., Cholis Sa’dijah.,& Sa’dun Akbar. 2017. Bahan Ajar Berbasis Karakter Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume: 2 Nomor: 11 Bulan November Tahun 2017. Halaman: 1456—1468 (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ diakses, 12 April 2019)

Badan Penelitian dan Pengembangan. 2013. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dick, Walter., Lou Carey & James O. Carey. 2001. The Systemic Design of Instruction (6thed). USA: Harper Collins Publisher.

Ghufron, A. 2010. Integrasi Nilai-nilai Karakter Bangsa pada Kegiatan Pembelajaran. (Online), (http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/download/230/pdf_23, diakses 10 April 2019).

Harun, 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Karakter. Jakarta; Tim Pengembangan PPK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Handayani, Agustina., Punaji Setyosari.,& Sulthoni 2017. Pengembangan bahan ajar Biologi Berbasis Multimedia untuk Siswa VIII II SMP Islam Yakin Tutur Kabupaten Pasuruan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Edcomtech Volume 2, Nomor 1, April 2017.(http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/2073/1218/diakses 30 April 2019)

Ikhsan, 2017. Kecenderunagn Global dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Vol 2 No 2 Juli 2017: Halaman 49-58. http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/index. Diakses, 27 Maret 2019

Kurniasih, I., & Berlin Sani. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar (Buku Teks Pelajaran) sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Pendidik Impelementasi Kurikulum 2013. Jakarta: badan Pengembangan SDM Pendidikan dan kebudayaan dan penjaminan mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kemendikbud, 2016. Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Menegah Pertama (SMP). Jakarta; Tim Gerakan Literasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang:Akademia Permata.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran . Remaja Rosdakarya: Bandung.

Mbulu, J., & Suhartono. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Malang: Elang Mas.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

P. Resvathi S. A., Degeng, N. S dan Kuswansi, D. 2017. Pengembangan Paket Pembelajaran Penanganan Pascapanen Buah-Buahan Kelas XI Semester II SMK-PP Negeri Banjarbaru. Edcomtech Vol. 2 (1), pp. 77-87. Diakses.April 2019

Ridwan, M., Sahat Siagian. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Pada Mata pelajaran PPKn. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 3, No. 2. Desember 2016 halaman167-180. Diakses, 13 April 2019.

Suyono. 2009. Pembelajaran Efektif dan Produktif Bebasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Jurnal Bahasa dan Seni, Tahun 37, Nomor 2, Agustus 2009. Halaman 203-218.

Wibowo, A. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahyuni, Eka., I Nyoman Sudana Degeng., Nurmida, C. Sitompul. (2018), Pengembangan Bahan ajar Tematik Pendamping Guru Dengan Model Webbed Untuk Sekolah Dasar Kelas 2. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Edcomtech. Vol. 3 No. 2 2018. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/5084. Diakses, 11 April 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v4i22019p130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sriyanto Sriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with MoU.

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats