Pengaruh Pengelolaan Diri Siswa dan Karakter Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Satya Widya Surabaya dan SMK Tri Tunggal Surabaya
Abstract
Abstrak: Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk menumbuh-kembangkan potensi sumber daya siswa dengan memfasilitasi kegiatan belajar mereka . Suatu bangsa dikatakan maju bilamana kualitas sumber daya manusianya bagus, sedangkan kualitas sumber daya manusia itu sendiri tergantung pada kualitas pendidikannya. Mengingat begitu pentingnya peran pendidikan bagi kehidupan masyarakat, maka pemerintah berupaya meningkatkan mutu kualitas pendidikan , termasuk peningkatan mutu kemampuan siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Self Regulated Learning ( pengelolaan diri siswa) dan karakter guru terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif, dimana penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan tes(pretest,postest) angket dan dokumen . Analisis data menggunakan uji Anova Dua Jalur . Hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) Ada pengaruh Self Regulated Learning terhadap prestasi belajar siswa, (2) Ada pengarahu Karakter Guru terhadap prestasi belajar siswa, (3) Terjadi interaksi antara Pengeloaan diri siswa dan Karakter Guru terhadap prestasi belajar siswa..
Abstract :Education is basically a conscious effort to develop the potential of students by facilitating their learning activities. A nation is said to be advanced when the quality of its human resources is good, while the quality of human resources itself depends on the quality of its education. Given the importance of the role of education in people's lives, the government seeks to improve the quality of education, including improving the quality of students' abilities.The purpose of this study was to determine the effect of Self Regulated Learning (student self-management) and teacher character on student learning achievement. The type of research used in this study is correlational with a quantitative approach, where this study intends to determine the relationship of a variable to other variables. Data collection is obtained by conducting tests, questionnaires and documents. Data analysis using the Two Way Anova test. The results of the study show that: (1) There is the effect of Self Regulated Learning on student learning achievement, (2) There is a guidance for Teacher Character on student achievement, (3) Interaction between Self Regulated Learning and Teacher Character on student achievement.
Full Text:
PDFReferences
Afriana,Rega.2016.,Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Minat Belajar Siswa.http://regaafriana.blogs.uny.ac.id/wp content/uploads/sites/15504/2017/10/Pengaruh-Kompetensi-Kepribadian-Guru-Terhadap-Minat-Belajar-Siswa.pdf. Diakses tanggal 2/11/2018
Anggraeni, Puspita.2015. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Tugas Akademik Dan Atraksi Interpersonal Siswa Terhadap Guru Dengan Regulasi Diri Siswa Program Olimpiade Sains Nasional (Osn) Sma Negeri 10 Samarinda.E-Journal Psikologi Fisip.http://ejournal.psikologi.fisipunmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/2015/05/ejournal%20(05-22-15-12-24-22).pdf. Diakses tanggal 2/10/2018
Arikunto, Suharsimi, 2012, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek,Jakarta : Rineka Cipta
Atok Stevany. 2012.Proposal Penelitian Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri Sekecamatan Bantul Tahun Ajaran 2011/2012.dari Https://Www.Academia.Edu/4647559/Proposal. Diakses tanggal 11/10/2018
Dahlan,Ahmad ,2015, Pengertian Uji Validitas dan Reliabilitas Secara Empirik https://www.eurekapendidikan.com/2015/10/pengertian-uji-validitas-dan- reliabilitas-empirik-teoritik.html.Diakses tanggal 18/07/2019
Hidayat,Anwar,2013,Penjelasan Tentang Uji Normalitas dan Metode Perhitungan. https://www.statistikian.com/2013/01/uji-normalitas.html. Diakses tanggal 27/6/2019.
Lalawi,Nancy,Andriana,Kardi,Soeparman,Prastowo,Tjipto,2017, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis 5e Learning Cycle Pada Pokok Bahasan Energi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 34 Nomor 2 Tahun 2017.Diakses 15/7/2019
Lismarini, Nuke , Mustaji, Walujo Djoko Adi.,2019,.The Effect of Realia Strategy and Self-Regulated Learning (SRL) to The English Learning Result Volume 4, No 1, 49-55.http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/6875/3892. Diakses tanggal 17/07/2019
M. Yuliananingsih,2015, Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Ikip Pgri Pontianak Jurnal Edukasi, Vol. 13, No. 2, Desember 2015 Diakses 7/8/2019
Nisa, D.I. 2016.Regulasi Diri Dalam Belajar Antara Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Angkatan 2015 Yang Tinggal Di Pesantren Dan Tidak Di Pesantren,Jurusan Tasawuf Dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. http://eprints.walisongo.ac.id/7004/ Diakses tanggal 21/11/2018
Nur,Mohammad Djamil M, 2017, Pengaruh Strategi Pembelajaran Fisika Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Yang Memiliki Selfregulated Learning (Srl) Yang BerbedA || Edcomtech Volume 2, Nomor 1, April 2017.Diakses 7/8/2019
Prasetya, Didik Dwi,2015,Kesiapan Pembelajaran Berbasis Buku Digital Jurnal Teknologi Elektro Dan Kejuruan. Volume 24 Nomor 2: September 2015
http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/arti cle/view/5169/3895 Diakses 7/7/2019
Reni,Yevina Maha, Kuswandi Dedi, Sihkabuden,Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar,|| Jinotep, Volume 4, Nomor 1, Oktober 2017. Diakses 7/8/2019
Rusmin,Lisnawati, Saptawati, Rosdiana,Hasani Sakka,2017,Improvement Of Learning Outcomes Of Freedom Of Organization For Elementary School Student Through
Cooperative Learning Of Type Of Jigsaw International Journal of Education and Research Vol. 5 No. 9 September 2017.Diakses 14/7/2019
S., Octheria Friskilia,,Winata Hendri. 2018, Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran1(2), 37-4.Diakses 13/6/2019
Sugiyono,2015,Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Sulthoni,2016, Pendidikan Nilai Berbasis Keluarga,Sekolah, Dan Masyarakat || Edcomtech Volume 1, Nomor 1, April 2016.Diakses 7/8/2019
Susanti,Yustin, Wahjoedi, Utaya,Sugeng Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad,Mei 2017. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 5, Bln Mei, Thn 2017, Hal 661—666 http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9160/4422. Diakses 6/8/2019
Van Tetering, A. J.M, de Groot, H.M.R, Jolles J. 2018,.Teacher-Evaluated Self-Regulation Is Related to School Achievement and Influenced by Parental Education in Schoolchildren Aged 8–12:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5893787/. Diakses 7/8/2019
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v4i22019p143
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 abdul malik
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with MoU.
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)