Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Vektor Berbasis Pembelajaran Elektronik
Abstract
Abstrak: Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan cepat termasuk dalam dunia pendidikan..Untuk menghasilkan perangkat belajar, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan belajar, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan kuis materi vektor berbasis E-Learning untuk siswa kelas X MIPA merupakan tujuan dari penelitian ini. Produk ini dirancang agar siswa dapat belajar di mana dan kapan saja dia mau di kelas maupun di luar kelas. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini didasarkan pada teori perkembangan Model 4-D perangkat yang dikembangkan oleh Thiagajaran dk, yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu; pendefinisian, desain, pengembangan dan penyebaran, yang dalam penelitian ini tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan. Diperlukan penyesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada materi vektor berbasis e-learning untuk siswa kelas X MIPA.
Abstract: Nowadays, the development of science and technology have been rapidly developed, including education. To produce learning tools, namely the Learning Implementation Plan (RPP) , learning materials, Student Worksheets (LKS), and vector quiz materials based on E-Learning for students of Class X MIPA are the objectives of this study. This product is designed to provide wider opportunities for students without having to limit the time (hours) of learning in class. The development of learning tools in this study is based on the theory of the development of the 4-D, namely; defining. design; development, and dissemination, which in this study the dissemination stage was not carried out. It is necessary to adjust the Learning Implementation Plan (RPP) on vector material based on e-learning for students of Class X MIPA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Broto, Wisnu. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Berbantuan E-Learning Materi Bidang Datar Pada Siswa Kelas 2 SMK Akuntansi. Tesis. PPs Universitas Negeri Surabaya.
Damayanti, T., Setiyani, M. Y., dan Oetojo, B. 2017. E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 8 (2), 99-113.
Darimi, I. (2017). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1 (2), 111-121.
Darmawan, D. 2014. Pengembangan E-Learning: Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dewi, S. Z. dan Hilamn I. 2018. Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2 (2), 48-53.
Degeng, N.S. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Arasmedia.
Hanum, N. S. 2013. Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (1), 90-103.
Kamus versi online,Kamus Besar Bahasa Indonesia: https://kbbi.web.id/respons. diunduh tanggal 1 Desember 2017 pukul 18.00 WIB.
Mahedi, K. S. 2009. Peranan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. JPTK, UNDIKSHA, 6 (2), 55-70.
Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37 (1). 27-36.
Sianturi, S. R., Lisum, K. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar melalui Evaluasi E-Learning pada Institusi Keperawatan di Jakarta dan Depok, JUrnal Pendidikan Keperawatan Indonesia. 4 (2)m 122-139.
Karwati 2014. Pengaruh pembelajaran elektronik (e-learning) terhadap mutu belajar mahasiswa, Jurnal Penelitian Komunikasi, 17 (1), 41-54.
Nieveen, Nienke. 2013. Educational Design Reaserh. Enscheede.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Eko Jaya.
Puruhito 2006. Pembelajaran Berbasis E-Learning. Makalah dipresentasikan pada Seminar Sharing Informasi Digital melalui jaringan INHERENT, Perpustakaan UNAIR, 6 Desember 2006.
Rochani, S. 2016. Keefektifan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dan Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif Kemampuan Berfikir Kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 273–283.
Rohani dan Karo Karo, I. R. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM, VII (1) , 91-97.
Saifuddin, M. F. 2017. E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Varia Pendidikan, 29 (2), 102-109.
Setiyaningrum, W. 2018. Blended learning: Does it help students in understanding mathematical concepts, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5 (2), 244-253.
Siahaan, S. 2010. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustekomdiknas.
Sobiruddin, D., Dwirahayu, G. dan Kustiawati, D. 2019. Pengembangan Media ICT Berbasis Proyektor Interaktif Bagi Guru dan Siswa Raudhathul Athfal (RA). EDCOMTECH: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan , 4 (1) , 8-18.
Suwastika, I. W. K. 2018. Pengaruh E-Learning Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 13(1), 1-5.
Thiagarajan, S; Semmel, D.S; & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.
Wahyuaji, N. R. dan Suparman 2018. Deskripsi Kebutuhan Media Pembelajaran E-Learning Berpendekatan STEM Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMA Kelas XI. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018.
Wahyuni Eka, Degeng, N.S dan Sitompul, N.C. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Pendamping Guru dengan Model Webbed untuk Sekolah Dasar Kelas 2. Edcomtech Vol. 3 (2) pp 105 – 112.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v5i22020p162
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Niken Yuniarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with MoU.
Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id
========================================================================================================
INDEXED BY | TOOLS | PLAGIARISM CHECK | ARTICLE TEMPLATE |
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)