CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT SEBAGAI STRATEGI MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN PENGGILINGAN PADI

Febby Candra Pratama

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan keunggulan bersaing berkelanjutan yang dimiliki sebuah industri Penggilingan Padi. Penelitian dilakukan pada PP Djasa Bhakti karena terindikasi telah memiliki keunggulan bersaing berkelanjutan, yakni dari segi durabilitas telah mampu beroperasi selama lebih dari 40 tahun. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif desain studi kasus guna membedah secara mendalam dimilikinya keunggulan bersaing berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen hubungan pelanggan berdasarkan perspektif pimpinan PP Djasa Bhakti menjadi kunci dimilikinya keunggulan bersaing berkelanjutan. Strategi manajemen hubungan pelanggan yang diterapkan mengkombinasikan komponen fokus pada pelanggan inti, peningkatan internal organisasional, dan peningkatan teknologi produksi. Kombinasi dari komponen tersebut terbukti sangat berpengaruh dalam mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan hubungan, dan menjaga hubungan yang telah terbangun. Hasil dari implementasi strategi manajemen hubungan pelanggan terbukti membuat PP Djasa Bhakti mampu beroperasi lebih dari 40 tahun dan memiliki kinerja penjualan diatas 50 ton per bulan.

Full Text:

PDF

References


Asmarani, D. E. (2006). Analisis Pengaruh Perencanaan Strategi Terhadap Kinerja Perusahaan Dalam Upaya Menciptakan Keunggulan Bersaing. Tesis.

Buttle, Francis. (2007). Customer Relationship Management Concept and Tools. Publsihed by Elsevier, Oxford.

Barney, J. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Management Science.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif dan Desain Riset: Memilih Diantara 5 Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pintar.

Creswell, J.W. 2016. RESEARCH DESIGN: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

David, F. R., & David, F. R. (2016). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan. Jakarta: Salemba Empat.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Rajawali Pers. Jakarta

Grant, R. M. (2013). The Development of Knowledge Managament in the Oil & Gas Industry. University Business Review.

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2014). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Sigalas, C. (2015). Competitive Advantage: The Known Unknown Concept. Journal of Management Decision.

Sin, Leo, Alan, Tse., Yim, Frederick. (2005). CRM: Conceptualization and Scale Development. European Journal of Marketing, Vol.39.

Surya.com. (2017). Terkuak Penyebab 30% Industri Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras di Jatim Gulung Tikar. Retrieved from http://surabaya.tribunnews.com

Yin, R. K. (2011). Case Study Research: Design and Methods. SAGE.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um042v24i2p80-87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Ekonomi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License