PENGARUH CITRA TOKO TERHADAP MINAT BELI MELALUI PERSEPSI KUALITAS PADA PRODUK PRIVATE LABEL (Studi Pada Konsumen Salon Rudy Hadisuwarno Jalan Simpang Gajayana)

Muchamad Zaini Achsan, Titis Shinta Dhewi

Abstract


Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang belum pernah melakukan pembelian dan berminat untuk melakukan pembelian produk private label milik salon Rudy Hadisuwarno. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 152 responden. Teknik sampling dalam penelitian menggunakan purposive sampling. Sementara teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis jalur. Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan citra toko terhadap persepsi kualitas; (2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan persepsi kualitas terhadap minat beli ; (3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan citra toko terhadap minat beli (4) Terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan citra toko terhadap minat beli melalui persepsi kualitas. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan maka peneliti memberikan saran yaitu: (1) Mencari lokasi yang lebih strategis; (2) Menonjolkan karakteristik dari produknya dengan penjelasan lebih lengkap dan menarik pada bagian kegunaan produk; (3) Diperlukan strategi persuasif dalam menyebarkan informasi termasuk media sosial; (4) Peneliti menyarankan menggunakan variabel trust sebagai intervening karena faktor kepercayaan juga bisa sebagai salah satu alasan konsumen untuk menyukai suatu produk atau jasa.

Full Text:

PDF

References


Bao, Y., Bao, Y., & Sheng, S. 2011. “Motivating purchase of private brands: Effects of store image, product signatureness, and quality variation.” Journal of Business Research. 64 (1):220-226

Beneke, J., Brito, A., & Garvey, K.A. 2015. “Propensity to buy private label merchandise.” International Journal of Retail & Distribution Management. 43 (1):43-62

Beneke, J., & Zimmerman, N. 2014. “Beyond private label panache: the effect of store image and perceived price on brand prestige.” Journal of Consumer Marketing. 31 (4):301 – 311

Beristain, J.J, & Zorilla, P. 2011. “The relationship between store image and store brand equity: A conceptual framework and evidence from hypermarkets.” Journal of Retailing and Consumer Services. 18 (1):562–574

Diallo M.F. 2012. “Effects Of Store Image And Store Brand Price-Image On Store Brand Purchase Intention: Application To An Emerging Market.” Journal Of Retailing And Customer Services. 19 (1):15-19

Dwijayanto, A. (Ed.). 2018. Aprindo Prediksi Pertumbuan Ritel Tahun Depan, (Online), (https://industri.kontan.co.id/news/aprindo-prediksi-pertumbuhan -ritel-tahun-depan-12), diakses 28 Januari 2019.

Erdil, T.S. 2015. “Effects of customer brand perceptions on store image and purchase intention: An application in apparel clothing.” Procedia-Social and Behavioral Sciences. 207 (4):196-205

Ferdinand, A. 2014. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Jawa Tengah: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadisuwarno, Rudy. 2019. Salon Rudy Hadisuwarno, (Online), (http://rudyhadisuwarno.co.id/salon/salon-rudy), diakses 28 Maret 2019.

Levy, S., & Guterman, H.G. 2012. “Does Advertising Matter To Store Brand Purchase Intention? A Conceptual Framework.” Journal of Product & Brand Management. 21 (2):89-97

Lin, L., & Lu, C.Y. 2010. “The influence of corporate image, relationship marketing, and trust on purchase intention: the moderating effects of word-of-mouth.” Tourism Review. 65 (3):16-34

Mostafa, R.H.A., & Elseidi, R.I. 2018. “Factors Affecting Consumers’ Willingness To Buy Private Label Brands (Plbs): Applied Study On Hypermarkets.” Spanish Journal of Marketing - ESIC

Porral, C.C., & Lang, M.F. 2015. “Private Labels (PL): The Role Of Manufacturer Identification, Brand Loyalty And Image On Purchase Intention.” British Food Journal. 117 (2):506-522

Porral, C.C., Pierre, J., Mangin, J. 2016. “Food private label brands: the role of consumer trust on loyalty and purchase intention.” British Food Jurnal. 118 (3):-

Putra, D.A. 2019. Sektor Jasa Masih Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, (Online), (https:/m.liputan6.com/bisnis/read/3889389/sektor-jasa-masih-jadi-pendorong-pertumbuhan-ekonomi-indonesia), diakses 28 Januari 2019.

Setiawan, E. 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), (Online), (https://kbbi.web.id), diakses 23 Mei 2019.

Sari, S.P. 2018. Door To Door, Awal Karier Maestro Rambut Rudy Hadisuwarno, (Online), (https://www.inews.id/lifestyle/seleb/door-to-door-awal-karier-maestro-tata-rambut-rudy-hadisuwarno/384241), diakses 23 Mei 2019

Sopiah & Syihabbudin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tong, X., & Su, J. 2018. “Exploring Young Consumers’ Trust And Purchase Intention Of Organic Cotton Apparel.” Journal of Consumer Marketing. 35 (5):522-532

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Edisi Kelima. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wijayanti, R.F., Suharyono, & Suyadi, I. 2013. “Pengaruh Citra Toko, Variasi Kualitas, Product Signatureness Terhadap Kualitas Yang Dipersepsikan Dan Dampaknya Pada Minat Pembelian Produk Private Label Brands.” Jurnal ekonomi.

Wu, P.C.S., Yeh, G.Y., & Hsiao, C. 2010. “The Effect Of Store Image And Service Quality On Brand Image And Purchase Intention For Private Label Brands.” Australasian Marketing Journal. 19 (10):30–39

Zainal, dkk. (Ed.). 2017. Islamic Marketing Management: Mengembangkan Bisnis Dengan Hijrah Ke Pemasaran Islami Mengikuti Praktik Rasulullah Saw. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um042v23i2p75-80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Ekonomi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License