Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Peran Kepuasan dan Keterikatan Karyawan (Studi Kasus Perusahaan Asuransi di Indonesia)

Dematria Pringgabayu, Emilia Fitriana Dewi

Abstract


Kinerja karyawan sebagai modal insani di sebuah perusahaan memegang peranan penting karena dapat secara signifikan mempengaruhi kinerja perusahaan, namun kinerja karyawan ternyata tidak sepenuhnya selalu dipengaruhi oleh keterikatan karyawan. Diduga masih ada faktor – factor lain yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan baik secara langsung maupun tidak langsung antara lain kepuasan kerja, motivasi kerja, dan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang secara riil harus ditingkatkan agar kinerja karyawan juga dapat semakin baik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua karyawan Perusahaan Asuransi sebanyak 226 orang, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner, dan metode analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi kinerja karyawan ternyata adalah kepuasan dari karyawan itu sendiri.

Full Text:

PDF

References


Bernardin, H. J. dan Joyce E. A. (2010). Human Resource Management: An Experiential Approach. New York: McGraw-Hill

Bushiri, C. P. (2014). The impact of working environment on employees’ performance, the case of Institute of Finance Management in Dar es Salaam (Doctoral dissertation, The Open University of Tanzania).

Chi, C. G., & Gursoy, D. (2009). Employee satisfaction, customer satisfaction, and financial performance: An empirical examination. International Journal of Hospitality Management, 28(2), 245-253.

Dobre, O. I. (2013). Employee motivation and organizational performance. Review of Applied Socio-Economic Research, 5(1), 53-60.

Jaksic, M., & Jaksic, M. (2013). Performance management and employee satisfaction. Montenegrin journal of economics, 9(1), 85.

Katavich, K. (2013). The Importance of Employee Satisfaction with performance Apprisal systems. Master in Arts of Psychology, Massey University, Albany, New Zealand.

Kompaso, S. M., & Sridevi, M. S. (2010). Employee engagement: The key to improving performance. International journal of business and management, 5(12), 89.

Luthans, F. & Peterson, S.J. (2002). Employee Engagement and Manager Self-Efficacy: Implications for Managerial Effectiveness and Development. Journal of Management Development, 21: 376- 387

Macey, W. H., & Schneider, B. (2008). The meaning of employee engagement. Industrial and organizational Psychology, 1(1), 3-30.

Mangkunegara, A.A.. (2010). Manajemen Sumber daya Manusia perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mathis, R. L., Jackson, J. H., & Valentine, S. R. (2013). Human Resource Management, Cengage Learning.

Nitisemito, A.S. (2011). Manajemen Personalia, Edisi ketiga, Ghalia Indonesia

Oswald, A. (2012). The effect of working environment on workers performance: the case of reproductive and child health care providers in Tarime district (Doctoral dissertation, Muhimbili University of Health and Allied Sciences).

Pringgabayu, D., & Kusumastuti, D. (2017). Peningkatan Keterkaitan Karyawan Melalui Sistem Rekrutmen, Desain Pekerjaan, Kompensasi dan Iklim Organisasi dengan Lingkungan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. Bina Ekonomi, 20(2), 141-162.

Pulakos, E. D. (2009). Performance management: A new approach for driving business results. John Wiley & Sons.

Rivai, V. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk. Perusahaan,Cetakan Ketiga, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada

Robbins, S. P. (2009). Organizational Behavior, 13/E. Pearson Education India.

Saks, A. M. (2006). Antecedents and consequences of employee engagement. Journal of managerial psychology, 21(7), 600-619.

Tika M.. P. (2006). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Cetakan Pertama, PT. Bhumi Aksara, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um042v23i1p11-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Ekonomi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License