ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK AIRUM (AIR MINUM UM)

Nahdia Asy Syahid, Suwarni Suwarni

Abstract


Fokus dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dari produk Airum (Air Minum UM), posisi produk “Airum (Air Minum UM)” berdasarkan analisis SWOT dan  strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada produk “Airum (Air Minum UM)” berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian adalah properti Pusat Bisnis Universitas Negeri Malang. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis kualitatif deskriptif. Faktor internal perusahaan meliputi kekuatan dan kelemahan perusahaan, sedangkan faktor eksternal perusahaan meliputi peluang dan ancaman. Analisis SWOT merupakan evaluasi terhadap keseluruhan kekuatan, kelemahan,peluang, dan ancaman, dengan analisis SWOT sebuah perusahaan akan mampu menentukan strategi pemasaran yang tepat agar tetap bertahan dalam persaingan yang kompetitif.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisis Revisi VI). Jakarta: PT. Rineka Cipta

Christin, M., Gerald, Z., & Rohit, D,. 1992. Relationship Between Providers and Users of Market Research: The Dynamic of Trust Within and Between Organization. Journal of Marketing Research. Vol 29

Glueck,. 1998. Relationship Marketing : penentu faktor lingkungan eksternal, Cetakan Kedua. Hal. 91. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Griffin.J.2003. Costumer Loyalty : Menumbuh dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: PT Penerbit Erlangga.

Ilyasak, M. 2016. Penentu Strategi Pemasaran Produk Freshy Accesories Berbasis Analisis SWOT. Surabaya

Lovelock,C., H dan Wright.L.K.2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks

M. Suyanto. 2007. Marketing Strategy: top brand Indonesia. Vol. 10. No. 4. Hal. 105-111. Bandung

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2005, cet XXI.

Muhammad,S. 2013. Manajemen Strategik Konsep dan Alat analisis. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Nur, A. 2013. eJournal Administrasi Bisnis. Vol. 1. No 1. Hal. 56-70. Fisip. Unmul.

Rangkuti, F. 2008. Analisis SWOT Teknik Bedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sekaran, U. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhartini, 2013. Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran pada Perusahaan. Vol. 1. No 2. Fisip Undip. Semarang

Sumiati. 2015. menentukan strategi pemasaran melalui analisis SWOT. Jakarta: Media Mahardika. Vol. 13 No. 2 (online) http://scholar.google.com), diakses pada tanggal 28 Oktober 2016.

Umar, H. 2004. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesisi Bisnis, Cetakan ke-6. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian (Edisi kelima). Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um042v23i1p21-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Ekonomi Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License