EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SPORT MASSASE BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI

Tatok Sugiarto, Ari Wibowo Kurniawan, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


Perkembangan teknologi mengharuskan para pendidik untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan media pembelajaran, sehingga dengan multimedia interaktif dapat memfasilitasi pembelajaran sport massase agar lebih efektif dan efisien.  Tingkat keefektifan dan efisiensi pembelajaran dengan multimedia interaktif perlu dikaji sehingga akan menemukan formula yang benar dan tepat dalam proses pembelajaran sport massase.  Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh data empiris tentang efektivitas dan efisiensi hasil pembelajaran sport massase dengan multimedia interaktif pada mahasiswa pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi. Metode penelitian ini penelitian eksperimen dengan menggunakan Pre-Test - Post-Test  Control Group Design. Nilai gain score keterampilan sport masase kelompok kontrol memperoleh rata-rata 0,37 yang artinya adalah perbandingan antara nilai Pre-Test  dan Post-Test  mengalami perbedaan dalam kategori sedang. Nilai gain score keterampilan sport masase kelompok uji coba adalah 0,82 yang artinya adalah perbandingan antara nilai Pre-Test  dan Post-Test  mengalami perbedaan dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran multimedia interaktif lebih efektif karena dapat memfasilitasi dan mengatasi kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran sport massase menggunakan.

 

Technology development that requires educators to be more creative in using learning media, so that interactive multimedia can facilitate sports learning to be more effective and efficient. The level of effectiveness and efficiency of learning with interactive multimedia needs to be studied so that it will find the correct and correct formula in the sports massage learning process. The research objective is to obtain empirical data about the benefits and efficiency of massase learning outcomes with interactive multimedia on physical education, health and recreation students. This research method is an experimental study using Pre-Test - Post-Test Control Group Design. The gain value of the sports skills score of the control group obtained an average of 0.37 which means that compared to the value of the Pre-Test and Post-Test increasingly varied in the medium category. The score for obtaining a group trial skills score is 0.82 which means that the scores between the Pre-Test and Post-Test are increasingly different in the high category. Can deny that interactive multimedia learning is more effective because it can facilitate and overcome the difficulties of students in learning sports using massase.


Keywords


Multimedia Interaktif, Sport Massase, Mahasiswa Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, I. K., Amri, S., & Elisah, T. (2011). Strategi pembelajaran sekolah terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ampa, A. T. (2015). The Implementation of Interactive Multimedia Learning Materials in Teaching Listening Skills. English Language Teaching, 8(12), 56–62.

Cairncross, S., & Mannion, M. (2001). Interactive multimedia and learning: Realizing the benefits. Innovations in education and teaching international, 38(2), 156–164.

Darmawan, D. (2012). Inovasi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 47–66.

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Deliyannis, I. (2012). Interactive multimedia. BoD–Books on Demand.

Duffy, G. G. (1993). Rethinking strategy instruction: Four teachers’ development and their low achievers’ understandings. The Elementary School Journal, 93(3), 231–247.

Dwiyogo, W. D. (2008). Aplikasi Teknologi Pembelajaran Media Pembelajaran Penjas & Olahraga. Malang: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan.

Efrina, N., & Dkk. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Kimia Untuk Madrasah Aliyah. 2(1), 65–78.

Gilakjani, A. P. (2012). The significant role of multimedia in motivating EFL learners’ interest in English language learning. International Journal of Modern Education and Computer Science, 4(4), 57.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Unpublished.[online] URL: http://www. physics. indiana. edu/~ sdi/AnalyzingChange-Gain. pdf.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kemenegpora. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005; Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Kemenegpora.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Munir, M. (2012). Multimedia konsep & aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).

Sadiman, & Arief, S. (1986). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT Raja Grafindo Persada.

Saehana, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa Smp Kelas Viii. 69–77.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, & Basoeki, H. (2012). Sport Massage Seni Pijat Untuk Atlet/Olahragawan Dan Umum. Wineka Media.

Supriyadi, & Wardani, H. E. (2009). Anatomi Manusia. Um (Press).

Varol, Y. (2014). The Relationship between attitudes of prospective physical education teachers towards education technologies and computer self-efficacy beliefs. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 13(2), 157–167.

Vernadakis, N., Giannousi, M., Derri, V., Michalopoulos, M., & Kioumourtzoglou, E. (2011). The impact of blended and traditional instruction in students’ performance. Procedia Technology, 1, 439–443.

Wiendartum, Ramalis, T. R., & Rohmah, H. S. (2007). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Fisika. Proceding Of The First International Seminar On Science Education. Jurusan Fisika Fpmipa Upi.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v4i1p35-43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ari Wibowo Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats