PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR BOLA VOLI UNTUK SISWA SDN 16 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA
Abstract
Tujuan dari peneltian ini untuk menemukan model-model pembelajaran bolavoli dalam bentuk modul yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah tingkat dasar (SD). Bentuk Desain Penelitian yang digunakan adalah pendekatan pengembangan Research And Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner observasi penilaian dari ahli materi bolavoli, kuesioner observasi penilaian ahli media dan kuesioner keefektifkan siswa. Hasil penelitian pengembangan ini adalah sebuah modul pembelajaran gerak dasar bolavoli untuk siswa SDN 16 Sungai Raya Kabupaten KubuRaya. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi bolavoli sebesar 84,37% dan ahli media sebesar 88,33% serta nilai uji keefektifan pada kelompok sebesar 87,34 %. Kesimpulan produk sangat baik, sehingga layak digunakan untuk pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa sekolah tingkat dasar di SDN 16 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, F. D. (2013). Penggunaan Modul Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran TIK Pada Materi Microsoft Word Kelas V di SDN Sarikaya Kragilan Condongcatur Sleman Yogyakarta. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika, 2(1).
Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research an Introduction. Longman.
Ilahiyah, N., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pakem Pada Materi Bilangan Pecahan di SD. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 49–63. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4127
Irsyada, M. (2004). Pembelajaran Bolavoli. Depdiknas.
Mallo, A., Sumira, Jaya, N., & Djalil, N. (2019). Pengembangan Modul PHBS (Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat) Sekolah di SD Inpres Btn Ikip I Kota Makassar. Jurnal Kebidanan Vokasioal, 4(1), 50–55.
Nasution, S. (2003). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. PT Bumi Aksara.
Percival, L. (2005). Teaching And Coaching Volleyball.
http://www. Austinvolleyball.com/article.cfm?view = article & id = 9.
Purwanto, Rahadi, A., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (PUSTEKKOM) Depdiknas.
Rachmawati, N., Muhyi, M., & Wiyarno, Y. (2020). Pengembangan Permainan Olahraga Tradisional utuk Meningkatkan Nilai Peduli dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 125–137.
Toyoda, H. (2000). Coaches Manual. Federation International Volleyball (FIVB).
Toyoda, H. (2008). Mini Volleyball. Federation International Volleyball (FIVB).
Yoda, I. K. (2019). Implemetasi Modul Penjasorkes Bermuatan Model Pembelajaran Bandura Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes dan Kecerdasan Kinestetik Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENJAKORA, 6(2), 127–133.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v4i2p16-24
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Eka Supriatna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats