MOTIVASI SISWA PEREMPUAN DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) SE-KOTA MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi perempuan SMPN di Kota Malang dalam mengikuti pembelajaran PJOK di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survey. Sampel penelitian ini berjumlah 559 siswa Kelas VII,VIII dan IX menggunakan Cluster Random Sampling yang terbagi beberapa wilayah di Kota Malang. Instrumen tes yang digunakan yaitu kuesioner. Uji hipotesis untuk Uji Man Whitney dari empat kategori motivasi tersebut lebih kecil dari 0,05 (p value < 0,05), maka Ho ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kategori motivasi Intrinsic motivation, Identified regulation, Introjected regulation, External regulation antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Sedangkan hasil Uji t’ (aksen) dari kategori Amotivation tersebut lebih kecil dari 0,05 (p value < 0,05), maka Ho ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan Amotivation antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari motivasi siswa antara siswa laki-laki dan perempuan dalam mengikuti pembelajaran PJOK.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, S., & Fathoni, A. F. (2019). Development of Learning Model Based on Blended Learning in Sports School. https://doi.org/10.2991/acpes-19.2019.2
Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020a). Blended Learning Analysis for Sports Schools in Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 14(12), 149–164. Retrieved from https://www.online-journals.org/index.php/i-jim/index
Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020b). The effectiveness and efficiency of blended learning at sport schools in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change.
Fathoni, A. F. (2018). The Role of Blended Learning on Cognitive Step in Education of Sport Teaching by Adjusting the Learning Style of the Students. https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.49
Gregg, E. A., & Gregg, V. H. (2017). Women in Sport. Clinics in Sports Medicine, 36(4), 603–610. https://doi.org/10.1016/j.csm.2017.05.001
Griwijoyo, S. (2007). Wanita dan Olahraga. FPOK UPI.
Haerens, L., Krijgsman, C., Mouratidis, A., Borghouts, L., Cardon, G., & Aelterman, N. (2019). How does knowledge about the criteria for an upcoming test relate to adolescents’ situational motivation in physical education? A self-determination theory approach. European Physical Education Review, 25(4), 983–1001.
Heynoek, F. P., Amiq, F., & Rahman, G. (2018). SURVEI TENTANG KEMAMPUAN MOTORIK SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA FULL DAY SCHOOLDANREGULERDI KOTA MALANG. SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 0(0). http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/75402
Kalajas-Tilga, H., Koka, A., Hein, V., Tilga, H., & Raudsepp, L. (2019). Motivational processes in physical education and objectively measured physical activity among adolescents. Journal of Sport and Health Science, 00 (2019) 1-10. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2019.06.001
Kartono, K. (2006). Psikologi Wanita 1 Mengenal Gadis Remaja dan Wanita Dewasa. MANDARMAJU.
Kurniyawan, O. (2016). PERBEDAAN PERTUMBUHAN FISIK DAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN KELAS ATAS SDN KALONGAN 4 UNGARAN TIMUR. Universitas Negeri Semarang.
Marbun, S. (2018). Psikologi Pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sansone, C., & Harackiewicz, J. (2012). Intrinsic and Extrinsic Motivation: The Search for Optimal Motivation and Performance.
Sansone, D. C., Sansone, C., & Harackiewicz, J. M. (2000). Intrinsic and Extrinsic Motivation: The Search for Optimal Motivation and Performance. Academic Press.
Sari, D. A., & Nurrochmah, S. (2019). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani di Sekolah Menengah Pertama. Sport Science and Health, 1(2), 132–138. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/10633/4796
Shaleh, A. R., & Wahab, M. A. (2008). Psikologi: Suatu pengantar dalam Perspektif Islam (1 ed.). KENCANA.
Shihab, M. Q. (2004). Jilbab, Pakaian Wanita Muslimah: Pandangan Ulama Masa Lalu dan Cendikiawan Kontemporer. Penerbit Lentera Hati. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=XJHvCAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=pubertas+wanita&ots=MbCxArEN2d&sig=IS2kettjnIvGiYSxZFZyDuPiudQ&redir_esc=y#v=onepage&q=pubertas%20wanita&f=false
Sogunro, O. A. (2014). Motivating Factors for Adult Learners in Higher Education. International Journal of Higher Education, 4(1), 22. https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p22
Sudarsini. (2013). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Trigueros, R., Aguilar-Parra, J. M., Cangas, A. J., López-Liria, R., & Álvarez, J. F. (2019). Influence of physical education teachers on motivation, embarrassment and the intention of being physically active during adolescence. International journal of environmental research and public health, 16(13), 2295.
Ward, J., Wilkinson, C., Graser, S. V., & Prusak, K. A. (2008). Effects of Choice on Student Motivation and Physical Activity Behavior in Physical Education. Journal of Teaching in Physical Education, 27(3), 385–398. https://doi.org/10.1123/jtpe.27.3.385
Yusuf, M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v4i2p9-15
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Febrita Paulina Heynoek

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats