STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SMP NEGERI 2 MUARA ENIM PADA MASA PANDEMI COVID-19

Sayyid Muhammad Haqqy

Abstract


Strategi guru merupakan komponen yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan tujuan pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran Pedidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di masa pandemi Covid-19. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Wakakurikulum, Guru PJOK kelas VII dan Siswa kelas VII¹.  Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Siswa mampu memahami berbagai keterampilan dasar spesifik senam lantai dilihat dari observasi ketika proses belajar pada tahap eksplorasi pembelajaran. (2) Siswa mampu memahami materi melalui media youtube dalam sistem pembelajaran daring. (3) Metode pembelajaran menggunakan dua metode yaitu: metode penugasan dan resitasi melalui aplikasi google classroom (4) Kriteria keberhasilan pembelajaran PJOK  dengan rubrik penilaian aspek pengetahuan meliputi: gerakan, kesalahan, dan perbaikan kemudian penilaian keterampilan meliputi: awal, pelaksanaan, dan akhir dengan KKM 75. Simpulan penelitian meliputi keberhasilan guru menggunakan strategi pembelajaran Enquiry-discovery learning walaupun beberapa kendala dan hambatan terjadi dalam pembelajaran PJOK secara daring.


Keywords


Strategi, Pembelajaran PJOK, Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A. K. (2017). Strategi Guru. Strategi Guru Dalam Mencapai Profesionalisme, 6.

Anggraini, N. E. (2019). Strategi Pebelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Perserta didik Agar Tercapai Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi. ScienceEdu, 11(1), 74.

Berlian, I. (2013). Begitu Petingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru. Jurnal Forum Sosial, VI(1), 241.

Chaerunisa, F. D. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Membangun Kreatifitas dan Inovatif Peserta Didik Melalui Internet Sebagai Media Pembelajaran, 2(1), 678-687.

Djamarah, S. B. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hermansah, B. (2019). Analisis Promosi Media Sosial, Kesadaran Olahraga Dalampermainan Bola Tangan Di Masyarakat Kota Palembang. Seminar Nasional Olahraga, 279.

J.Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan. Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurdyansyah, F. T. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

S. Suryobroto, A. (2014). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta:Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Saondi.Ondi dan Suherman, A. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung: Rafika Aditama.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Syahrin, A., Amiruddin, & Bustaman. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Mts- Se-Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasamani, Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, 3(2), 76-91.

Wiarto, G. (2016). Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembeljaran. Jakarta: GP Press Group.

Yusuf, M. (2018 ). Pengantar Ilmu Pendidikan. Pengantar Ilmu Pendidikan, 8-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v5i2p123-131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sayyid Muhammad Haqqy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats