PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN PJOK MATERI PERMAINAN BOLA BASKET BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS XI

Sapto Adi, Wardiman Majid, Wasis Djoko Dwiyogo

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar permainan bola basket bertujuan menyediakan sumber belajar kepada siswa dan guru agar dapat mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Pengembangan bahan ajar yaitu untuk pembelajaran yang berbasis multimedia interaktif sebagai inovasi terbaru dalam pengembangan teknologi pembelajaran agar dapat mengalirkan pesan pembelajaran khususnya peningkatan kemampuan kognitif yang dapat mengembangkan pola pikir, kemauan belajar, perhatian agar mendapatkan hasil pembelajaran lebih baik. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Pgembangan oleh Lee & Owen dalam model ini memiliki 5 langkah, yaitu analysis, development, design, implementasi dan evaluation. Hasil dari pengembangan nantinya akan menyimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran layak tidak diterapkan kepada guru dan siswa dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah

Keywords


Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Bola Basket, Articulate Storyline

Full Text:

PDF

References


Abdulrahaman, M. D., Faruk, N., Oloyede, A. A., Surajudeen-Bakinde, N. T., Olawoyin, L. A., Mejabi, O. V., Imam-Fulani, Y. O., Fahm, A. O., & Azeez, A. L. (2020). Multimedia tools in the teaching and learning processes: A systematic review. In Heliyon. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05312

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Cipta Media.

Akhmad, I. (2016). Sumber Belajar dan Teknologi Komunikasi dan Informasi Untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Cv Setiaji.

Anas, M. K., & Adi, S. (2018). Pengembangan Kombinasi Tendangan A , T , C Berbasis Aplikasi Android Pada Siswa PSHT. 2(5), 92–98.

Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.

Awali, M. (2018). Pengaruh Kemampuan Kognitif terhadap Hasil Pembelajaran Bola Basket. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO). https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.156

Danim, S. (2013). Media Komunikasi Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Diyan, F., & Upik, Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis android pada materi plantae untuk siswa SMA menggunakan Eclipse Galileo. Biodik.

Dwiyogo, W. (2013). Media Pembelajaran. Wineka Media.

Guan, N., Song, J., & Li, D. (2018). On the advantages of computer multimedia-aided English teaching. Procedia Computer Science, 131, 727–732. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.04.317

Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Herdiyanto, D. M., Sulton, & Praherdhiono, hendry. (2020). Pengembangan MuPengembangan Multimedia Pembelajaran Tunagrahitagrahita. 3(1), 88–96.

Husdarta, J., & Saputra, Y. M. (2013). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Alfabeta.

Lastrijanah, L., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.895

Lee, W.W. & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design.

Lemes, V. B., Araujo Gaya, A. C., Brand, C., Dias, A. F., Montero, C.-C., Mota, J., & Gaya, A. R. (2020). Associations among psychological satisfaction in physical education, sports practice, and health indicators with physical activity: Direct and indirect ways in a structural equation model proposal. International Journal of Pediatrics and Adolescent Medicine. https://doi.org/10.1016/j.ijpam.2020.11.004

Maulidiya, A. E., Nurrochmah, S., Heynoek, F. P., & Malang, U. N. (2015). Pengembangan Buku Ajar Gerak Dasar Langkah. 64–75.

Morgan, P. J., & Hansen, V. (2016). Physical education in primary schools: Classroom teachers’ perceptions of benefits and outcomes. Health Education Journal, 67(3), 196–207. https://doi.org/10.1177/0017896908094637

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438.

Nazar, M., Oktarina, A., & Puspita, K. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Membantu Mahasiswa Dalam Mempelajari Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 39–54. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16047

Neufer, P. D., Bamman, M. M., Muoio, D. M., Bouchard, C., Cooper, D. M., Goodpaster, B. H., Booth, F. W., Kohrt, W. M., Gerszten, R. E., Mattson, M. P., Hepple, R. T., Kraus, W. E., Reid, M. B., Bodine, S. C., Jakicic, J. M., Fleg, J. L., Williams, J. P., Joseph, L., Evans, M., … Laughlin, M. R. (2015). Understanding the Cellular and Molecular Mechanisms of Physical Activity-Induced Health Benefits. Cell Metabolism, 22(1), 4–11. https://doi.org/10.1016/j.cmet.2015.05.011

Palar, C. M., Wongkar, D., & Ticoalu, S. H. R. (2015). Manfaat Latihan Olahraga Aerobik Terhadap Kebugaran Fisik Manusia. Jurnal E-Biomedik. https://doi.org/10.35790/ebm.3.1.2015.7127

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Pamungkas, I. A., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Aktivitas Kesegaran Jasmani Siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Sport Science and Health, 2(5), 272–278. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11828/5768

Purwaningtyas, W. D. D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Online Dengan Program Edmodo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 123, 121–129. journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/8471/4100

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). In Bandung: Alfabeta. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v5i2p132-141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wardiman Majid, Sapto Adi, Wasis Djoko Dwiyogo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats