PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN PJOK MATERI PERMAINAN BOLA BASKET BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS XI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulrahaman, M. D., Faruk, N., Oloyede, A. A., Surajudeen-Bakinde, N. T., Olawoyin, L. A., Mejabi, O. V., Imam-Fulani, Y. O., Fahm, A. O., & Azeez, A. L. (2020). Multimedia tools in the teaching and learning processes: A systematic review. In Heliyon. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05312
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Cipta Media.
Akhmad, I. (2016). Sumber Belajar dan Teknologi Komunikasi dan Informasi Untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Cv Setiaji.
Anas, M. K., & Adi, S. (2018). Pengembangan Kombinasi Tendangan A , T , C Berbasis Aplikasi Android Pada Siswa PSHT. 2(5), 92–98.
Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.
Awali, M. (2018). Pengaruh Kemampuan Kognitif terhadap Hasil Pembelajaran Bola Basket. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO). https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.156
Danim, S. (2013). Media Komunikasi Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Diyan, F., & Upik, Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis android pada materi plantae untuk siswa SMA menggunakan Eclipse Galileo. Biodik.
Dwiyogo, W. (2013). Media Pembelajaran. Wineka Media.
Guan, N., Song, J., & Li, D. (2018). On the advantages of computer multimedia-aided English teaching. Procedia Computer Science, 131, 727–732. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.04.317
Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Herdiyanto, D. M., Sulton, & Praherdhiono, hendry. (2020). Pengembangan MuPengembangan Multimedia Pembelajaran Tunagrahitagrahita. 3(1), 88–96.
Husdarta, J., & Saputra, Y. M. (2013). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Alfabeta.
Lastrijanah, L., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.895
Lee, W.W. & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design.
Lemes, V. B., Araujo Gaya, A. C., Brand, C., Dias, A. F., Montero, C.-C., Mota, J., & Gaya, A. R. (2020). Associations among psychological satisfaction in physical education, sports practice, and health indicators with physical activity: Direct and indirect ways in a structural equation model proposal. International Journal of Pediatrics and Adolescent Medicine. https://doi.org/10.1016/j.ijpam.2020.11.004
Maulidiya, A. E., Nurrochmah, S., Heynoek, F. P., & Malang, U. N. (2015). Pengembangan Buku Ajar Gerak Dasar Langkah. 64–75.
Morgan, P. J., & Hansen, V. (2016). Physical education in primary schools: Classroom teachers’ perceptions of benefits and outcomes. Health Education Journal, 67(3), 196–207. https://doi.org/10.1177/0017896908094637
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438.
Nazar, M., Oktarina, A., & Puspita, K. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Membantu Mahasiswa Dalam Mempelajari Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 39–54. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16047
Neufer, P. D., Bamman, M. M., Muoio, D. M., Bouchard, C., Cooper, D. M., Goodpaster, B. H., Booth, F. W., Kohrt, W. M., Gerszten, R. E., Mattson, M. P., Hepple, R. T., Kraus, W. E., Reid, M. B., Bodine, S. C., Jakicic, J. M., Fleg, J. L., Williams, J. P., Joseph, L., Evans, M., … Laughlin, M. R. (2015). Understanding the Cellular and Molecular Mechanisms of Physical Activity-Induced Health Benefits. Cell Metabolism, 22(1), 4–11. https://doi.org/10.1016/j.cmet.2015.05.011
Palar, C. M., Wongkar, D., & Ticoalu, S. H. R. (2015). Manfaat Latihan Olahraga Aerobik Terhadap Kebugaran Fisik Manusia. Jurnal E-Biomedik. https://doi.org/10.35790/ebm.3.1.2015.7127
Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Pamungkas, I. A., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Aktivitas Kesegaran Jasmani Siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Sport Science and Health, 2(5), 272–278. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11828/5768
Purwaningtyas, W. D. D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Online Dengan Program Edmodo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 123, 121–129. journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/8471/4100
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). In Bandung: Alfabeta. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v5i2p132-141
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Wardiman Majid, Sapto Adi, Wasis Djoko Dwiyogo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats