PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DASAR-DASAR PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA DI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA BLITAR

Dwi Kurnia Shandy, Sapto Adi, Roesdiyanto Roesdiyanto

Abstract


Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian dan produk pengembangan yang berupa produk diantarannya, (1) Buku cetak yang terdapat QR code, (2) aplikasi android sebagai pengemas bahan ajar yang dapat dioperasionalkan di smartphone. Hasil uji coba produk penelitian yang menggunakan 32 mahasiswa didapatkan pada uji coba kelompok kecil dengan tingkat validitas 83,14% yang termasuk  kategori sangat valid, uji coba kelompok besar diperoleh hasil dengan tingkat validitas 83,23% termasuk kategori sangat valid.  maka dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar dasar-dasar pendidikan jasmani dan olahraga yang telah dikembangkan dan sudah melalui uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar mendapatkan kategori sangat valid tanpa ada perbaikan, terjadi peningkatan nilai dan termasuk dalam kategori sangat tuntas dan dapat digunakan.

Keywords


Pembelajaran, Bahan Ajar Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2016. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Aminudin, N. et al. (2018) ‘Application program learning based on android for students experiences’, International Journal of Engineering & Technology, 7(2.27), p. 295. doi: 10.14419/ijet.v7i2.27.11574.

Arumdyahsari, S. et al. (2016) ‘Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing ( Bipa ) Tingkat Madya’, pp. 828–834.

Casey, A., Goodyear, V. A. and Armour, K. M. (2017) ‘Rethinking the relationship between pedagogy, technology and learning in health and physical education’, Sport, Education and Society, 22(2), pp. 288–304. doi: 10.1080/13573322.2016.1226792.

Gikas, J. and Grant, M. M. (2013) ‘Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media’, Internet and Higher Education, 19, pp. 18–26. doi: 10.1016/j.iheduc.2013.06.002.

Keath, A., Elliott, E. and Virginia, W. (2016) ‘Full Issue PDF, Volume 87, Supplement 2’, Research Quarterly for Exercise and Sport, 87(sup2), p. A-i-A-134. doi: 10.1080/02701367.2016.1217725.

Kocakoyun, S. and Bicen, H. (2017) ‘Development and evaluation of educational android application’, Cypriot Journal of Educational Sciences, 12(2), pp. 58–68. doi: 10.18844/cjes.v12i2.1938.

Mason, R. (2006) ‘Learning technologies for adult continuing education’, Studies in Continuing Education, 28(2), pp. 121–133. doi: 10.1080/01580370600751039.

Pane, A. and Darwis Dasopang, M. (2017) ‘Belajar Dan Pembelajaran’, FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), p. 333. doi: 10.24952/fitrah.v3i2.945.

Sprake, A. and Temple, C. (2016) ‘Journal of Qualitative Research in Sports Studies Physical Education or Physical Entertainment : where ’ s the Physical Education or Physical Entertainment : where ’ s the education in PE ?’, 10(1).

Surahman, F. and Yeni, H. O. (2019) ‘Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Renang Bagi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi’, Journal Sport Area, 4(1), pp. 218–229. doi: 10.25299/sportarea.2019.vol4(1).2413.

Wahid, A. H. et al. (2020) ‘Effectiveness of Android-Based Mathematics Learning Media Application on Student Learning Achievement’, Journal of Physics: Conference Series, 1594(1). doi: 10.1088/1742-6596/1594/1/012047.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v6i1p35-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats