Proses Pembelajaran, Pendidikan Jasmani, Covid-19

Karlina Dwijayanti

Abstract


Proses Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Masa Pandemi Covid-19  kurang efektif karena guru tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan siswa. Banyak siswa yang mengeluh karena pembelajarannya dilalukan secara daring. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani di masa pandemi Covid-19 pada SMA Sederajat di Kecamatan Boyudono Kabuapaten Boyolali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa survey proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi Covid-19 pada SMA Sederajat kelas XI yang menjawab “Sangat Setuju” sebesar 30%, “Setuju” 42%, “Tidak Setuju” 20% , “Sangat Tidak Setuju” 8%. Berdasarkan nilai rata–rata yaitu 74,75. Disimpulkan bahwa survey proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi Covid-19 pada SMA Sederajat kelas XI di Kecamatan Bayudono Kabupaten Boyolali, siswa menjawab “Setuju”.


Keywords


Learning Process, Physical Education, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, M. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid 19 : Studi Kasus di RA Nurul Huda 01 Sumberejo Kecamatan Pabelan 2020. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9816/

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinekea Cipta.

Bailey, R. 2016. Physical Education and Sport in School: A Rivew of Benefits and Outcomes. Journal of School Healt, 76, 397-401.

Bungin, B. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123– 140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Depdiknas. 2003 Undang – undang RI No. 20 tahun2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING (FULL ONLINE) DIMASA PANDEMI COVID19 PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SUBANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.1 20

Hamid Rully. 2008. Skripsi Pelaksanaan Pembelajaran Penjasorkes SMP Se Kec. Genuk Semarang.

Hamdani, A.R dan Priatna, A. 2020. Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (full online) Dimasa Pandemi Covid-19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, Vol VI No.1 :7.

Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8.

Hinkley, T., Teychenne, M., Downing, K. L., Ball, K., Salmon, J., & Hesketh, K. D. (2014). Early childhood physical activity, sedentary behaviors and psychosocial well-being: a systematic review. Preventive medicine, 62, 182-192.

Paturusi, A. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, W.S. (2018). Kurikulum Pendidikan Jasmani dari Teori hingga Evaluasi Kurikulum. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Dubé, F., Granger, N., & Dufour, F. 2016. EFFETS D’UNE DÉMARCHE COLLABORATIVE SUR LE SENTIMENT D’EFFICACITÉ PERSONNEL DES ENSEIGNANTS-RESSOURCES À L’ÉCOLE SECONDAIRE.

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–82.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v5i2p168-174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Karlina Dwijayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Statcounter View My Stats