SURVEI MOTIVASI SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL

Saiful Anam, Hariyoko Hariyoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan motivasi belajar siswa peserta ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 1 Lumajang, menggunakan pendekatan survei. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada 30 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal, data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian memperlihatkan 21 siswa (70%) peserta. kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMK Negeri 1 Lumajang termotivasi. Kesimpulan motivasi siswa peserta ekstrakurikuler futsal termasuk kategori sedang.


Full Text:

PDF

References


Amiq, F. Futsal: Sejarah, Teknik Dasar, Persiapan. Fisik, Strategi, dan Peraturan Permainan. Malang: UM Press.

Ardiansyah, 2019. Survei Motivasi Siswa. dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMAN 1 Barru. Makasar: FIK UNM.

Desmita, 2017. Psikologi Perkembangan Peserta. Didik Panduan Bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP dan SMA. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hardiansyah, 2015. Survei Motivasi Siswa MTs Wahid Hasyim 02 Desa Kucur Kecamatan. Dau Kabupaten Malang Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Malang: FIK UM.

Hariadi, A. M. 2014. Handal Tentang Futsal. .PT. JePe Press Media Utama.

Hastuti, O. T. A. 2008. Kontribusi Ekstrakurikuler Bolabasket. Terhadap Pembibitan Atlet dan Peningkatan Kesegaran Jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5 (6).

Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan. (Cetakan Pertama: Andien, Ed). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kompri, 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif. Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Latipah. 2017. Psikologi Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Restian, A. 2015. .Psikologi Pendidikan “Teori dan Aplikasi”. Malang: Universitas .Muhammadiyah.

Setyawan, 2017. Survei Motivasi Siswa Dalam Mengikuti. Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMK Negeri 5 Kota Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: FIK UM.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif,. Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahab, 2016. Psikologi Belajar. Jakarta:. PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v6i2p118-121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats