PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING DI ERA COVID-19 PADA CLUB F1 TAEKWONDO DI KOTA MALANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa pembelajaran taekwondo berbasis blended learning agar dapat mempermudah atlet untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam peningkatan kemampuan kognitif atlet. Pembelajaran taekwondo terdapat beberapa aspek yang harus dipelajari untuk mencapai tujuan pembelajaran taekwondo, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang dapat mempermudah dan memaksimalkan hasil belajar atlet. Metode yang diaplikasikan pada penelitian ini yaitu model rancangan berbasis blended learning yang memiliki 9 langkah, yaitu analisis kebutuhan, identifikasi sumber belajar dan kendala, identifikasi karakterisitik pebelajar, menentukan tujuan pembelajaran, memilah dan menentukan strategi pembelajaran, mengembangkan sumber belajar, uji coba, revisi dan prototipe pembelajaran berbasis blended learning. Produk yang dihasilkan yaitu buku cetak yang dilengkapi dengan scan QR Code, multimedia interaktif berupa articulate storyline, dan aplikasi online menggunakan google classroom. Hasil belajar pada setiap pertemuan mengalami peningkatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, S., Supriadi. & Masgumelar, N.K. 2020. Model-Model Exercise dan Aktivitas Fisik untuk Kebugaran Jasmani Anak SD. Malang: Wineka Media.
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Roesdakarya.
Akbar, S. & Sriwiyana, H. 2010. Pengembangan Kurikulum dan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.
Bompa, T.O. & Haff, G.G. 2009. Periodization: Theory and Methodology of Training.[5-th Edition]. Champaign, IL, USA: Human Kinetics.
Bridge, C.., McNaughton, L.., Close, G.. & Drust, B. 2013. Taekwondo Exercise Protocols do not Recreate the Physiological Responses of Championship Combat. International Journal of Sports Medicine, 34(07), 573–581.
Bridge, C.., Santos, J.. da S., Chaabene, H., Pieter, W. & Franchini, E. 2014. Physical and Physiological Profiles of Taekwondo Athletes. Sports Medicine, 44(6), 713–733.
Dwiyogo, W.D. 2010. Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani & Olahraga. Malang: Wineka Media.
Dwiyogo, W.D. 2014. Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning untuk Hasil Belajar Pemecahan Masalah.
Dwiyogo, W.D. 2016. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Malang: Wineka Media.
Firmansyah, R. 2019. Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Peserta Didik Kelas X SMAN 8 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Gani, A.G. 2018. E-Learning sebagai Peran Teknologi Informasi dalam Modernisasi Pendidikan. 2018. (online), (https://universitassuryadarma.ac.id/journal/index.php/jsi/article/view/52/50), diakses .
Gozali, F. & Billion, L. 2011. Pemanfaatan Teknologi Open Source dalam Pengembangan Proses Belajar Jarak Jauh di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi TI dalam Dunia Pendidikan.
Graham, C.R., Woodfield, W. & Harrison, J.B. 2013. A Framework for Institutional Adoption and Implementation of Blended Learning in Higher Education. The Internet and Higher Education, 18, 4–14.
Husdarta. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Kim, H.-B., Johnson, J.., Lee, E.. & Ha, P. 2016. An Investigation Into the History of the Taekwondo Uniform since the Korean Peninsula’s Liberation from Japan. The International Journal of the History of Sport, 33(9), 963–977.
Kosasih, I. 2015. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Saintifika Islamica, 2(1).
Kristiono, I.D., Dwiyogo, W.D. & Hariyadi, I. 2019. Pembelajaran Ilmu Gizi Olahraga Berbasis Blended Learning Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 235–241.
Kwok, H.H.M. 2012. Discrepancies in Fighting Strategies Between Taekwondo Medalists and Non-medalists. Journal of Human Sport and Exercise, 7(4), 806–814.
Masie, E. 2016. E-learning Definition of Masie Elliot Learning Center. 2016. (online), (https://www.elearninglearning.com/masie/), diakses .
Mihai, A. & Christova, A. 2011. Teaching European Studies: A Blended Learning Aproach. Institute For European Studies (IES) – Vrije Universiteit Brussel (VUB) Belgium. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 6(4), 22.
Mu’arifin. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: UM Press.
Mufidah, N.L. & Surjanti, J. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 187–198.
Rahmanto, M.A. & Bunyamin. 2020. Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2).
Ratna. 2018. Efektivitas Penggunaan Buku Ajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII MTs. Aisyiyah Cab. Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Shirley, S.M.F. & Gabriel, Y.F. 2011. Does Taekwondo Training Improve Physical Fitness. Physical Therapy in Sport, 12, 100–106. Dari https://doi.org/10.1016/j.ptsp.2010.07.001.
Singh, D.K. 2012. Effect of Resistance Training and Plyometric Training on Explosive Strength in Adolescent Male Taekwondo Players. International Journal of Behavioral Social and Movement Sciences, 1(2), 49–56.
Sugiharto. 2003. Adaptasi Fisiologis Tubuh terhadap Dosis Latihan Fisik. Universitas Negeri Malang.
Suparman, M.A. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.
Turner, A.N. 2009. Strength & Conditioning for Taekwondo Athletes. Professional Strength & Conditioning, 15, 15–27.
Vecchio, F.B. Del., Franchini, E., Vecchio, A.H.. Del. & Pieter, W. 2011. Energy Absorbed by Electronic Body Protectors from Kicks in a Taekwondo Competition. Biology of Sport, 28(1), 75.
World Taekwondo Federation. 2015. Taekwondo. Dari http://www.worldtaekwondofederation.net/about-wtf/members.
Young, K.J. 2009. The Taekwondo Teks Book Of Poomsae. Yeongdeungpo-gu, Seoul, Korea: O-sung Publishing Company.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v5i2p150-160
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muhammad Teguh Prasetyo, Wasis Djoko Dwiyogo, Eko Hariyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats