PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BOLABASKET BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BONE
Abstract
Penelitian ini menghasilkan produk pembelajaran yang bertujuan untuk matakuliah bolabasket menggunakan metode pembelajaran berbasis blended learning. Produk yang dibuat meliputi buku pembelajaran bolabasket digunakan pada saat tatap muka, multimedia interaktif digunakan pada saat pembelajaran offline, sedangkan untuk pembelajaran online digunakan google classroom. Model rancangan pada penelitian ini adalah menggunakan model rancangan pembelajaran berbasis blended learning yang memiliki 9 langkah, yaitu analisis kebutuhan, identifikasi sumber belajar dan kendala, identifikasi karakterisitik pebelajar, menetapkan tujuan pembelajaran, memilih dan menentukan strategi pembelajaran apa yang akan digunakan, mengembangkan sumber belajar, uji coba, revisi dan prototipe pembelajaran berbasis blended learning. Produk yang dihasilkan berupa buku cetak yang dilengkapi dengan QR Code, multimedia interaktif berupa articulate storyline, dan aplikasi online menggunakan google classroom. Hasil belajar pada setiap pertemuan mengalami peningkatan. Dengan menarapkan model pembelajaran blended learning ini dihasilkan produk yang didalamnya dikemas beberapa metode pembelajaran anatar lain, Pembuatan produk buku cetak yang didalamnya terdapat QR code untuk menganalisis vidio pembelajaran sebagai bahan pembelajaran tatap muka, adapun produk untuk pembelajaran offline berupa multimedia interaktif yang dinamakan articulate storyline, dan produk yang digunakan untuk pembelajaran online menggunakan platform google classroom. Pemebelajaran menggunakan metode blended learning ini terbukti untuk meingkatkan motivasi belajar mahasiswa serta meningkatkan hasil belajar mahasisiwa Pendidikan Kepelatihan Olaharaga Universitas Muhammadiyah Bone.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, N. 2007. Permainan Bola Basket. Surakarta: Era Intermedia.
Akbar, S. & Sriwiyana, H. 2010. Pengembangan Kurikulum dan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Roesdakarya.
Arifin, Z. 2010. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Roesdakarya.
Australian Beraeau of Statistics (ABS). 2008. Defining Sport and Physical Activity, a Conceptual Model. Dari (www.abs.gov.au).
Ceylan, V.K. and Kesici, A.. 2017. Effect of blended learning to academic achievement. Journal of Human Sciences, 14(1), 308–320.
Dangwal k. & L. 2017. Blended Learning: An Innovative Approach. 5(1), 129–136.
Dwiyogo, W.D. 2013. Merancang Pembelajaran Design Mind Manager Pro 7. malang: Universitas Negeri Malang.
Dwiyogo, W.D. 2014. Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Untuk Hasil Belajar Pemecahan Masalah.
Dwiyogo, W.D. 2016. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. malang: Wineka Media.
Fatahillah, A. 2018. Hubungan kelincahan dengan kemampuan dribbling pada siswa ekstrakurikuler bola basket. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Dari Gelanggang Olahraga.
Firmansyah, R. 2019. Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Peserta Didik Kelas X SMAN 8 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Gani, A.. 2018. E-Learning sebagai Peran Teknologi Informasi dalam Modernisasi Pendidikan.
Kosasih, I. 2015. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Saintifika Islamica, 2(1).
Kritiyandaru, A., Priambodo, A. & Hartati, S. 2013. Permainan Kecil. Malang: Wineka Media.
Leser, R., Baca, A. & Uhlig, J. 2011. Effectiveness of multimedia-supported education in practical sports courses. Journal of sports science & medicine, 10(1), 11–20.
Masie, E. 2016. E-learning Definition of Masie Elliot Learning Center.
Miarso, Y. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Diknas bekerjasama dengan Kencana.
Mufidah, N.L. & Surjanti, J. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 187–198.
Mureiningsih, E.. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif. 4(2), 214–229.
Nugraha, T.. 2019. engembangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Blended Learning di Sekolah Menengah kejuruan. Universitas Negeri Malang.
Pill, S., Penney, D. & Swabey, K. 2012. Rethinking sport teaching in physical education: A case study of research based innovation in teacher education. Australian Journal of Teacher Education, 37(8), 118–138.
Rahmanto, M.A. & Bunyamin. 2020. Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2).
Ratna. 2018. Efektivitas Penggunaan Buku Ajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII MTs. Aisyiyah Cab. Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Reigeluth, C, M. 2012. Intructional Theory and Technology for the New Paradigma of Education. Idiana University.
Rosdiani, D. 2012. Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Keseahatan. Alfabeta. Bandung.
Saputri, D.., Rukayah, R. & Indriayu, M. 2018. Need assessment of interactive multimedia based on game in elementary school: A challenge into learning in 21st century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8.
Setyosari, P. 2013. Metode penelitian dan pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sjukur, S.. 2012. Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3).
Suparman, M.A. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.
Tayebinik, M. & Puteh, M. 2012. Blended Learning or E-Learning.
Wichadee, S. 2017. A Development of the Blended Learning Model Using Edmodo for Maximizing Students’ Oral Proficiency and Motivation. iJET, 12(2), 137–154.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v7i2p196-205
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats