PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR : LITERATUR REVIEW
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh permainan tradisional terhadap keterampilan motorik pada siswa sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini adalah literatur review menggunakan 3 database yang terdiri dari Google Scholar, Eric, dan Sage Journal, pada tahap pengumpulan artikel, peneliti menyertakan kritetia inklusi dengan jenis artikel berupa research article, artikel yang telah terindeks scopus (Q1-Q4) dan sinta (S1-S4), terbitan artikel selama 5 tahun terakhir, dan sampel penelitian berupa sekolah dasar atau usia 6-12 tahun. Hasil analisis artikel yang telah dilakukan terdapat 16 artikel membahas tentang pengaruh permainan tradisional terhadap keterampilan motorik peserta didik sekolah dasar. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu permainan tradisional memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan keterampilan motorik kasar dan keterampilan motorik halus peserta didik sekolah dasar. Panduan permainan tradisonal dikembangkan untuk pembelajaran motorik yang disesuaikan dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak. Perkembangan dan pertumbuhan bagi anak dapat diperoleh dengan menggunakan permainan tradisional. Karakter anak serta perkembangan intelektual juga sosial sangat berhubungan erat dengan permainan tradisional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Altinkok, M. (2017). The Effect of Coordinated Teaching Method Practices on Some Motor Skills of 6? Year?Old Children. Eurasian Journal of Educational Research, 17(68), 49–61. https://doi.org/10.14689/ejer.2017.68.3
Anggraini, M. A., Karyanto, Y., & A.S, W. K. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 18. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.60
Anung Probo. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Motorik Anak. 2(2), 35–43.
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Ariyanto, Triansyah, A., & Gustian, U. (2020). Penggunaan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Fundamental Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 78–91. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/30785
Blegur, J. (2019). Permainan Kecil: Teori Dan Aplikasi. https://doi.org/10.31227/osf.io/dnvfe
Block, B. A., Haneishi, K., Zarco, E., & Prados Megías, E. (2021). Thirdspace Movement Concepts in Physical Education Teacher Education. Quest, 73(4), 323–341. https://doi.org/10.1080/00336297.2021.1957691
Budi, B. (2019). Pendidikan karakter. Informasi, 1(100), 0–80.
Fadilah, M., & Wibowo, R. (2018). Kontribusi Keterampilan Gerak Fundamental Terhadap Keterampilan Bermain Small-Sided Handball Games. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 60. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.7667
Gümüşdağ, H. (2019). Effects of pre-school play on motor development in children. In Universal Journal of Educational Research (Vol. 7, Issue 2, pp. 580–587). https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070231
Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia, 120.
Hidayat, O. S. (2020). Pendidikan Karakter Anak Sesuai Pembelajaran Abad ke-21 (pp. 1–171).
Juari. (2016). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Vol. 148). https://pmpk.kemdikbud.go.id/bukudigital/products/pendidikan-jasmani-olahraga-dan-kesehatan-60acf68b2f20e
Kamal Firdaus. (2012). Psikologi Olahraga (Vol. 148). http://pustaka.unp.ac.id/file/abstrak_kki/EBOOKS/PSIKOLOGI OLAHRAGA.pdf
Karisman, V. A. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Edukatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Keterampilan Motorik Dasar Siswa Sekolah Dasar. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(1), 53. https://doi.org/10.17509/tegar.v2i1.10573
Khadijah, A. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. In Itqan (Vol. 7, Issue 1). http://repository.uinsu.ac.id/8459/1/Bermain Aud.pdf
Kusmiati, A. M., & Sumarno, G. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Perseptual Motorik Anak di SDN Margawatu II Garut Kota. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 17. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11934
Kusnandar, K., Purnamasari, D. U., Nurcahyo, P. J., & Darjito, E. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Banyumas Gol-Golan Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal, 1(1), 18. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1996
Kusumawati, O. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4, 124–142.
Lucia Hermin Winingsih. (2020). Penguatan Ranah Psikomotorik Bagi Siswa (Vol. 148). http://repositori.kemdikbud.go.id/21362/
Mashuri Eko, W. (2016). Belajar Motorik. Belajar Motorik, 91, 399–404. http://lib.um.ac.id/wp-content/uploads/2018/02
Mukherjee, S., Ting Jamie, L. C., & Fong, L. H. (2017). Fundamental Motor Skill Proficiency of 6- to 9-Year-Old Singaporean Children. Perceptual and Motor Skills, 124(3), 584–600. https://doi.org/10.1177/0031512517703005
Mulyono., & Wekke, I. S. (2018). Strategi Pembelajaran Di Abad Digital. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Nemec, M., Adamcak, S., Michal, J., & Bartik, P. (2019). Opinions of teachers from the Central Slovak Region on teaching sports games at elementary schools. European Journal of Contemporary Education, 8(1), 157–166. https://doi.org/10.13187/ejced.2019.1.157
Pratiwi, E. (2018). Dasar- Dasar Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional, 53(9), 1689–1699.
Raza, A., Raza, S. A., Qamar, M. F., & Liaqat, A. (2015). Human Brain. In The Professional Medical Journal (Vol. 22, Issue 05). https://doi.org/10.29309/tpmj/2015.22.05.1259
Reedy, A. R. (2018). Raising a Secure Child: How Circle of Security Parenting Can Help You Nurture Your Child’s Attachment, Emotional Resilience, and Freedom to Explore. In Journal of Baccalaureate Social Work (Vol. 23, Issue 1). https://doi.org/10.18084/1084-7219-23.1.311
Setiawan, D. K., & Muhammad, H. N. (2017). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 05 Nomor 01 Tahun. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(1), 12–20. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Sevik, M. (2020). How Do Games Affect the Writing Skills of Young EFL Learners?. In Educational Research and Reviews (Vol. 15, Issue 4, pp. 186–193).
Singh, P., Hoon, T. S., Md Nasir, A., Md Ramly, A., Md Rasid, S., & Meng, C. C. (2021). Card game as a pedagogical tool for numeracy skills development. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 693–705. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20722
Solehudin, T., & Eranata, S. (2018). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ). Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 1257–1271. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/623
Subiyanto, A. S. (2021). Pengaruh Metode Multiple Intelligences Berbasis Aktivitas Jasmani Terhadap Kemampuan Motorik Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar …. Jurnal Transformasi, 277–280. https://ejournal.stmikbinapatria.ac.id/index.php/JT/article/view/229
Supriyono, A. (2018). Serunya permainan tradisional anak zaman dulu. In Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/Serunya Permainan Tradisional Anak Zaman Dulu_0.pdf
Susilo, N. H., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Penerapan Permainan What’s In Here Berbasis Model TGT untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 125. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17756
Vukićević, S., Đorđević, M., Glumbić, N., Bogdanović, Z., & Đurić Jovičić, M. (2019). A Demonstration Project for the Utility of Kinect-Based Educational Games to Benefit Motor Skills of Children with ASD. Perceptual and Motor Skills, 126(6), 1117–1144. https://doi.org/10.1177/0031512519867521
Wardani, G. D., & Mahendra, A. (2017). Perbandingan Pengaruh Aktivitas Lompat Engklek Dengan Aktivitas Lompat Tali Terhadap Kemampuan Lompat Jauh. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(1), 1. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i1.8651
Yulita, R. (2017). Permainan tradisional anak Nusantara. https://budi.kemdikbud.go.id/buku/pdf/56. Isi dan Sampul Permainan Tradisional Anak Nusantara.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v6i2p139-149
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sis wanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats