PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR : LITERATUR REVIEW

Sis wanto

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh permainan tradisional terhadap keterampilan motorik pada siswa sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini adalah literatur review menggunakan 3 database yang terdiri dari Google Scholar, Eric, dan Sage Journal, pada tahap pengumpulan artikel, peneliti menyertakan kritetia inklusi dengan jenis artikel berupa research article, artikel yang telah terindeks scopus (Q1-Q4) dan sinta (S1-S4), terbitan artikel selama 5 tahun terakhir, dan sampel penelitian berupa sekolah dasar atau usia 6-12 tahun. Hasil analisis artikel yang telah dilakukan terdapat 16 artikel membahas tentang pengaruh permainan tradisional terhadap keterampilan motorik peserta didik sekolah dasar. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu permainan tradisional memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan keterampilan motorik kasar dan keterampilan motorik halus peserta didik sekolah dasar. Panduan permainan tradisonal dikembangkan untuk pembelajaran motorik yang disesuaikan dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak. Perkembangan dan pertumbuhan bagi anak dapat diperoleh dengan menggunakan permainan tradisional. Karakter anak serta perkembangan intelektual juga sosial sangat berhubungan erat dengan permainan tradisional.


Keywords


permainan tradisional dan keterampilan motorik

Full Text:

PDF

References


Altinkok, M. (2017). The Effect of Coordinated Teaching Method Practices on Some Motor Skills of 6? Year?Old Children. Eurasian Journal of Educational Research, 17(68), 49–61. https://doi.org/10.14689/ejer.2017.68.3

Anggraini, M. A., Karyanto, Y., & A.S, W. K. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 18. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.60

Anung Probo. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Motorik Anak. 2(2), 35–43.

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Ariyanto, Triansyah, A., & Gustian, U. (2020). Penggunaan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Fundamental Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 78–91. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/30785

Blegur, J. (2019). Permainan Kecil: Teori Dan Aplikasi. https://doi.org/10.31227/osf.io/dnvfe

Block, B. A., Haneishi, K., Zarco, E., & Prados Megías, E. (2021). Thirdspace Movement Concepts in Physical Education Teacher Education. Quest, 73(4), 323–341. https://doi.org/10.1080/00336297.2021.1957691

Budi, B. (2019). Pendidikan karakter. Informasi, 1(100), 0–80.

Fadilah, M., & Wibowo, R. (2018). Kontribusi Keterampilan Gerak Fundamental Terhadap Keterampilan Bermain Small-Sided Handball Games. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 60. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.7667

Gümüşdağ, H. (2019). Effects of pre-school play on motor development in children. In Universal Journal of Educational Research (Vol. 7, Issue 2, pp. 580–587). https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070231

Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia, 120.

Hidayat, O. S. (2020). Pendidikan Karakter Anak Sesuai Pembelajaran Abad ke-21 (pp. 1–171).

Juari. (2016). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Vol. 148). https://pmpk.kemdikbud.go.id/bukudigital/products/pendidikan-jasmani-olahraga-dan-kesehatan-60acf68b2f20e

Kamal Firdaus. (2012). Psikologi Olahraga (Vol. 148). http://pustaka.unp.ac.id/file/abstrak_kki/EBOOKS/PSIKOLOGI OLAHRAGA.pdf

Karisman, V. A. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Edukatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Keterampilan Motorik Dasar Siswa Sekolah Dasar. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(1), 53. https://doi.org/10.17509/tegar.v2i1.10573

Khadijah, A. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. In Itqan (Vol. 7, Issue 1). http://repository.uinsu.ac.id/8459/1/Bermain Aud.pdf

Kusmiati, A. M., & Sumarno, G. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Perseptual Motorik Anak di SDN Margawatu II Garut Kota. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 17. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11934

Kusnandar, K., Purnamasari, D. U., Nurcahyo, P. J., & Darjito, E. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Banyumas Gol-Golan Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal, 1(1), 18. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1996

Kusumawati, O. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4, 124–142.

Lucia Hermin Winingsih. (2020). Penguatan Ranah Psikomotorik Bagi Siswa (Vol. 148). http://repositori.kemdikbud.go.id/21362/

Mashuri Eko, W. (2016). Belajar Motorik. Belajar Motorik, 91, 399–404. http://lib.um.ac.id/wp-content/uploads/2018/02

Mukherjee, S., Ting Jamie, L. C., & Fong, L. H. (2017). Fundamental Motor Skill Proficiency of 6- to 9-Year-Old Singaporean Children. Perceptual and Motor Skills, 124(3), 584–600. https://doi.org/10.1177/0031512517703005

Mulyono., & Wekke, I. S. (2018). Strategi Pembelajaran Di Abad Digital. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Nemec, M., Adamcak, S., Michal, J., & Bartik, P. (2019). Opinions of teachers from the Central Slovak Region on teaching sports games at elementary schools. European Journal of Contemporary Education, 8(1), 157–166. https://doi.org/10.13187/ejced.2019.1.157

Pratiwi, E. (2018). Dasar- Dasar Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional, 53(9), 1689–1699.

Raza, A., Raza, S. A., Qamar, M. F., & Liaqat, A. (2015). Human Brain. In The Professional Medical Journal (Vol. 22, Issue 05). https://doi.org/10.29309/tpmj/2015.22.05.1259

Reedy, A. R. (2018). Raising a Secure Child: How Circle of Security Parenting Can Help You Nurture Your Child’s Attachment, Emotional Resilience, and Freedom to Explore. In Journal of Baccalaureate Social Work (Vol. 23, Issue 1). https://doi.org/10.18084/1084-7219-23.1.311

Setiawan, D. K., & Muhammad, H. N. (2017). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 05 Nomor 01 Tahun. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(1), 12–20. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Sevik, M. (2020). How Do Games Affect the Writing Skills of Young EFL Learners?. In Educational Research and Reviews (Vol. 15, Issue 4, pp. 186–193).

Singh, P., Hoon, T. S., Md Nasir, A., Md Ramly, A., Md Rasid, S., & Meng, C. C. (2021). Card game as a pedagogical tool for numeracy skills development. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 693–705. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20722

Solehudin, T., & Eranata, S. (2018). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ). Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 1257–1271. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/623

Subiyanto, A. S. (2021). Pengaruh Metode Multiple Intelligences Berbasis Aktivitas Jasmani Terhadap Kemampuan Motorik Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar …. Jurnal Transformasi, 277–280. https://ejournal.stmikbinapatria.ac.id/index.php/JT/article/view/229

Supriyono, A. (2018). Serunya permainan tradisional anak zaman dulu. In Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/Serunya Permainan Tradisional Anak Zaman Dulu_0.pdf

Susilo, N. H., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Penerapan Permainan What’s In Here Berbasis Model TGT untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 125. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17756

Vukićević, S., Đorđević, M., Glumbić, N., Bogdanović, Z., & Đurić Jovičić, M. (2019). A Demonstration Project for the Utility of Kinect-Based Educational Games to Benefit Motor Skills of Children with ASD. Perceptual and Motor Skills, 126(6), 1117–1144. https://doi.org/10.1177/0031512519867521

Wardani, G. D., & Mahendra, A. (2017). Perbandingan Pengaruh Aktivitas Lompat Engklek Dengan Aktivitas Lompat Tali Terhadap Kemampuan Lompat Jauh. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(1), 1. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i1.8651

Yulita, R. (2017). Permainan tradisional anak Nusantara. https://budi.kemdikbud.go.id/buku/pdf/56. Isi dan Sampul Permainan Tradisional Anak Nusantara.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v6i2p139-149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sis wanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats