Pengaruh Pembelajaran Kasti Modifikaasi Terhadap Nilai Kerjasama pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bermula dari permasalahan permainan tradisional yang sekarang kurang mendapat tempat sebagai olahraga tradisional dalam kancah pendidikan jasmani. Permainan ini memiliki unsur mendidik kerjasama yang baik, tetapi ada kelemahan dalam pelaksanaannya. Untuk mengurangi kelemahan tersebut dilakukan penelitian permainan kasti modifikasi dan dilihat pengaruhnya terhadap kemampuan kerjasmana siswa sekolah dasar (kalas rendah). Sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas satu sampai tiga yang dipilih secara acak dari populasi. Siswa diberikan perlakukan kasti modifikasi selama 16 kali pertemuan. Dilakukan pre test dan post test untuk mengetahui hasil penelitian yang dilakukan. Tes kerjasama dipergunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua Orang judge. Hasil tes kerjasama setelah mendapatkan perlakukan dan sebelum mendapatkan perlakukan ternyata mengalami perbedaan yang signigikan 0.000 dengan uji T. Rata-rata sebelum dilakukan perlakukan adalah 37,6 dan setelah perlakukan 45,2.
Kata kunci: Pendidikan jasmani, Kasti modifikasi, Kerjasama, Siswa sekolah dasar
Full Text:
PDFReferences
Booth, J. N., Leary, S. D., Joinson, C., Ness, A. R., Tomporowski, P. D., Boyle, J. M., & Reilly, J. J. (2013). Associations between objectively measured physical activity and academic attainment in adolescents from a UK cohort. British Journal of Sports Medicine, bjsports-2013.
Fontana, F. E. (2007). The effects of exercise intensity on decision making performance of experienced and inexperienced soccer players. University of Pittsburgh.
Gabbett, T. J., Carius, J., & Mulvey, M. (2008). Does improved decision-making ability reduce the physiological demands of game-based activities in field sport athletes? The Journal of Strength & Conditioning Research, 22(6), 2027–2035.
Hepler, T. J., & Feltz, D. L. (2012). Path analysis examining self-efficacy and decision-making performance on a simulated baseball task. Research Quarterly for Exercise and Sport, 83(1), 55–64.
Jaqueira, A. R. F., de Araújo, P. C., Rodrigues, M. D. M., Gonçalves, A., Almeida, J., Malva, L., & Trevisan, R. (2012). Observation of recreational routines in school break times. Revista Pedagógica ADAL, (24), 14–18.
Margono, A., Mukholid, A., Purnama, S. K., & Satyawan, B. (2013). Modul pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) pendalaman materi penjas. Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG). Modul PLPG_Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. UNIMED.
Moritz, S., Quan, H., Rickhi, B., & Liu, M. (2006). A home study-based spirituality education program decreases emotional distress and increases quality of life-a randomized, controlled trial. Alternative Therapies in Health and Medicine, 12(6), 26.
Russell, D. A. (2004). Hoop frequency as a predictor of performance for softball bats. The Engineering of Sport, 5, 1–2.
Sallis, J. F., McKenzie, T. L., Alcaraz, J. E., Kolody, B., Faucette, N., & Hovell, M. F. (1997). The effects of a 2-year physical education program (SPARK) on physical activity and fitness in elementary school students. Sports, Play and Active Recreation for Kids. American Journal of Public Health, 87(8), 1328–1334.
Sallis, J. F., McKenzie, T. L., Kolody, B., Lewis, M., Marshall, S., & Rosengard, P. (1999). Effects of health-related physical education on academic achievement: Project SPARK. Research Quarterly for Exercise and Sport, 70(2), 127–134.
Svennberg, L., Meckbach, J., & Redelius, K. (2014). Exploring PE teachers’“gut feelings” An attempt to verbalise and discuss teachers’ internalised grading criteria. European Physical Education Review, 20(2), 199–214.
Wibowo, Y. A. (2010). Bermain dan Kreativitas dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 7(2).
Wuest, D. A., & Bucher, C. A. (2003). Foundations of physical education, exercise science, and sport. McGraw-Hill.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v2i1p31-36
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats