PENINGKATAN GERAK DASAR MERODA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI METODE BAGIAN
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan gerak dasar meroda dalam pembelajaran senam lantai pada siswa kelas V SD Negeri 200 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (refleksion). Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 200 berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengemati dan mengevaluasi aspek apektif, psikomotorik dan kognitif siswa melalui lembar evaluasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan analisis persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus satu terjadi ketuntasan hasil belajar meningkat dari pra siklus sebesar 33% atau sebelumnya hanya 13 orang siswa yang tuntas meningkat menjadi 24 orang dari 33 siswa. Sedangkan pada siklus kedua peningkatan terjadi sebesar 48% atau sebelumnya hanya 24 siswa yang tuntas meningkat menjadi 29 orang dari 33 siswa. Persentase ketuntasan perkelas mencapai angka 87,87% melampaui target ketuntasan sebesar 75%
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiesta, R., & Tuasikal, A. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Bagian Terhadap Hasil Keterampilan Dribble dan Shooting Per Menit Bola Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan , Vol 5 No 3. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Ahmad Zaini (2016). Peningkatan Hasil Belajar Senam Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Lampung. Jurnal Penjaskesrek.
Chairuna, Dlis, F., & Karrnawijaya, Y. (2018). Pegaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok. Jurnal Penjaskesrek .
Darmawan, I., Winarno, & Agung, K. (2017). Peerapan Mtode Parh Whole Untuk Meningkatkan Keterampilan Senam Ketangkasan. Brilian: Jurnal Riset dan Konseptual. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i3.59
Hidayat, T., & Firdaus, H. (2014). Perbandingan Metode Pembelajaran Bagian dan Metode Pembelajaran Keseluruhan Terhadap Kemampuan Siswa dalam Melakukan Smash Bola VOli. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan . http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Jiwa, I. K. (2019). Penerapan Metode Belajar Part and Whole Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes Materi Senam Lantai Lompat Kangkang. Jurnal Pedagoi dan Pembalajaran , Vol 2 No 1. http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17611
Nurwahyuni, L. I., & Indahwati, N. (2015). Penerapan Media Audiovisual dalam Gerak Senam Lantai. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan .
Oksyalia, D., Situmorang, A. S., Mahendra, A., & Hidayat, A. (2018). Upaya Meningkatkan Gerakan Meroda Menggunakan Pola Gerak Dominan dalam Pembelajaran Senam Lantai. Journal of Teaching Physical Education in Elementru School , Vol 2 No 1 http://ejournal.upi.edu/index.php/tegar/index
Prasetya, A. B. (2016). Pengembangan Media Alat Bantu Kayang Pembelajaran Senam Lantai. Journal of Physical Education, SPort, Health and Recreation , Vol 5 No 3 https://doi.org/10.15294/active.v5i3.7253
Puspitorini, W. (2016). Penerapan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam Irama. Jurnal Penjaskesrek.
Ruslan, M., & Huda, S. (2019). Penerapan Metode Bermain dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan. Halaman Olahraga Nusantara . http://dx.doi.org/10.31851/hon.v2i1.2461
Saputra, I. S., & Wahidi, R. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Bagian dan Keseluruhan Terhadap Kemampuan Renang Gaya Bebas. Journal of Psysical Education and Sport Science , Vol 2 No 1. http://jurnal.upmk.ac.id/
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v6i1p87-92
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats