EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE PJOK PADA JENJANG SD, SMP DAN SMA: LITERATURE REVIEW
Abstract
Pembelajaran jasmani merupakan bagian integral dari seluruh aspek pendidikan yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor yang dikemas dalam bentuk aktivitas fisik. Pembelajaran jasmani online merupakan suatu kegiatan pembelajaran tentang aktivitas fisik yang dikemas dengan melalui pemanfaatan jaringan internet atau yang biasa disebut dengan daring yang dilaksanakan tanpa adanya tatap muka secara langsung
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran online PJOK pada jenjang SD, SMP dan SMA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu literatur review menggunakan 3 database yang terdiri dari Google Scholar, Eric, dan Taylor and France, pada tahap pengumpulan artikel, peneliti menyertakan kriteria inklusi dengan jenis artikel berupa research article, artikel yang telah terindeks scopus (Q1-Q4) dan sinta (S1-S4), terbitan artikel selama 5 tahun terakhir, dan sampel penelitian berupa sekolah dasar atau usia 6-18 tahun.
Hasil analisis artikel yang telah dilakukan, terdapat 5 artikel membahas tentang keterlaksanaan PJOK online pada jenjang SD, 3 artikel pada jenjang SMP dan 2 artikel pada jenjang SMA. Berdasarkan artikel tersebut mendapat hasil yaitu kendala tentang pelaksanaan pembelajaran PJOK online yaitu terletak pada kemampuan siswa dan guru dalam memanfaatkan sarana dan prasarana.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu dampak pembelajaran online PJOK bagi guru dan siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah terdapat pada pemanfaatan segi sarana dan prasarana, selain itu juga tidak sesuai dengan hakikat pendidikan jasmani itu sendiri. Pembelajaran pendidikan jasmani daring kurang efektif jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, karena dapat mengurangi bentuk aktivitas fisik siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryadi, D. (2019). Perbandingan Sistem Penjas Dan Olahraga “Sistem Pendidikan Jasmani Di Perancis.” Indonesian Education, Management And Sports Anthology, 1(1).
Azhari, B., & Fajri, I. (2021). Distance Learning During The Covid-19 Pandemic: School Closure In Indonesia. International Journal Of Mathematical Education In Science And Technology, 1(1), 17.
Baidowi, A. (2020). The Evaluation Of Online And Face To Face Physical Education Learning Policy At Elementary School Level. Tegar: Journal Of Teaching Physical Education In Elementary School, 4(1), 35–44.
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Sleman: Cv Budi Utama.
Block, B. A., Haneishi, K., Zarco, E., & Prados Megías, E. (2021). Thirdspace Movement Concepts In Physical Education Teacher Education. Quest, 1(1).
Bungsu, P., & Saridewi. (2021). Dampak Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 11–20.
Centeio, E., Mercier, K., Garn, A., Erwin, H., & Foley, J. (2021). The Success And Struggles Of Physical Education Teachers While Teaching Online During The Covid-19 Pandemic. Journal Of Teaching In Physical Education, 1(1), 1–7.
Centeio, E., Mercier, K., Garn, A., Erwin, H., Marttinen, R., & Foley, J. (2021). The Success And Struggles Of Physical Education Teachers While Teaching Online During The Covid-19 Pandemic. Journal Of Teaching In Physical Education, 40(4), 667–673.
Chan, W. K., Leung, K. I., Hoc, C., Wuc, W., Lam, K. Y., Wong, N. L., Chan, C. Y. R., Leung, K. M., & Tse, A. C. Y. (2021). Effectiveness Of Online Teaching In Physical Education During Covid-19 School Closures: A Survey Study Of Frontline Physical Education Teachers In Hong Kong. Journal Of Physical Education And Sport, 21(4), 1622–1628. H
Cruickshank, V., Pill, S., & Mainsbridge, C. (2021). ‘Just Do Some Physical Activity’: Exploring Experiences Of Teaching Physical Education Online During Covid-19. Issues In Educational Research, 31(1), 76–93.
D’elia, F., Tortella, P., Sannicandro, I., & D’isanto, T. (2020). Design And Teaching Of Physical Education For Children And Youth. Summer Conferences Of Sports Science, 15(6), 25–26.
Da’i, M., & Aliriad, H. (2021). The Effectiveness Of Online Physical Education Learning During Covid-19 Pandemic On Students Of Sma Plus Alfatimah Bojonegoro. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(3).
Dangnga, M. S., & Muis, A. A. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Inovatif. Makassar: Sibuku Makassar.
Dewi, N. P., & Laelasari, I. (2020). Penerapan Pembelajaran Ipa Daring Berbasis Whatsapp Group Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyyah Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian, 14(2).
Dewi, R. P., & Sepriadi, S. (2021). Minat Siswa Smp Terhadap Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa New Normal. Physical Activity Journal, 2(2).
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea In The Time Of Covid-19 Crisis. Journal Of Educational Technology Systems, 49(1).
Dirman. (2014). Karakteristik Peserta Didik: Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Jakarta: Pt Rineka Cipta.
Divinubun, S. (2021). Effect Of Physical Fitness , And Self-Concept On The Performance Of Teachers. Basic And Applied Education Research Journal, 2(1), 1–8.
Fitron, M., & Negeri, U. (2020). Survei Tingkat Persepsi Siswa Terhadap Konsep Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Atas. Sport Science And Heath, 2(5), 264–271.
Gani, P., Suryati, L., & Sukiman. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sma Methodist- 7 Medan. Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Gilang, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Era Covid 19. Banyumas: Cv Lutfi Gilang.
Goad, T., Killian, C. M., & Daum, D. N. (2021). Distance Learning In Physical Education: Hindsight Is 2020 — Part 3. Journal Of Physical Education, Recreation And Dance, 92(4), 18–21.
Gusty, S., Nurmiati, & Muliana. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid 19. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Hambali, S., Akbaruddin, A., Bustomi, D., Rifai, A., & Iskandar, T. (2020). The Effectiveness Learning Of Physical Education On Pandemic Covid-19. Universal Journal Of Educational Research, 8(12).
Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online)Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasardi Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 6(1).
Handarani, O. A. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (Sfh) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3).
Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar Dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Kencana.
Hasanah, N. R., & Adi, I. P. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1).
Hasibuan, M. ., Simarmata, J., & Sudirman, A. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategidan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran. Solok: Cv Insan Cendekia Mandiri.
Hayati, S. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.
Hergüner, G., & Yaman, M. S. (2021). The Effect Of Online Learning Attitudes Of Sports Sciences Students On Their Learning Readiness To Learn Online In The Era Of The New Coronavirus Pandemic (Covid-19 ). The Turkish Online Journal Of Educational Technology, 20(1), 68–77.
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7.
Hidayah, A., Adawiyah, R., & Mahanani, P. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2).
Hodge, S. R., Lieberman, L. J., & Murata, N. M. (2017). Essentials Of Teaching Adapted Physical Education : Diversity, Culture, And Inclusion. London:: Routledge.
Ihwanah, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid-19. Jiees: Journal Of Islamic Education At Elementary School, 1(2).
Jalal, F., & Neolaka, A. (2020). Improving Hot Skills Of Elementary School Students By Implementation Of Pbl In Distance Learning. Psychology And Education, 58(5), 1341–1351.
Jeong, H. C., & So, W. Y. (2020). Difficulties Of Online Physical Education Classes In Middle And High School And An Efficient Operation Plan To Address Them. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 17(19).
Juliantine, T. (2006). Studi Tentang Perbandingan Pendidikan Jasmani Antara Indonesia Dengan Jepang. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(3).
Jumadi, F., & Laksana, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Pjok Pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2).
Khayat, Z. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Mts Negeri 2 Purbalingga Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1).
Killian, C. M., Daum, D. N., Goad, T., Brown, R., & Lehman, S. (2021). How Do We Do This? Distance Learning In Physical Education — Part 2. Journal Of Physical Education, Recreation And Dance, 92(4), 11–17.
Kirkham-King, M., & Brusseau, T. A. (2017). Elementary Physical Education: A Focus On Fitness Activities And Smaller Class Sizes Are Associated With Higher Levels Of Physical Activity. Preventive Medicine Reports, 8(1).
Komarudin, K., & Subekti, B. H. (2021). Tingkat Kepuasan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Pjok Daring. Jambura Health And Sport Journal, 3(1).
Komarudin, & Prabowo, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Majalah Ilmiah Olahraga, 26(2), 1–6. Https://Doi.Org/10.53869/Jpas.V2i2.131
Kristiyandaru, A., & Christina, S. (2020). Pendidikan Jasmani Sadarkan Arti Hidupku. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Kusuma, R. A., & Winarno, M. E. (2018). Efektivitas Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Smpn 11 Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 2(2).
Lavasani, M., & Brijandi, P. (2015). Creating A Low-Anxiety Classroom By Mediational Artefacts: A Comparison Through Materialization And Verbalization. Sino-Us English Teaching, 12(11).
Lefudin. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Lenka, T., Beáta, R., & Radmila, H. (2021). Forms And Methods Of Online Physical Education Instruction In Slovakia From The Perspective Of Elementary School Students. Journal Of Physical Education And Sport, 21(3), 2028–2035.
Lestari, T. L., & Winarno, M. E. (2020). Efektifitas Waktu Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Di Upt Sekolah Dasar. Sport Science And Health, 2(9), 464–470.
Maftuhin, R. A., Pati, P. K., & Setyawan, D. A. (2021). Efektifitas Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembelajaran Daring. Indonesian Journal Of Physical Eduication, 1(1), 106–111.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1).
Marharjono, M. (2020). Manfaat Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1).
Marlina, S., Qalbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak Tk Baiturridha Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2).
Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1).
Mercier, K., Centeio, E., Garn, A., Erwin, H., Marttinen, R., & Foley, J. (2021). Physical Education Teachers’ Experiences With Remote Instruction During The Initial Phase Of The Covid-19 Pandemic. Journal Of Teaching In Physical Education, 40(2), 337–342.
Mulyono, H., & Wekke, I. S. (2018). Strategi Pembelajaran Di Abad Digital. Yogyakarta: Gawe Buku.
Mylsidayu, A. (2021). Stress Level Of Physical Education Students: How To Do The Learning During The Covid-19 Pandemic? Journal Sport Area, 6(1), 148–160.
Ordonhes, M. T., Hercules, E. D., & Cavichiolli, F. R. (2021). Using Distance Learning As A Strategy For Maintaining Income Of Physical Education Professionals During The Covid-19 Pandemic. Education And Information Technologies, 1(1), 1–12.
Page, M. J., & Moher, D. (2017). Evaluations Of The Uptake And Impact Of The Preferred Reporting Items For Systematic Reviews And Meta-Analyses (Prisma) Statement And Extensions: A Scoping Review. Systematic Reviews, 6(1).
Pangrazi, R. P., & Beighle, A. (2019). Dynamic Physical Education For Elementary School Children. Australia: Human Kinetics Publishers.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: Cv Sarnu Untung.
Pratikto, E. J., & Warthadi, A. N. (2021). Minat Siswa Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sma Negeri Di Boyolali. Journal Of Innovation Research And Knowledge, 1(4).
Putra, B. J., Siantoro, G., & Tuasikal, A. R. S. (2021). The Analysis Of Online Pjok Learning Against Student Interests, Activities And Learning Outcomes During The Pandemic Period Coronavirus Disease (Covid-19) At Smpn 27 Gresik. Jurnal Education And Development, 9(1), 259–265.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870.
Rahmatillah, F., Innisa, L., Azizah, N. S., & Alya, N. (2021). Perkembangan Dan Karakteristik Pendidikan Siswa Sekolah Dasar. Bogor: Universitas Djuanda.
Rakhman, A., Nurhalimah, N., Eka, M., & Simbolon, M. (2021). Dampak Pandemic Covid-19 Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Sekolah Dasar Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 2(1).
Ramadhani, R., Masrul, & Nofriansyah, D. (2020). Belajar Dan Pembelajaran: Konsep Dan Pengembangan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Rizki, W. K., & Yuwono, C. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Era Pandemi Pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Kalinyamatan Jepara. Indonesian Journal For Physical Education And Sport, 2(1), 327–335.
Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran Pjok Tingkat Smp Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).
Rojali, W. I., & Ngadiman, N. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sma Pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Menssana, 6(1).
Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dankesehatan (Pjok). Semninar Nasional Universitas Pgri Palembang, 1(1).
Setyawan, M. A. (2020). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Uwais Inspirasi Indonesia.
Singh, V., & Thurman, A. (2019). How Many Ways Can We Define Online Learning? A Systematic Literature Review Of Definitions Of Online Learning (1988-2018). American Journal Of Distance Education, 33(4).
Sitanggang, N., & Saragih, A. H. (2013). Studi Karakteristik Siswa Slta Di Kota Medan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2).
Suardi, M. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiarto, B. G. (2015). Pengaruh Distribusi Alokasi Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Perilaku Hidup Aktif Dan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Motion: Jurnal Riset Physical Education, Vi(1), 93–108.
Suherman, A. (2018). Kurikulum Pembejalaran Penjas. Sumedang: Upi Sumedang Press.
Sukandi, P., Aulia, S., Ramadhan, R., Alviany, V., Juniarz, W. N., & Ainun, A. (2021). The Effect Of Teacher’ Productivity On Performance During The Covid 19 Pandemic (Case Study At Istiqamah Elementary School Bandung ). Psychology And Education, 58(3), 608–614.
Supatminingsih, T., Hasan, M., & Sudirman. (2020). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Cv Media Sains Indonesia.
Sutiah. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Taufik, M. S., Rahadian, A., & Iskandar, T. (2020). Manajemen Penjas. Indramayu: Cv Adanu Abimata.
Varea, V., González-Calvo, G., & García-Monge, A. (2020). Exploring The Changes Of Physical Education In The Age Of Covid-19. Physical Education And Sport Pedagogy, 1(1), 1–11.
Vasconcellos, D., & Parker, P. D. (2020). Self-Determination Theory Applied To Physical Education: A Systematic Review And Meta-Analysis. Journal Of Educational Psychology, 112(7).
Vilchez, J. A., Kruse, J., Puffer, M., & Dudovitz, R. N. (2021). Teachers And School Health Leaders’ Perspectives On Distance Learning Physical Education During The Covid‐19 Pandemic. Journal Of School Health, 1(1).
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Indramayu: Cv Adanu Abimata.
Wallace, P. (2009). Distance Learning For Gifted Students: Outcomes For Elementary, Middle, And High School Aged Students. Journal For The Education Of The Gifted, 32(3), 295–320.
Wijoyo, H., Haryati, D., & Indrawan, I. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi. Solok: Cv Insan Cendekia Mandiri.
Winarno, M. . (2006a). Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani & Olahraga. Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fip Univ. Negeri Malang.
Winarno, M. E. (2006b). Perspektif Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.
Winarno, M. E. (2019). Disrup Strategi Pembelajaran Olahraga Serta Tantangan Dalam Menghadapi New Normal Selama Masa Pandemi Covid 19. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Yuliani, M., Simarmata, J., & Susanti, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori Dan Penerapan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v6i2p122-128
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats