A PRELIMINARY RISET BUKU AJAR KINESIOLOGI OLAHRAGA BERBASIS M-LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

Siti Nurrochmah

Abstract


Peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari Kinesiologi Olahraga, karena belum ada buku ajar mata kuliah tersebut. Tujuan penelitian mendeskripsikan dan analisis is kebutuhan buku ajar Kinesiologi Olahraga bentuk buku  ajar cetak dan non cetak  bentuk m-learning untuk pembelajaran blended learning. Penelitian menggunakan pendekatan survey deskriptif kuantitatif. Populasi Mahasiswa Departemen PJKR FIK-UM jumlah 194 orang dan sampling menggunakan purposive systematic proportionate random sampling porsi 90%, berjumlah 175 orang. Penelitian menggunakan instrumen angket. Temuan hasil praktisi rata-rata 91,88% sangat membutuhkan, dan responden mahasiswa analisis is rata-rata 92,34% kriteria sangat membutuhkan, kebutuhan rancangan materi dalam buku ajar diperoleh rata-rata tingkat kebutuhan 87,89% sangat membutuhkan. Kesimpulan penelitian bahwa responden praktisi lapangan  dan mahasiswa Departemen PJKR sangat membutuhkan buku ajar cetak dan non cetak  bentuk m-learning, dan responden sangat menginginkan buku ajar/bahan ajar yang menarik, bermanfaat, dan materi yang mudah dipahami dan tepat untuk mengatasi kesulitan belajar Kinesiologi.    


Keywords


studi pendahuluan, buku ajar cetak dan non cetak , Kinesiologi, m-learning

Full Text:

PDF

References


Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020). Mobile Learning sebagai Fasilitas Belajar Mandiri Pembelajaran Senam Lantai pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan. Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1158–1166. https://doi.org/DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Prinsip, Teknik dan Prosedur. Remaja Rosdakarya.

Asmi, A. R., Surbakti, A. D. N., Hasan, Y., & Syarifuddin. (2019). Pengembangan Model Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android pada Mata Kuliah Sejarah ASEAN. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 5(1), 30–40. https://doi.org/: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4037

Basuki, I., & Hariyanto. (2016). Asesmen Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Ceylan, V. K., & Kesici, A. E. (217 C.E.). Effect of blended learning to academic achievement. Journal of Human Sciences, 14(1), 308–320. https://doi.org/ISSN:1303-5134

Darmaji, Kurniawan, D. A., Astalini, Lumbantoruan, A., & S.C., S. (2019). Mobile Learning in Higher Education for The Industrial Revolution 4.0: Perception and Response of Physics Practicum. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 13(5), 4–20. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijim.v13i09.10948

Dwiyogo, W. D. (2014b). Analisis i Kebutuhan Pengembangan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning (PBBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. JURNAL Pendidikan Dan Pembelajaran, 21(1), 71–78. https://doi.org/ISSN: 2580-2313

Gusdiyanto, H., Dwiyogo, W. D., & Adi, S. (2020). Pembelajaran Blended Learning Sosio Antropologi Olahraga untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 7–14. https://doi.org/2502-471X

Hendriyani, Y., Jalinus, N., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis is Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 85–88. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/tip.v11i2.147

Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Univerversitas Muhamadiyah Malang.

Ismail, M., Zubair, M., Alqadri, B., & Basariah. (2022). Analisis is Kebutuhan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2442 – 2447. https://doi.org/DOI: 10.29303/jipp.v7i4b.1027

Juniarti, Y., & Gustiana, E. (2019). Pengembangan Sumber Belajar Bermain Berbasis Mobile Learning. Jurnal Pendidikan Utama, 6(1), 37–42. https://doi.org/(DOI) Prefix: 10.17977.

Kristiono, I. D., Dwiyogo, W. D., & Hariadi, I. (2019). Pembelajaran Ilmu Gizi Olahraga Berbasis Blended Learning pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 235–241. https://doi.org/DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.

Marlissa, D., Dwiyogo, W. D., & Supriyadi. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mata kuliah Dayung Berbasis Blended Learning untuk Mahasiswa PJKR. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 242–249. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14463

Masgumelar, N. K., Dwiyogo, W. D., & Nurrochmah, S. (2019). Modifikasi Permainan menggunakan Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 4(7), 979–986. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12645

Murtini, I., Zubaidah, S., & Listyorini, D. (2019). Kebutuhan Bahan Ajar Mata kuliah Biologi Sel di Perguruan Tinggi Kota Malang. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1120–1124. https://doi.org/Prefix: 10.17977.

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124

Nurrochmah, S. (2016). Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan. UM Press.

Pangastuti, A., Amin, M., & Indriwati, S. E. (2016). Pengembangan Buku Ajar Biologi Sel Dengan Pendekatan Bioinformatika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 116–121. https://doi.org/2502-471X

Prasetya, M. A. (2015). E-LEARNING SEBAGAI SEBUAH INOVASI METODE ACTIVE LEARNING. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.797

Prasetyo, M. T., Dwiyogo, W. D., & Hariyanto, E. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Di Era Covid-19 Pada Club F1 Taekwondo Di Kota Malang. 5(2), 150–160. /journal2.um.ac.id/index.php/jpj%0D

Pusvyta Sari. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro, 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015), 20–35.

Rajendra, M. I., & Sudana, S. I. (2018). The Influence of Interactive Multimedia Technology to Enhance Achievement Students on Practice Skills in Mechanical Technology. Journal of Physics: Conference Series, 953(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012104

Rodriquez, E. I. ., Dwiyogo, W. D., & Supriyadi. (2020). Blended Learning Mata kuliah Sepakbola untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 206–213. https://doi.org/SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Stabdar Proses Pendidikan. Edisi Pertama. Kencana.

Saparuddin, Lestari, U., & Suarsini, E. (2021). Persepsi dan Kebutuhan Mahasiswa Calon Guru Biologi terhadap Media Pembelajaran Bioteknologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(5), 720–728. https://doi.org/EISSN: 2502-471X DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI

Setyawan, D., Al-Mudhar, M. H. I., & Saptasari, M. (2021). Studi Kebutuhan Bahan Ajar Mata kuliah Etnobotani untuk Mahasiswa. Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(6), 869–863. https://doi.org/(DOI) Prefix: 10.17977

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R.D. Alfabeta.

Supriatna, U. (2021). Kompetensi Guru Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Online. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 214–221.

Syahroni, M., Nurrochmah, S., & Amiq, F. (2016). Pengembangan Buku Saku Elektronik Berbasis Android Tentang Signal-Signal Wasit Futsal Untuk Wasit Futsal Di Kabupaten Pasuruan. Pendidikan Jasmani, 26(2), 304–317.

Thobroni, M. (2015). Belajar & pembelajaran: teori dan praktik. Ar-Ruzz Media.

Trinaldi, A. F., Bambang, S. E. M., Afriani, M., Rahma, F. A., & Rustam. (2022). Analisis is Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi. JURNAL BASICEDU, 6(6), 9304–9314. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4037

Widiawati, P., Hanief, Y. N., & Rahayuni, K. (2022). Analisis is Kebutuhan Aplikasi M-Learning (Flipped Learning & Podcasting) Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Olahraga. Jurnal Physical Activity Journal (PAJU), 4(1), 31–42. https://doi.org/: https://doi.org/10.20884/1.paju.2022.4.1.6560

Widodo, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Pjok) Terintegrasi Dengan Al-Islam Kemuhammadiyahan Bahasa Arab (Ismuba) Di Sd/Mi Muhammadiyah. Jendela Olahraga, 3(1), 48–56. https://doi.org/10.26877/jo.v3i1.2059

Yaumi, M. (2019). Media & Teknologi Pembelajaran. Prenadamedia Group.

Yuhanna, W. L. (2021). Analisis is Kebutuhan Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Zoologi Vertebrata di Masa Pandemi Covid19. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 129–137. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8803




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v6i2p93-103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Nurrochmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats