UPAYA MENAMBAH HASIL KETEPATAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM GAMES SEPAK BOLA DENGAN MEMAKAI PEMBELAJARAN DRILL
Abstract
Riset ini Bertujuan tingkatkan Hasil Ketepatan Passing Kaki Bagian Dalam Game Sepakbola lewat pemakaian pembelajaran drill. Riset ini merupaka Riset Aksi kelas( PTK). Riset dilaksanakan dalam 2 siklus, terdiri dari perencanaan, penerapan, observasi, serta refleksi aksi masing- masing siklusnya. Hasil riset ini menampilkan kalau dengan Pembelajaran Drill bisa meningkatkan ketepatan passing kaki bagian dalam game sepakbola. Dari hasil uji keterampilan dini dalam melaksanakan ketepatan passing kaki bagian dalam diperoleh nilai pada aspek kognitif persentase ketuntasannya sebesar 25, 71%. Serta pada aspek afektif persentase ketuntasannya sebesar 34, 28%, dan pada aspek psikomotor persentase ketuntasannya merupakan 31, 43%. Dari informasi hasil evaluasi passing kaki bagian dalam pada siklus awal diperoleh nilai buat aspek kognitif persentase ketuntasannya sebesar 62, 86% serta aspek afektif persentase ketuntasannya sebesar 54, 28% dan aspek psikomotor persentase ketuntasannya sebesar 51, 43%. Sebaliknya pada siklus ke 2 diperoleh nilai aspek kognitif sebesar 94, 30%. Serta aspek afektif persentase ketuntasannya merupakan 88, 60% dan aspek psikomotor persentase ketuntasannya 100%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Darani, N. L. wisma. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(1), 13. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33743
Fajar. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Mengoptimalkan Penerapan Metode Drill Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. 10(2), 93–102.
Faridah, E. (2016). Mengajar Pendidikan Jasmani Melalui Permainan “Ide Kreatif Mengoptimalkan Aspek Pedagosis.” Jurnal Ilmu Keolahragaan, 15(2), 38–53.
Ilmiah, J., & Jasmani, P. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN TEKNIK DASAR BERMAIN SEPAKBOLA PADA PEMAIN USIA 16 TAHUN. 1(2), 96–100.
Junaedi, A., & Wisnu, H. (2019). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.
Kepelatihan, J., Smart, O., & Volume, S. (2017). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH SEPAKBOLA DENGAN PEMBELAJARAN TEAM GAME TURNAMENT. 10, 78–86.
Kuswoyo, D. D. (2017). Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai dengan Ketepatan Shooting ke Arah Gawang pada Peserta Ekstrakurikuler SMP Patra Mandiri 2 Palembang. 7(2), 37–40.
Manuel, F., Martins, L., Manuel, F., Mendes, S., & José, A. (2014). A systemic overview of football game : The principles behind the game. https://doi.org/10.14198/jhse.2014.92.05
Maulana, I., & B, Y. N. H. (2022). The Effect of Imagery Training on Performance Improvement in Basic Football Techniques : A Meta-Analysis Study. Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-072-5
Murtaqi, A., Mubin, D., & Setiawan, W. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Meroda Dalam Senam Lantai Melalui Media Bola Gymnastic Pada Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Mutta ’ allimin. 3(November).
Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984
Nasution, A. (2018). SURVEI TEKNIK DASAR BERMAN SEPAK BOLA PADA SISWA SMKT SOMBA OPU KABUPATEN GOWA OLEH :
Prasetyo, K., & Irawan, F. A. (2020). The Effect of Exercise Methods and Eye-Foot Coordination on Football Passing Accuracy. 9(1), 82–87.
Ramadhani, L., Alfiriani, A., & Mary, T. (2023). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MEMPELAJARI PERANGKAT KONFIGURASI JARINGAN PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN DI SMK TAMANSISWA PADANG. 6, 305–318.
Selamat Riadi. Ellyn Normelani. (2017). ANALISIS KOMPETENSI GURU GEOGRAFI DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI SMA NEGERI KOTA BANJARMASIN. JPG UNLAM, 4(1), 40–50.
Shabih, M. I., Sriwijaya, U., & Zig-zag, L. (2021). Jurnal Kejaora : Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olah Raga. 6(April), 145–152.
Syahrin, A., Amiruddin, & Bustamam. (2017). Peran guru pendidikan jasmani dalam membentuk karakter siswa pada MTs Se-Banda Aceh Tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, 3, 9–15.
Taktis, M. P. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN TAKTIS. 2(2), 112–120.
Tingkat, T., Max, V. O., & Sepakbola, P. (2017). SEKOLAH SEPAKBOLA BIMA JUNIOR. 4(2), 18–27.
Widodo, A., Kes, M., Widodo, A., & Kes, M. (2016). ARTIKEL E-JOURNAL UNESA ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN TEKNIK DASAR SEPAKBOLA ANTARA ATLET SSB PETROGRES , BIMA AMORA , DAN PUTA ZODIAC USIA 11-12 TAHUN Muchammad Rizky Fajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v7i1p1-7
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Wisnu Mahardika, Pipit Fitria Yulianto, Kodrad Budiyono, Gandung Hermono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats