LITERATURE REVIEW: PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KETERAMPILAN GERAK LOKOMOTOR SISWA SEKOLAH DASAR

Imam Safi'i Safi'i, M.E Winarno, Imam Hariadi

Abstract


Tujuan dari literature review ini adalah untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi keterampilan gerak lokomotor pada siswa sekolah dasar melalui penerapan permainan tradisional. Metode yang digunakan berdasarkan data sekunder dari artikel nasional dan internasional yang diterbitkan selama 5 tahun terakhir (2019-2023) dengan metode PICO/PECO. Artikel-artikel tersebut menggunakan metode searching  google scholar, eric journl, NCBI journal, dan Wiley Online Library. Artikel nasional terindek sinta 1-4 (S1-S4) dan artikel internasional terindek scopus (Q1-Q4). Subjek literature review ini yakni siswa sekolah dasar atau anak usia 5 sampai 12 tahun dengan banyak responden 18-200 anak. Melalui serangkain proses diperoleh 10 artikel nasional dan 5 artikel internasional. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil bahwa permainan tradisional dengan bantuan alat ataupan tidak, hal tersebut mampu meningkatkan keterampilan gerak lokomotor siswa sekolah dasar pada siswa normal dan juga inklusi.

Keywords


Permainan Tradisional, Gerak Lokomotor, Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Adnan, M., Shaharudin, S., Rahim, B.H., & Ismail, S.M. 2020. Quantification of Physical Activity of Malaysian Traditional Games for School-Based Intervention among Primary School Children. Journal of Taibah University Medical Sciences, 15(6), 486-494. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1658361220301578

Agustin, R.N., Novianti, R., & Puspitasari, E. 2021. Pengaruh INtensitas Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Motoyik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di TK Se-Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), 31-39. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/1667/1246

Amka. 2019. Filsafat Pendidikan. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Apriliawati, A.T., & Hartoto, S. 2016. Penerapan Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan terhadap Kemampuan Motorik Siswa. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/19559.

Ardini, P.P., & Lestariningrum, A. 2018. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Nganjuk: CV. Adjie Media Nusantara.

Ariwibowo, D.S., Hidaya, T., & Rumini. 2019. The Effectiveness of Indonesian Traditional Games and Agility on Student’s Gross Motor Skills in Elementary School Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/31273

Ariyanto, Triansyah, A., & Gustian, U. 2020. Penggunaan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Fundamental Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 78-91. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/30785

Bakhtiar. S. 2015. Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP Press.

Elfiafi. 2018. Dampak Gadget terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. ITQAN, 9(2), 97-110. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/176/147/

Gunarsa, & Singgih. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penenlitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Hasibuan, R., & Jannah, M. 2017. Traditional Game ‘Engklek’ and Young Children's Gross Motor Ability. https://www.researchgate.net/publication/323181477_Traditional_Game_'Engklek'_and_Young_Children's_Gross_Motor_Ability

Hidayatullah, M.R., & Hasbi. 2021. Pengembangan Model Pembelajaran Motorik dengan Modifikasi Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 377-387. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/2486

Horne, H.H. 1932. The Democratic Phylosophy of Education: Companion to Dewey’s democracy and education. New York: The Macmillan Company.

Indrayana, B. 2017. Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Pengembangan Gerak Dasar Siswa SD Negeri 196/1V Kota Baru Kota Jambi. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr/article/view/7837/6613

Irawan Fajar A, dkk. 2021. Locomotor Skills: Traditional games in the Fundamental of Physical Activities. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1-13. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/8215

Ismoko. 2019. Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Perkembangan Motorik Anak. https://www.ejournal.stkippacitan.ac.id/index.php/jemani/article/download/272/253

Jaenudin, M.A. 2019. Pengaruh Pembelajaran Kasti Konvensional dan Modifikasi terhadap Kemampuan Gerak Dasar Siswa Kelas Rendah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 11(2), 21-29. https://www.researchgate.net/publication/340605322_PENGARUH_PEMBELAJARAN_KASTI_KONVENSIONAL_DAN_MODIFIKASI_TERHADAP_KEMAMPUAN_GERAK_DASAR_SISWA_KELAS_RENDAH

Jamie. 2019. Hop.Skip.Jump.Games: The effect of “principled” exergameplay on children’s locomotor skill acquisition. https://bera-journals.onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/bjet.12886

Kamaludin, dkk. 2020. Pengembangan Permainan Pecah Piring Sintren: Pemanfaatan Olahraga Tradisional Pada Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 37-45. https://ejournal.upi.edu/index.php/tegar/article/view/030207

Khadijah, & Armanila. 2017. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Kovacevic, T., & Opic, S. 2014. Contribution of Traditional Games to the Quality of Students’ Relations and Frequency of Students’ Socialization in Primary Education. https://hrcak.srce.hr/117853

Kurniawan, A.W. 2019. Olahraga dan Permainan Tradisional. Malang: Wineka Media.

Kusmiati, A.M., & Sumarno, G. 2018. Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Kemampuan Perseptual Motorik Anak di SDN Margawatu II Garut Kota. https://ejournal.upi.edu/index.php/tegar/article/view/11934/7189

Kusumawati, O. 2017. Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/2221

Maghfiroh, M. 2018. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Surabaya: Pena Salsabila.

Meriyati. 2015. Memahami Karakteristik Anak Didik. Lamung: Fakta Press.

Munarwan. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Yogyakarta: DISPORA.

Niswah, M. 2016. Permainan Halang Rintang terhadap Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak Autis. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/14941

O’Brien, W., Belton, S., & Issartel, J. 2016. Fundamental Movement Skill Proficiency Amongst Adolescent Youth. Physical Education and Sport Pedagogy, 21(6), 557-571. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/17408989.2015.1017451?scroll=top&needAccess=true

Pratiwi, E., & Oktaviani, M.N. 2018. Dasar-dasar Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Lamongan: CV. Pustaka Djati.

Prayoga, A.S., Utomo, A.W.B., & Wahyudi, A.N. 2019. Upaya Meningkatkan Kompetensi Ketrampilan Gerak Dasar Lokomotor Lari Melalui Permainan Sederhana di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Lego Kulon Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2019/2020. Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan & rekreasi (PORKES), 2(2), 77-84.https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/porkes/article/view/1748

Rukmingsih., Adnan, G., & Latief, M.A. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitati, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV. Bumi Maheswari.

Rusmawati, I., & Hartati.S.C.Y. 2016. Penerapan Permainan Tradisional terhadap Gerak Dasar Motorik Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan, Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Siswa Kelas V SDN Margomulyo 1 Bojonegoro.https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/19543

Sahudi, U., Priyono, A., & Saputra, Y.M. 2021. Effects of Ular Tangga Games on the Development of Locomotor Skills in Elementary School. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(4A), 119-124. https://www.researchgate.net/publication/354331067_Effects_of_Ular_Tangga_Games_on_the_Development_of_Locomotor_Skills_in_Elementary_School

Saputra, N.E., & Ekawati, Y.N. 2017. Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak. https://online-journal.unja.ac.id/jpj/article/view/4796/8778

Setiawan, W., & Santoso, D.A. 2019. Tingkat Keterampilan Gerak Dasar dengan Permainan Tradisional Bali. Jurnal Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 8(2), 1-5. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/altius/article/download/8671/4964

Sholikan, K.F.A., & Sudijandoko, A. 2019. Pengaruh Olahraga Tradisional Sunda Manda (Engklek) terhadap Motorik Kasar Gerak Lokomotor Melompat pada Anak Difabel (Tunagrahita Ringan) SLB Siswa Budhi Surabaya. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/28000

Siregar, A.H., & Siregar, F,S. 2021. Model Pembelajaran Gerak Dasar Berbasis Permainan Olahraga Tradisional pada Anak Usia 10-12 Tahun. School Education Journal (SEJ), 11(4), 377-384. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/31212

Siregar, N.M., Sari, E.F.N, Budiningsih, M., & Zulham. 2021. The Basic Learning Model of Traditional Motion Based Games for Early Childhood (5-6) Years. International Journal of Human Movemnet and Sports Sciences, 9(1), 81-88. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/porkes/article/view/1094

Soyomukti, N. 2015. Teori-teori Pendidikan dari Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, hingga Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sukamti, E.R. 2018. Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY Press.

Sutiarti, T., Nasirun, M., & Delrefi. 2020. Aplikasi Gerak Lokomotor Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar pada Kelompok B1. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/8188

Syamsi Ibnu, & Tahar, M.M. 2021. Local Wisdom-Based Character Education for Special Needs Students in Inclusive Elementary Schools. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(6), 3329-3342. https://un-pub.eu/ojs/index.php/cjes/article/view/6567

Syamsi, I., & Tahar. 2021. Local Wisdom-Based Caracter Education for Special Needs in Inclusive Elementary Schools. Cypriot Journal of Educational Sciences. 16(6), 3329-3342. https://un-pub.eu/ojs/index.php/cjes/article/view/6567

Tim Penyusun Kamus Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Wahyono, A.A., Harmono, S., & Junaidi, S. 2021. The Effect of Body Balance and Leg Muscle Strength on the Game of Coconut Shell Stilts and Bamboo Stilts. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 13(3), 389-409. https://ojs.unm.ac.id/competitor/article/view/24767

Wati, I.D.P., & Jaenudin.M.A. 2020. Pengaruh Permainan Kasti terhadap Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/29237

Widiarti, W., Yetti, E., & Siregar, N. 2021. Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor ANak Melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1787-1798. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1005

Wiradihardja., & Syarifudin. 2017. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan kesehatan. Jakarta: Kemendikbud.

Yulita, R. 2017. Permainan Tradisional Anak Nusantara. Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Elfiadi. 2018. Dampak Gadget terhadap Perkembangan Anak Usia DIni. ITQAN. 9(2), 97-110. http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/176




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v7i1p56-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats