PROBLEMATIKA PROSES PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS RENDAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Alvia Amalani

Abstract


Dalam melaksanakan proses pembelejaran. tidak jarang terdapat permasalahan yang muncul dari berbagai pihak, baik pendidk maupun peserta didik. Permasalahan yang dihadapi oleh pendidik dalam mengajarkan mata pelajaran penjas kepada peserta didik kelas rendah terkait dengan karakteristik yang dimiliki oleh siswa. Siswa yang kemampuan berfikirnya masih terbilang rendah serta masih belum bisa menerima perintah yang diberikan menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam mengajarkan penjas. Selain itu, pendidik yang tidak memiliki kemampuan dasar dalam mengajarkan materi pada mata pelajaran penjas ini juga menjadi salah satu permasalahan yang sering dijumpai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang idhadapi dalam pengajaran mata pelajaran penjas pada siswa kelas rendah di jenjang sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian library research atau studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Yang mana pengambilan data melalui penelusuran jurnal maupun sumber referensi lain yang berkaitan dengan Problematika Proses Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas Rendah di Madrasah Ibtidaiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya permaslahan yang muncul dari pihan tenaga pendidik adalah kurangnya kemampuan untuk mengembangkan media serta penggunaan strategi pembelajaran, adapun permasalahan dari pihak lembaga pendidikan adalah tidak adanya sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar penjas.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v7i1p27-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats