IDENTIFIKASI KEBUTUHAN STAKEHOLDER TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS LULUSAN DEPARTEMEN PJKR FIK UM DI ERA INDUSTRI 5.0
Abstract
Tujuan untuk mengetahui kebutuhan stakeholder dan lulusan kopetensi dari Departemen Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Hasil evaluasi kualitas lulusan Departemen Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang (FIK UM) melibatkan 137 stakeholder, termasuk mahasiswa alumni dan kepala sekolah yang merupakan pemangku kepentingan dalam mengevaluasi lulusan. Evaluasi ini memperlihatkan mayoritas stakeholder merasa puas terhadap pengetahuan, keterampilan, dan sikap lulusan. Meskipun sebagian besar memberikan penilaian positif, sekitar 9% dari stakeholder menyatakan ketidakpuasan terhadap aspek pengetahuan dan sikap, sementara sekitar 7% merasa kurang puas dengan keterampilan lulusan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, S. (2015). Perkembangan peserta didik dan bimbingan belajar. Deepublish.
Akbar, & Sriwiyana. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Cipta Media.
Bucher, C., & Krotee, M. (2002). Management of Physical Education and Sport. McGraw-Hill.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gaya Media.
Ega, T. R. (2013). Strategi Pembelajaran pendidikan jasmani. Alfabeta.
Hikmah, M. P. (2022). Teknologi Informasi Komunikasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Nas Media Pustaka.
Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34–40.
Kurniawan, A., & Tangkudung. (2017). Development of Interactive Multimedia based Gymnastics Floor Techniques Learning Model for Junior High School Students. Journal of Indonesian Physical Education and Sport, 3(1), 1–16.
Marzano, R. J., & Pickering, D. J. (1997). Dimensions of learning. Teacher’s manual, 2nd Edition. Aurora, Colorado: McREL (Mid-continent Regional Educational Laboratory).
Mosston, M., & Ashworth, S. (1994). Teaching physical education (4th ed.). Ed. Macmillan: College Publishing Company.
Muhtar, T., & Lengkana, A. S. (2021). Kesehatan Dalam Pendidikan Jasmani. CV Salam Insan Mulia.
Paturusi, A. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. PT. Rineka Cipta.
Permanasari, R., & Sudarwanto, P. B. (2022). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Dan Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi. Scientia Sacra: Jurnal Sains, Teknologi dan Masyarakat, 2(2), 217–222.
Rosdiani, D. (2015). Kurikulum Pendidikan Jasmani. Alfabeta.
Sanjaya, B., & Lubis, M. A. (2013). Penilaian Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Berdasarkan Stake’s Countenance Model Bagi Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah GUPPI, Kota Jambi 2012/2013/Evaluation on the Implementation of KTSP Curriculum Based on Stake’s Countenance Model in Arabic Subject in the Madrasah Aliyah GUPPI Kota Jambi 2012/2013. International Journal of Islamic Thought, 4, 14.
Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1).
Sumaryoto & Nopembri, S. (2017). Pendidikan Jasmani, Olaharaga, dan Kesehatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Winarno. (2006). Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Universitas Negeri Malang.
Winarno, M. E. (2013). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Universitas Negeri Malang (UM PRESS).
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v7i1p18-26
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats