PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI BOLABASKET DENGAN I SPRING SUITE PADA SMP KELAS VII

Widya Nur Afifa, Mu'arifin Mu'arifin, Sapto Adi

Abstract


Model pembelajaran dan bahan ajar yang sesuai tentunya dapat mewujudkan capaian kegiatan pembelajaran. model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan kurikulum merdeka adalah problem-based learning yang dikemas dalam produk ajar dengan bahan ajar pendukung pembelajaran menggunakan Ispring Suite materi bola basket. Hasil pengembangan modul pembelajaran problem-based learning materi bolabasket untuk SMP kelas VII ini mendatakan hasil hasil rata-rata dari ahli pembelajaran sebesar 96,67%, ahli validasi PJOK sebesar 91,25%, ahli materi bolabasket sebesar 91,67%, ahli media sebesar 81,25%. Dan hasil rerata keseluruhan dari para ahli memperoleh hasil sebesar 90,21% yang diartikan produk ini dinyatakan sangat valid. Pengembangan modul pembelajaran problem-based learning materi bolabasket untuk SMP kelas VII di uji cobakan pada guru dan peserta didik kelas VII, untuk uji coba kelompok kecil diperoleh skor dari guru sebesar 82,25% dan dari peserta didik sebanyak 79,78%. Adapun dan uji coba pada kelompok besar didapatkan skor persentase sebesar 81,25% yang didapat dari guru PJOK dan sebanyak 80,12% dengan kategori sangat layak. Sehingga media sangat layak digunakan dalam membantu memudahkan guru dan peserta didik pada pembelajar mata pelajaran PJOK terutama pada materi bolabasket.

Keywords


Model Problem Based Learning, Modul Pembelajaran, Ispring Suite, Materi Bolabasket.

Full Text:

PDF

References


Centhini & Russel. Buku Pintar Sepakbola. Jakarta: Penerbit Inovasi

Gifford, C. 2007. Keterampilan Sepak Bola. Yogyakarta: PT Citra Aji Kusuma.

Ganesha, 2010. Kutak-Katik Latihan Sepakbola Usia Muda. Jakarta: PT Visi Gala 2000.

Halim, 2013. Minat Siswi SMA Dr. Soetomo Surabaya Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal. Jurnal Penelitian, hlm. 5.

Hamalik, O. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hermawan, dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:

Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional..

Haryoko, S. 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi@Elektro (Vol. 5, No 1, Maret 2009, hlm. 1 – 10)

Luxbacher, J.A.. 2008. Sepakbola: Langkah-langkah Menuju Sukses. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Luxbacher, J. A. 2004. Sepak Bola Jakarta: PT. Grafindo.

Mielke, D. 2007. Dasar-dasar Sepakbola. Bandung: Pakar Raya.

Muhajir. 2014. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.Malang: Penerbit Erlangga.

Muhtar, 2011. Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Dalam peningkatan Gerak Dasar (Motor Ability) Siswa Sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Olahraga, hlm. 56.

Mu’arifin. 2009. Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang; IKIP Malang.

Ma’mun & Saputra. 2000. Perkembangan Gerak Dan Belajar Gerak. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Patimah, 2011. Pendidikan Karakter Melalui Program Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Karakter, hlm. 1.

Purwoko & Indriarsa. 2015. Pengaruh Penerapan Model Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar Passing Sepak Bola SDN Kepanjen 2 Jombang. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (Volume 03 Nomor 02 Tahun 2015, 473 – 478)

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Balai Pustaka.

Rianto, 2006. Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Malang: PPPG IPS dan PMP Malang.

Riyadi. 2011. Pemrosesan Informasi Dalam Belajar Gerak. Jurnal ilmiah SPIRIT, ISSN; 1411- 8319 (Vol. 11 No. 2 Tahun 2011).

Suparno, dkk. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sudjana, N. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sutristomo & Sudarso. 2015. Penerapan Modifikasi Bola Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Sepakbola Pada Siswa Kelas V SDN Manukan Wetan II-555. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (Volume 02 Nomer 03 Tahun 2014, 156 – 574).

Subardi & Setyawan, 2007. SepakBola . Klaten: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Sugiyanto & Sudjarwo, 1991. Belajar Gerak. Jakarta:Penerbit Universitas Terbuka, Depdikbud.

Supriadie, D & Darmawan, D. 2012. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Subagyo I. 1995. Penyusunan Tes Keterampilan Bermain Sepakbola bagi Siswa Sekolah Sepakbola Puspor IKIP Yogyakarta. Yogyakarta: FPOK IKIP.

Sudarsini, 2013. Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Perputakaan Um.

Scheunemann, 2005. Dasar-Dasar Sepak Bola Modern Malang: Penerbit Dioma.

Wardana & Sudarso. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Passing Pada Permainan Sepakbola Melalui Metode Pembelajaran Langsung Siswa Kelas V Sdn Tulangan Ii Sidoarjo. Journal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (Volume 03 Nomor 01 Tahun 2015, 147 – 153).

Witiyasari & Muhammad. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Passing Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Di Kelas IV B SDIT Insan Kamil Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (Volume 02 Nomor 02 Tahun 2014, 236 – 242).

Yunus, M. 2013. Dasar-Dasar Permainan Sepakbola. Malang: Um Press




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v7i1p8-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats