PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN SISWA PADA MATERI BOLA VOLI PASSING BAWAH MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM

Muhammad Revin Amrizal Naufaldi, Rama Kurniawan, Arief Darmawan

Abstract


Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan suatu prosedur yang dimuat dalam buku panduan siswa PJOK pada materi passing bawah voli menggunakan model flipped classroom untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Pakis yang diperoleh melalui serangkaian tahapan yang tersusun. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yang dikenalkan oleh  Brancah dengan terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan. Implementasi dan evaluasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data berupa kuesioner. Subjek penelitian berjumlah 44 siswa dan 1 guru PJOK di SMPN 1 Pakis. Produk berupa buku panduan siswa telah melalui tahap uji validasi oleh ahli pembelajaran, ahli media dan ahli materi. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh hasil 88% dan uji coba kelompok besar memperoleh hasil 87%. Setelah melalui serangkaian tahapan yang dilakukan untuk menyusun buku panduan siswa ini dapat disimpulkan bahwa buku panduan siswa ini layak digunakan oleh guru PJOK di SMPN 1 Pakis. Diharapkan melalui buku panduan siswa ini dapat memberikan proses pembelajaran yang baru bagi siswa sehingga dapat membantu mencapai tujuaj pembelajaran


Keywords


Flipped Classroom; Buku Panduan Siswa; Bola Voli

Full Text:

PDF

References


Agustiningrum, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dan Course Review Horay Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas Xi Ips 2 Man Kota Batu. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 126–139. https://doi.org/10.17977/um014v10i22017p126

Akbar, S dan Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Cipta Media.

Alruwaih, M. (2015). Effect of Blended Learning on Student’S Satisfaction for Students of the Public Authority for Applied Education and Training in Kuwait. Science, Movement and Health, 15(2), 442–448. https://www.analefefs.ro/anale-fefs/2015/i2s/pe-autori/v2/33.pdf

Amalia, A., & Doyin, M. (2015). Pengembangan buku panduan menyusun teks cerpen dengan menggunakan teknik urai unsur intrinsik bagi siswa kelas VII sekolah menengah pertama (SMP). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2).

Amirzan, A. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa SD Kelas V. Journal Physical Education, Health and Recreation, 2(1), 85. https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i1.7843

Arief, M. G., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2021). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 3(2), 40–53. https://doi.org/10.17977/um062v3i22021p40-53

Arnawa, I. N., & Setiawan, I. M. D. (2021). Pengaruh Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Tingkat Computer Self-Efficacy. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 34–42. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.29737

Astuti, N. D., & Nugrahanta, G. A. (2021). Pengembangan Buku Pedoman Permainan Tradisional Untuk Menumbuhkan Karakter Kebaikan Hati Anak Usia 9-12 Tahun. 04(2), 141–155.

Baidhori, A. (2017). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Blended Learning. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 1(1), 242–250.

Borg & Gall. (2007). Borg-and-Gall-Educational-Research-Research-andDevelopment.Pdf.

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Cacik, S., Pratama, F. Y., & Agustin, I. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid-19. JPB-Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 11–17.

Cholifah, T. N., & Muslihasari, A. (2022). Pengembangan Digital Flipbook berbasis Dolanan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD di Desa Palaan pada Era Covid-19. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 149–158. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6843

Fauziah, A., Husniah, H., & Fahrudin, A. (2021). Pengembangan Buku Petunjuk Kinerja Siswa Ma/ Sma Kelas Xi Berbasis Phet Interactive Simulation Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Fisika Pada Materi Fluida Dinamis. 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31540/sjpif.v3i2. 1319

Ferriz-Valero, A., Østerlie, O., García-Martínez, S., & Baena-Morales, S. (2022). Flipped Classroom: A Good Way for Lower Secondary Physical Education Students to Learn Volleyball. Education Sciences, 12. https://eric.ed.gov/?id=EJ1324900

Firmansyah, A. M., & Rukmana, A. (2017). Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Pendidikan Jasmani Terhadap Pembentukan Konsep Diri Siswa. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar, 8(1), 7–14. http://ejournal.upi.edu/index.php/Mimbardiksar/article/view/7885/5004

Gosálbez-Carpena, P. A., García-Martínez, S., García-Jaén, M., Østerlie, O., & Ferriz-Valero, A. (2022). Methodological Application Flipped Classroom in the Non-University Students of Physical Education: a Systematic Review. Journal of Sport and Health Research, 14(2), 171–186.

Gustiawati, R., Fahrudin, & Syafei, M. M. (2014). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 33–40. https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.55

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Humairo, D., Nursalim, M., Pratiwi, T. I., & Nuryono, W. (2013). Pengembangan Buku Panduan Studi Lanjut untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal BK Unesa, 3(1), 248–255.

Iffah, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis E-Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pjok Kls Xi Sman 1 Kertosono. Prosiding Seminar & Conference Nasional Keolahragaan, 1(1).

Jamaluddin, S. (2020). Implementasi Pemanfaatan Aplikasi QR Code dalam Proses Pembelajaran PPKn. Jurnal Kreatif Online, 8(3), 195–201.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.

Jiao, C., Qian, K., & Zhu, D. (2021). Application of Flipped Lassroom Teaching Method Based on VR Technology in Physical Education and Health Care Teaching. IEEE Access, XX, 1–9. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3019317

Jia, C., Hew, K. F., Bai, S., & Huang, W. (2022). Adaptation of a Conventional Flipped Course to an Online Flipped Format during the COVID-19 Pandemic: Student Learning Performance and Engagement. Journal of Research on Technology in Education, 54(2), 281–301. https://doi.org/10.1080/15391523.2020.1847220

Kurniawan, R, Kurniawan, A. W., Heynoek, F. P., & ... (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Melalui Pelatihan Flipped Classroom Bagi Guru Penjas. Jurnal …, 5(3), 162–166. http://journal2.um.ac.id/index.php/jki/article/view/27213

Li, J., Zhang, X., & Hu, Z. (2018). The design and application of flip classroom teaching based on computer technology. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(10), 95–107. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i10.9453

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Educational Technologia, 1(2).

Marita, M., Prihatin, I., & Oktaviana, D. (2022). Penerapan Blended Learning Menggunakan Metode Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom terhadap Kemampuam Pemecahan Masalah Matematis. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 73–83.

Maulida, N. R. A. (2018). P Engembangan B Uku P Etunjuk P Raktikum Ipa B Erbasis M Odel P Embelajaran Poe ( P Redict O Bserve E Xplain ) Pada M Ateri U Saha Dan E Nergi. 3(1), 14–19.

McCredden, J., Reidsema, C., & Kavanagh, L. (2017). Designing an Active Learning Environment Architecture Within a Flipped Classroom for Developing First Year Student Engineers. In The Flipped Classroom. https://doi.org/10.1007/978-981-10-3413-8_7

Mischenko, N., Kolokoltsev, M., Romanova, E., Dychko, V., Dychko, Y., Dychko, D., Shaida, N., Yakovenko, V., & Kokhan, S. (2020). Using «flipped classroom» pedagogical technology in school physical education. Journal of Physical Education and Sport, 20(6), 3504–3511. https://doi.org/10.7752/jpes.2020.06473

Mukhlis, N. A., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2022). Pengembangan Media Kebugaran Jasmani Unsur Kekuatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(11), 566–581. https://doi.org/10.17977/um062v2i112020p566-581

Nasution, S. D., & Harahap, M. S. (2019). Efetivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuanpenalaran Matematis Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(3), 96–102.

Nurkhasanah, S. (2021). Implementasi model pembelajaran flipped classroom dalam pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan partisipasi belajar ipa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 256–263.

Philipose, C., & Rajagopal, S. (2019). Google Classroom as a Learning Management System (LMS) For Teaching English. Fortell, 1(38), 81–90. https://www.fortell.org/content/google-classroom-learning-management-system-lms-teaching-english

Rodriquez, E. I. S., Dwiyogo, W. D., & Supriyadi, S. (2020). Blended Learning Matakuliah Sepakbola untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 206–213.

Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173–179.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wardani, K. R. nova, & Jamalludin, R. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 6(1), 41–56. https://doi.org/10.32767/jusim.v6i1.1229

Wei, W., Wei, J., & Fang, W. (2021). Application analysis of flipped classroom based on wechat public platform in basketball physical education teaching. Journal of Physics: Conference Series, 1744(4), 042228.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v7i2p95-115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats