KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI SMA KECAMATAN KOTA SUMENEP
Abstract
Tujuan dari peneliian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru pendidikan kesehatan serta jasmani olahraga ketika pembelajaran selama pandemi Covid-19 di sekolah menengah atas Kecamatan Kota Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif mix methode yaitu kuantitatif dan kualitatif pada subjek 10 guru PJOK SMA Kecamatan Kota Sumenep. Pengkajian ini memakai penghimpunan data angket, wawancara semi struktu serta studi dokumentasi. Hasil dari analisa data yang diperoleh bahwa kemampuan merencanakan program pembelajaran sebesar 30% atau memiliki kriteria tinggi, kemampuan menguasai bahan ajar memproleh 40% atau memiliki kriteria tinggi, melaksanakan dan mengelola proses pembelajaran memperoleh 50% atau memiliki kriteria tinggi, sedangkan kemampuan evaluasi proses kemajuan pembelajaran memperoleh 50% atau memiliki kriteria rendah. Dari kesimpulan tersebut kinerja guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam pembelajaran di masa pandemi SMA Kecamatan Kota Sumenep termasuk kategori tinggi atau baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alqahtani, A. Y., & Rjkhan, A. A. (2020). E-learning Critical Success Factors During the Covid-19 Pandemic: A Comprehensive Analysis of E-Learning Managerial Perspectives, Educational Sciences (10)216, 1-16.
Amran, Suherman, W. S., & Asmudin. (2021). Physical Education Online Learning During the Covid-19 Pandemic: Effectiveness, Motivation, and Learning Outcomes, International Journal of Social Sciences World, 391), 123-137.
Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan. Jakarta. Prenadamedia Group.
Anita, Suci & Damrah. (2020). Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Masa New Normal Covid 19. Jurnal Kesehatan Medika Sintika. 11 (2), 190-204.
Centeio, E., Erwin, H., Mercier, K., et all. (2021). The Success and Struggles of Physical Education Teachers While Teaching Online During the Covid-19 Pandemic. Journal of Teaching In Physical Education, 4(4), 667-673.
Cahyono, T.T., Resita Cita.,Hidayat, A.S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot, 3 (3).
Damrah, Pitnawati, Rozi, F., Erianti, & Astuti5, Y. (2016). Kinerja Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Dilihat Dari Kompetensi Pedagogi, Kepribadian, Sosial Dan Profesional. Manajer Pendidikan, 10(5), 507–511.
Darmawan, D. (2014). Metode penelitian kuantitatif. PT Remaja Rosdakarya
Dewi, R. P., & Sepriadi. (2021). Minat Siswa SMP Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Masa New Normal Junior High School Students Interest in Online Physical Education Learning During the New Normal Period. Physical Physical Activity Journal, 2(2), 205–2015.
Dofour, F., Dube, F., & Granger, N. (2015). Assesment of Coating Quality in Cathodic Protection and Coating System. Journal of Education Research, 3(6), 07-712.
Eyles, A., Gibbons, S., & Montebruno, P. (2020). Covid-19 School Shutdowns: What Will They do To Our Children's Educational London School Of Economics and Political Science, London, UK.
Fitriani, C., Murniati, A. R., & Usman, N. (2017). Kompetensi Profesional Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts. Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(2), 88-95.
Forestry, S., Kristiyanto, A., & Legowo, E. (2019). Adaptive Physical Education for Children with Special Needs at Lazuardi Kamila Elementary School. Journal of ICSAR, 3(2), 35-37.
Fredricks, J. A., Filsecker, M., & Lawson M.A. (2016). Student Engagement Context, and Adjustment: Addressin Definitional, Measurement, and Metodological Issues. Learning and Instructional Journal, 43, 1-4.
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Profesi Guru Indonesia, 1(1), 28-42.
Gon, S., & Rawekar, A. (2017). Effectivity of E-Learning through Whatsapp as a Teaching Learning Tool, MVP Jounal Med and Sci, 4(1). https://doi.org/10.18311/mvpjms.v4i1.8454
Gumantan, A., Nugroho, R. A., & Yuliandra, R. (2021). Learning During the Covid-19 Pandemic: Analysis of E-Learning on Sports Education Students, Journal of Sport Area, 6(1), 51-58.
Gunawan, Ibrahmi, & Almukarramah. (2018). Kompetensi Kinerja Guru Menurut Kurikulum Karakter (K-13). Jakarta. CV. Sefa Bumi Persada.
Hambali, S., Akbaruddin, A., Bustomi, D., et all. (2021). The Effectiveness Learning of Physical Education on Pandemic Covid-19, Journa of Human Movement and Sports Sciences, 9(2) 2019-223.
Hamzah, Muarifin, Kurniawan, R., et al. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Materi Gerak Lokomotor Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sport Science amd Health, 2(8), 384-394.
Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. AoEJ: Academy of Education Journal, 12, 254–261.
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan. LPPPI.
Hudah, M., Widiyatmoko, F. A., Pradipta, G. D., & Osa Maliki. (2020). Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Masa Pandemi Covid-19 di Tinjau Dari Penggunaan Media Aplikasi Pembelajaran Dan Usia Guru. 3(2), 93–102.
Jeong, H. C., & So, W. Y. (2020). Difficulties of online physical education classes in middle and high school and an efficient operation plan to address them. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(19), 1–13.
Juhji. (2016). Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan. Studia Didaktika, 10(1), 52-62.
Kudsiah, Musabihatul., Dkk. 2022. Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Daring Berbasis TPACK Di Masa Pandemi Covid 19 Di Gugus 3 Tebaban. Abdi Populika, 3 (1), 10-15
Kurniawan, A. W., Surya, K. K. H., & Kurniawan, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani Unsur Kelentukan Berbasis Multimedia Interaktif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Patriot, 4(1), 25-35).
Kurniawan, R., Kurniawan, A. R., Heynoek, F. P., Dkk. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Melalui Pelatihan Flipped Classroom Bagi Guru Penjas. Jurnal Karinov, 5(3), 162-166.
Kurniawan, R., Kurniawan, A. W., Heynoek, F. P., & Nugroho, C. N. (2023). Penguatan Kompetensi Guru Olahraga SLB Autis melalui Penggunaan Buku Guru. Jurnal Karinov, 6(2), 89-93.
Kristiyandaru, A., Dkk. (2021). Learning to Dare to be PJOK During The Covid-19 Pandemic: A Case Study at a High School in Surabaya. Journal Of Sport Sciene and Education, 6 (2), 115-124.
Magdalena, Ina., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2), 244-257.
Magdalena, Ina., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3 (3) 428-436.
Mu’arifin, Kurniawan, R., Heynoek. F. P., et al. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Pendidikan Jasmani dalam Merancang Permainan dan Olahraga dalam Situasi Wabah Corona (Covid-19). Promotif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-12.
Mukhlis, N. A., Kurniawan, A. W., Kurniawan R. (2020). Pengembangan Media Kebugaran Jasmani Unsur Kekuatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(11), 566-581.
Muhyidin, Ahmad., Dkk. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Berbasis Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid. Jurnal Penjakora, 9 (2).
Rahman, Z., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020) Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 2(1) 78-92.
Ramadhani, D., Mahardika, I.M.S., & Indahwati, N. (2021). Evaluasi Pembelajaran PJOK Berbasis Daring Terhadap Tingkat Pemahaman dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV-VI SD Negeri Betro, Sedati Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7 (1), 328-338.
Paiman, (2019). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. PT Gramedia Widiasarana
Pambudi, M., Dkk. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan pengembangan, 4(1), 110-116.
Pianda, D. (2018). Kinerja Guru, Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah. CV. Jejak.
Pramantik, I., & Burhaein, E. (2019). A Floor Time Approach to Improve Learning Outcomes of the Body Roll to the Side in Adaptive Physical Education Learning: Classrom Action Research Study on Two Celebral Palsy Students. International Journal of Disabilities Sports & Health Sciences, 2(2), 45-53.
Pratiwi, & Endang. (2018). Dasar- Dasar Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. CV. Pustaka Djati.
Saifuddin, H., Priadana, B. W., & Ramadhan, N. (2021). Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan di Bojonegoro Competency of Health Sports Physical Education Teachers in Bojonegoro. Physical Activity Journal (PAJU), 3, 65–76.
Samsuddin. (2014). Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Prenada Media Group.
Saputra, I.H., Rustiana, E. R., & Rumini. (2019). Performance Analysis of Physical Education Teachers related to the Certification and Supervision Program in Tengarong Seberang District. Journal of Physical Education and Sports, 8(2), 176181.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Alfabeta.
Suprihatiningrum, J. (2014). Guru Profeional, pedoman kinerja, kualifikasi, & kompetensi guru. Yogyakarta. AR-Ruzz Media
Sunarsi, D. (2020). Panduan Meningkatkan Kinerja dan Kepuasan Guru. Kota Serang. Desenta Muliavisitama.
Sudijono, A. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Tiessen, R. (2018). Improving Student Refrlection in Experiential Learning Reports in Post-Secondary Instituions, Journal of Education anda Learning, 7(3), 1-10.
Triwahyunityas, Dyah & Sulistyowati, Prihatin. (2021). Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Di Masa Pandemi covid-19 Bagi Peserta PPG DalJab Bidang Studi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 01 (2), 291-298.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. (2005).
Undang-undang SISDIKNAS No. 20 tahun 2003. (n.d.). 1–7.
Wagner, D., Baabson, A., & Murrray, K. (2011). Evaluation, Assesment, and Testing. Current Issues Comparative Education, 14(1).
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65.
Wahyudhi, A.S.B.S.E., Ismail, Muh & Iskandar, Hendra. 2021. Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Selama Pandemi: Keuntungan, Kendala dan Solusi. Journal Of Physical Education, Sport and Recreation. 5 (2),166-173.
Widagdo, S., Maulyda, M. A., & R., E. K. (2020). Penilaian Kinerja, Budaya Kerja & Kepemimpinan Optimalisasi Peningkatan Kinerja Guru. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Winarni, S., & Lismadiana, L. (2020). Kompetensi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan ditinjau dari usia dan jenis sekolah. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 101–114.
Yuniar, K., Soegiyanto., & Rustiana. E. R., (2016). Konsep Diri, Motivasi Kerja, dan Kinerja Guru Penjasorkes Non PNS Non Sertifikasi. Journal of Physical Education and Sports, 5(2), 103-110.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v7i2p176-195
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats