PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SPORT EDUCATION MODEL BERBASIS KETERAMPILAN SOSIAL KELAS XI PADA MATERI PERMAINAN BULUTANGKIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61
Borg, Walter. R., and G. M. D. (1983). Educational Research an Introduction. New York and London: Longman Inc.
Cuevas, R., García-López, L. M., & Serra-Olivares, J. (2016). Sport education model and self-determination theory: An intervention in secondary school children. Kinesiology, 48(1), 30–38. https://doi.org/10.26582/k.48.1.15
Evangelio, C., Sierra-Díaz, J., González-Víllora, S., & Fernández-Río, J. (2018). The sport education model in elementary and secondary education: A systematic review. Movimento, 24(3), 931–946. https://doi.org/10.22456/1982-8918.81689
Ginanjar, A. (2018). Pengaruh sport education model bulu tangkis terhadap orientasi olahraga siswa smp. Biormatika Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 4(2), 280–287. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/379
Gutiérrez, D. (2020). Evaluation of a program to expand use of sport education model : T eachers ’ perception and experience. 15(October 2019), 23–25. https://doi.org/10.14198/jhse.2020.15.Proc2.26
Heynoek, Febrita P., Mu’arifin, Widijoto, H., Winarno, Amiq, F., & Hidayat, E. (2010). Pendidikan Jasmani & Kesehatan Panduan Bagi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG). Malang: LP3 UM.
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Junaedi, A. (2016). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.
Kao, C.-C., & Luo, Y.-J. (2019). The influence of low-performing students’ motivation on selecting courses from the perspective of the sport education model. Physical Education of Students, 23(6), 269–278. https://doi.org/10.15561/20755279.2019.0601
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016. (June), 1–15.
Konukman, F., Schneider, R. C., & Marriott, S. T. (2010). Applying the Sport Education Model to Basketball. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 81(2), 15–17. https://doi.org/10.1080/07303084.2010.10598427
Kurniawan, R. (2015). Pengaruh Sport Education Melalui Permainan Net Games Terhadap Kerjasama dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Atas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Kurniawan, R., & Suherman, A. (2015). Penerapan SEM (Sport Education Model) dalam Konteks Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 367–378.
Lestari, I. (2013). Pengembangan BahanAjar Berbasis Kompetensi (Sesuaidengan Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan). Padang: Akademia Permata.
Liu, L., Luo, X., & Wang, Y. (2021). Student self-efficacy on personal and social responsibility within a sport education model. Revista de Cercetare Si Interventie Sociala, 72, 236–247. https://doi.org/10.33788/rcis.72.15
Metzler, M. W. (2000). Instructional models for physical education. Boston: Allyn and Bacon.
Paturusi, A. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.
Perlman, D., & Perlman, D. (2010). Change in affect and needs satisfaction for amotivated students within the sport education model Change in Affect and Needs Satisfaction for Amotivated Students within the Sport Education Model. 433–445.
Permendikbud. (2018). Permendikbud 37 tahun 2018 Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta, 40–41.
Permendikbud No 4. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Co Ro Naviru S D/Sease (Covid- 1 9). 300.
Prasetyo, Z. K. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas Serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik Smp. In Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahayu, D., Ichas, S., & Sutini, A. (2016). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2).
Sadjati, I. M. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Pendidikam, 3(1), 1–62. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sapti, M. (2019). Implementasi Sport Education Model Dalam Peningkatan Aktivitas Fisik Siswa SMP. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689–1699.
Siedentop, D., Hastie, P., & Van der Mars, H. (2011). Complete Guide to Sport Education. Champaign: Human Kinetics.
Sujarweni, V. W. (2015). SPSS untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sungkono, S. (2009). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1).
Utama, A. B. (2011). Pelatihan Penyusunan Model Sport Education Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah. Inotek, 15(1), 1–18.
Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v8i1p99-113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Friska Mahesti Cahyani Ika Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats