E-MODULE INTERAKTIF BEBASIS VAK (VISUALIZATION, AUDITORY KINESTETIC) CONTENT MATAKULIAH SPORTMASSAGE

Zihan Novita, Ari Wibowo Kurniawan, Arief Darmawan, Lalu Moh Yudha Isnaini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis VAK (Visualisasi, Auditori, Kinestetik) untuk mata kuliah Sportmassage. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). E-modul ini dirancang untuk membantu mahasiswa memahami konsep dan teknik dasar Sportmassage melalui pendekatan yang lebih interaktif dan sesuai dengan gaya belajar individual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul ini efektif meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa, yang ditunjukkan melalui peningkatan hasil belajar dan kepuasan pengguna. E-modul berbasis VAK ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang inovatif, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dalam mendalami materi Sportmassage.

Keywords


E-Module Interaktif, VAK, Sportmassage

Full Text:

PDF

References


Apriza, T. A., Samsudin, Setiakarnawijaya, Y., & Yuliana, E. (2024). Pengaruh Kombinasi Sport Massage dan Deep Tissue Massage Terhadap Ketegangan Otot Ekstremitas Bawah Pada Atlet KOP Karate UNJ. Jurnal Segar, 12(2), 73–79. https://doi.org/10.21009/segar/1202.01

Bria, M. A. Y., & I Ketut Gading. (2023). VAK-Based E-Module for Grade IV Elementary School Students. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(3), 454–460. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i3.64922

Die, Z. D., & Sukumaran, S. (2024). Enhancing Tennis Performance through Visual Training: The Efficacy of Dynamic Vision Exercises. Annals of Applied Sport Science, 12(S1), 1–12. https://doi.org/10.61186/aassjournal.1279

Hujjatul Islam, R. W., Lutfi Amri, M. F. L., & Ilham, M. (2024). Integration of the Direct Instruction Teaching Model in Improving the Sport Massage Abilities of Physical Education Students. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 12(3), 247–253.

Ilmi, M. A. (2018). Pengaruh Manipulasi Sport Massage Terhadap Intensitas Nyeri Setelah Aktivitas Eksentrik. Jurnal Biosains Pascasarjana, 20(2), 66. https://doi.org/10.20473/jbp.v20i2.2018.66-71

Kusumawati, E., Subiyantoro, S., & Rukayah. (2017). the Use of Visualization, Auditory, Kinesthetic (Vak) Model-Based Multimedia for Story Listening Skill on Fifth Graders of Elementary School. Edutech, 17(3), 351–365.

Mawartiningsih, L. (2016). Model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestethic) untuk meningkatkan prestasi belajar mata kuliah telaah kurikulum mahasiswa pendidikan Biologi 2012. Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi FKIP UNS, XIII(1), 441–444. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5770/5134

Mertayasa, I. N. E. (2019). E-Modul Interaktif Berorientasi VAK Content Mata Pelajaran Komunikasi Data. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(3), 208–217.

Muttaqien, I., Arimbi, & Wahyudin. (2020). Pengaruh Sport Massage Terhadap Penurunan DOMS ( Delayed Onset Muscle Soreness ) Bahu Pada Olahraga Bulutangkis Atlet BKMF Bulutangkis BEM FIK UNM. 14.

Nurmaya, I., Roepajadi, J., Susanto, I. H., Nugraha, T. A., & Fikri, M. D. (2023). Effect of Sports Massage Manipulation on Pain Intensity After Eccentric Exercise. Phedheral, 20(1), 6. https://doi.org/10.20961/phduns.v20i2.73359

Rahmadani, A. A., & Medan, U. N. (2024). PenThe Influence of the Visuzlization , Auditory , Kinesthetic ( VAK ) Learning Model Assisted by Song Clip Video Media on the Ability to Write Poetry of Class X Students of SMA Negeri 7 Medan in the 2023 / 2024 Academic Year Pengaruh Model Pembelajaran V. 3(2), 249–260.

Romadhona, N. F., Sari, G. M., & Utomo, D. N. (2019). Comparison of sport massage and combination of cold water immersion with sport massage on decrease of blood lactic acid level. Journal of Physics: Conference Series, 1146(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1146/1/012012

Suriaman, S., Nurgiansah, T. H. . H. S., Rachman, F., & Hendri, H. (2024). Media Pembelajaran dengan Pandang: Efektivitas Media Pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinestethic) pada Mata Pelajaran PPKn. AURELIA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 1773–1779.

Syamsinar, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X Di Smk Negeri 6 Jeneponto. Universitas Negeri Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v8i2p128-136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zihan Novita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats