OPTIMALISASI KEBUGARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Raditya Pratama, Angga Indra Kusuma

Abstract


Pendidikan jasmani memiliki peran penting dalam membentuk kebugaran fisik dan meningkatkan hasil belajar. Meningkatnya tantangan menghadapi pandemi dan perubahan dalam metode pembelajaran. Metode yang semakin populer dalam pendidikan adalah gamifikasi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen untuk menganalisis adanya pengaruh gamifikasi pada pembelajaran pendidikan jasmani terhadap kebugaran fisik dan hasil belajar. Hasil penelitian terlihat ada perbedaan signifikan pada kebugaran siswa, antara kelompok eksperimen menggunakan gamifikasi dan kelompok kontrol menggunakan konvensional. Rerata nilai VO2 Max pada kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan signifikan, sementara untuk kelompok kontrol mengalami peningkatan yang lebih kecil. Pada awal pengukuran, rata-rata VO2 Max pada kelompok eksperimen adalah 35,5 ml/kg/menit, sedangkan kelompok kontrol memiliki rata-rata 34,0 ml/kg/menit. Kelompok eksperimen yang diberikan metode pembelajaran dengan gamifikasi mengalami peningkatan rata-rata VO2 Max sebesar 7,5% dibandingkan dengan kelompok kontrol yang hanya meningkat 2,8%. Selain kebugaran fisik, penelitian ini juga mengukur hasil belajar siswa yang diukur melalui ujian tertulis yang mencakup materi pendidikan jasmani. Rata-rata nilai ujian tertulis pada kelompok eksperimen setelah periode eksperimen adalah 85%, sedangkan untuk kelompok kontrol memperoleh rata-rata 78%. Dari hasil diatas dapat disimpulkan penerapan gamifikasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani berkontribusi signifikan untuk peningkatan kebugaran fisik dan hasil belajar siswa.

Keywords


Kebugaran; Pendidikan Jasmani; Gamifikasi

Full Text:

PDF

References


Blas, H. S. S., Mendes, A. S., Iglesia, D. H. de la, Silva, L. A., & González, G. V. (2024). A Multiagent Platform for promoting physical activity and learning through interactive educational games using the depth camera recognition system. Entertainment Computing, 49. https://doi.org/10.1016/j.entcom.2023.100629

Greenwood, S. A., Young, H. M. L., Briggs, J., Castle, E. M., Walklin, C., Haggis, L., Balkin, C., Asgari, E., Bhandari, S., Burton, J. O., Billany, R. E., Bishop, N. C., Bramham, K., Campbell, J., Chilcot, J., Cooper, N. J., Deelchand, V., Graham-Brown, M. P. M., Hamilton, A., … Macdonald, J. H. (2024). Evaluating the effect of a digital health intervention to enhance physical activity in people with chronic kidney disease (Kidney BEAM): a multicentre, randomised controlled trial in the UK. The Lancet Digital Health, 6(1), e23–e32. https://doi.org/10.1016/S2589-7500(23)00204-2

Händel, V. D., Schrøder, V., Birkefoss, K., & Händel, M. N. (2023). Interplay between playful learning, digital materials and physical activity in higher education: A systematic review of qualitative studies using meta-aggregation and GRADE-CERQual. In International Journal of Educational Research Open (Vol. 5). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2023.100284

Haykal Alhafis, M., Bripandika Putra, I., & Indra Kusuma, A. (2024). Tantangan 14 Hari Terbaik: Perjalanan Menjadi Pemain Tim Nasional Sepak Bola U23 Indonesia The Ultimate 14-Day Challenge: The Journey to Becoming an Indonesian U23 National Football Team Player. Jurnal Ilmiah ADIRAGA, 10(2), 44–57. https://doi.org/10.36456/adiraga

Jurnal, H., Pratama, R., Ruman, R., Aditya, ; M, & Putra, P. (2022). Upaya Meningkatkan Kebugaran Fisik Siswa Dengan Penjasorkes. 1(3).

Krath, J., Schürmann, L., & von Korflesch, H. F. O. (2021). Revealing the theoretical basis of gamification: A systematic review and analysis of theory in research on gamification, serious games and game-based learning. Computers in Human Behavior, 125. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106963

Kusuma, A. I., Harmono, B. A., Putra, I. B., Setiawan, W., & Wajib, M. (2024). RAHASIA SEORANG KING SMASH: Mengungkap Latihan Smash Terbaik Berdasarkan Riset Ilmiah untuk Atlet dan Pelatih. Samudra Biru. https://books.google.co.id/books?id=dW40EQAAQBAJ

López-Carril, S., Alguacil, M., & Anagnostopoulos, C. (2022). LinkedIn in sport management education: Developing the students’ professional profile boosting the teaching-learning process. International Journal of Management Education, 20(1). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100611

Luo, W., & He, Y. (2021). Influence of sports applications on college students’ exercise behaviors and habits: A thematic analysis. Alexandria Engineering Journal, 60(6), 5095–5104. https://doi.org/10.1016/j.aej.2021.03.059

Mbabho, F., & Indra Kusuma, A. (2024). Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi Physical Activity And Intermittent Fasting Interventions To Improve The Physical Fitness Of Physical Education Teachers. 76(2). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/whn

Nuryadi, A., Pelamonia, S. P., Kusuma, A. I., Mutianingsih, N., & Prayitno, L. L. (2024). Kemampuan Guru PJOK dalam Mengembangkan Modul Ajar Kurikulum Merdeka : Studi Kasus Mahasiswa PPG Daljab Kategori 2. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 10(1), 47–56. https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i1.2449

Oliveira, M., Abelha, A., Sousa, R., & Peixoto, H. (2024). Gamification in mobile applications: techniques, benefits and challenges. Procedia Computer Science, 251, 678–683. https://doi.org/10.1016/j.procs.2024.11.168

Pratama, R., & Diah Rohmana, V. (2024). APPLICATION OF ICE BREAKING ACTIVITIES TO INCREASE LEARNING MOTIVATION OF ENGINEERING STUDENTS IN SPORTS COURSES. In EDUCATUM: Scientific Journal of Education (Vol. 2, Issue 3).

Putra, I. B., Indra Kusuma, A., & Utomo, G. M. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Akurasi dan Heart Rate pada Pukulan Jarak Menengah dalam Olahraga Woodball. 7(2). https://doi.org/10.29408/porkes.v7i2.28129

Reisgies, H., Shukri, A., Scheckel, B., Karasch, O., Wiesen, D., Stock, S., & Müller, D. (2023a). Effectiveness of behavioural economics-informed interventions to promote physical activity: A systematic review and meta-analysis. In Social Science and Medicine (Vol. 338). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2023.116341

Reisgies, H., Shukri, A., Scheckel, B., Karasch, O., Wiesen, D., Stock, S., & Müller, D. (2023b). Effectiveness of behavioural economics-informed interventions to promote physical activity: A systematic review and meta-analysis. In Social Science and Medicine (Vol. 338). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2023.116341

Riar, M., Morschheuser, B., Zarnekow, R., & Hamari, J. (2022). Gamification of cooperation: A framework, literature review and future research agenda. In International Journal of Information Management (Vol. 67). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2022.102549

Rowicka, M., & Postek, S. (2023). Who likes to learn new things? How Gamification User Types and Satisfaction but not the frustration of basic psychological needs explain the preference for learning new things. Acta Psychologica, 236. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2023.103925

Sardi, L., Idri, A., & Fernández-Alemán, J. L. (2017). A systematic review of gamification in e-Health. In Journal of Biomedical Informatics (Vol. 71, pp. 31–48). Academic Press Inc. https://doi.org/10.1016/j.jbi.2017.05.011

Taqy, A. T., Nurrochmah, S. N., & Pratama, R. P. (2024). ANALISIS ANTROPOMETRI DAN KONDISI FISIK PEMAIN BOLABASKET PORPROV 2022 KOTA BATU DAN KABUPATEN MALANG. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 9(1), 77–83. https://doi.org/10.36526/kejaora.v9i1.3457

Tayal, S., & Rajagopal, K. (2024). Are you game? Health Gamification during disruptions due to the pandemic for sustainability. International Journal of Information Management Data Insights, 4(2). https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2024.100275

Utomo, G. M., Kusuma, A. I., Putra, I. B., Utamayasa, I. G. D., & Sari, M. R. (2024). Peran Jalan dan Senam Aerobic Low Impact terhadap Heart Rate dan IMT bagi Guru Perempuan. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 10(2), 281–288. https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i2.3625

Utomo, G. M., Kusuma, A. I., Utamayasa, I. G. D., Putra, I. B., & Zen, M. Z. (2024). Efektivitas Latihan Vertimax jump dan Modern Depth jump terhadap Peningkatan Kecepatan dan Power. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 10(1), 176–183. https://doi.org/10.59672/jpkr.v10i1.3481

Wang, J. W., Zhu, Z., Shuling, Z., Fan, J., Jin, Y., Gao, Z. Le, Chen, W. Di, & Li, X. (2024). Effectiveness of mHealth App–Based Interventions for Increasing Physical Activity and Improving Physical Fitness in Children and Adolescents: Systematic Review and Meta-Analysis. JMIR MHealth and UHealth, 12. https://doi.org/10.2196/51478

Yang, Y., & Koenigstorfer, J. (2025). The curvilinear effects of relative positions in smartphone app leaderboards on physical activity. Computers in Human Behavior, 165. https://doi.org/10.1016/j.chb.2024.108532

Zheng, S., Edney, S. M., Goh, C. H., Tai, B. C., Mair, J. L., Castro, O., Salamanca-Sanabria, A., Kowatsch, T., Van Dam, R. M., & Müller-Riemenschneider, F. (2023). Effectiveness of holistic mobile health interventions on diet, and physical, and mental health outcomes: a systematic review and meta-analysis. www.thelancet.com

Zhu, X., Gu, S., & Li, J. (2024). How do gamified digital therapeutics work on obesity self-management? Metabolism Open, 23, 100314. https://doi.org/10.1016/j.metop.2024.100314




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v8i2p120-127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Raditya Pratama, Angga Indra Kusuma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats