MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BROADCASTING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK
Abstract
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan secara mendetail kegiatan ekstrakurikuler penyiaran dalam meningkatkan kreativitas siswa di SMKN 4 Malang, yang dimulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan kreativitas yang diperoleh siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk memperoleh sifat deskriptif, komprehensif, dan insentif. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, dan kreativitas yang diperoleh siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler penyiaran di SMKN 4 Malang.
Kata Kunci : pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler, penyiaran, kreativitas
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan secara rinci mengenai kegiatan ekstrakurikuler penyiaran dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di SMKN 4 Kota Malang, yang dimulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan kreatif yang didapat oleh peserta didik. Penelitian ini dilakukan pendekatan kualitatif penelitian jenis studi kasus untuk memperoleh deskriptif secara alamiah, dan insentif. Hasil PADA Penelitian Penyanyi menjelaskan Mengenai activities Perencanaan, pengorganisasian, Pelaksanaan, Evaluasi, Dan Kreativitas APA Yang didapat Oleh Peserta didik hearts mengikuti activities Ekstrakurikuler penyiaran di SMKN 4 Kota Malang.
Kata Kunci : manajemen kegiatan ekstrakurikuler, penyiaran , kreativitas
Full Text:
PDFReferences
Hartono. 2014. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, (Online), (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji), diakses tanggal 10 juni 2019.
Indarti, A. 2017. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Broadcasting di SMKN 1 Magelang. (Online), (http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:SfIABh09m40J:journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipmp/article/download/7692/7320+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id), diakses 1 Juni 2019.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Guru Karto (online), (https://www.gurukatro.com/2015/12/permendikbud-no-62-tahun-2014-tentang.html), diakses 16 Februari 2018.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Permendikbud Nomor 62 Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. (Online), (https://www.gurukatro.com/2015/12/permendikbud-no-62-tahun-2014-tentang.html), diakses 16 Februari 2018.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Scribd (online), (https://www.scribd.com/mobile/doc/164747967/SALINAN- Permendikbud-Nomor-81A-Tahun-2013-Tentang-Implementasi -Kurikulum-Garuda), diakses 16 Februari 2019.
Purwanto, N. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz media.
Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya (Studi Kasus, Etnografi, Interaksi Simbolik, dan Penelitian Tindakan pada Konteks Manajemen Pendidikan). Malang: Bayumedia Publish.
Zulkarnain, W. 2018. Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i12020p52
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 ahmat hanafi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.