KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI
Abstract
Abstrak: Kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor utama yang mendukung sekolah dalam meningkatkan prestasi. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Prestasi yang telah dicapai oleh kepala sekolah dan sekolah yang dipimpin, (2) Karakteristik kepemimpinan kepala sekolah menengah atas, (3) Faktor pendukung kepemimpinan kepala sekolah menengah, dan (4) Faktor penghambat berprestasi kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Tunjungsekar 1 Kota Malang. Dimana untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah SDN Malang Tunjungsekar 1 Malang. dengan kepala sekolah menjadi kepala sekolah dan guru. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini adalah, (1) Kepala sekolah berprestasi sangat banyak dan sekolah yang dipimpinnya banyak berprestasi di berbagai bidang hingga tingkat nasional. (2) Kepala SD Negeri Tunjungsekar 1 Malang memiliki sifat disiplin, banyak pengalaman, terbuka, dll. (3) Komunikasi yang baik antara kepala sekolah, guru, siswa, wali siswa, dan masyarakat mampu menjadi a pendukung dalam meningkatkan prestasi. (5) Hambatan yang terjadi dari segi waktu, tenaga, biaya, dan kondisi sekolah. (1) Kepala sekolah berprestasi banyak dan sekolah yang dipimpinnya banyak berprestasi di berbagai bidang sampai dengan tingkat nasional. (2) Kepala SD Negeri Tunjungsekar 1 Malang memiliki sifat disiplin, banyak pengalaman, terbuka, dll. (3) Komunikasi yang baik antara kepala sekolah, guru, siswa, wali siswa, dan masyarakat mampu menjadi a pendukung dalam meningkatkan prestasi. (5) Hambatan yang terjadi dari segi waktu, tenaga, biaya, dan kondisi sekolah. (1) Kepala sekolah berprestasi banyak dan sekolah yang dipimpinnya banyak berprestasi di berbagai bidang sampai dengan tingkat nasional. (2) Kepala SD Negeri Tunjungsekar 1 Malang memiliki sifat disiplin, banyak pengalaman, terbuka, dll. (3) Komunikasi yang baik antara kepala sekolah, guru, siswa, wali siswa, dan masyarakat mampu menjadi a pendukung dalam meningkatkan prestasi. (5) Hambatan yang terjadi dari segi waktu, tenaga, biaya, dan kondisi sekolah. dan masyarakat mampu menjadi pendukung dalam meningkatkan prestasi. (5) Hambatan yang terjadi dari segi waktu, tenaga, biaya, dan kondisi sekolah. dan masyarakat mampu menjadi pendukung dalam meningkatkan prestasi. (5) Hambatan yang terjadi dari segi waktu, tenaga, biaya, dan kondisi sekolah.
Keywords: Leadership, principal's leadership, achievement
Abstrak: Kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor utama yang mendukung sekolah dalam meningkatkan prestasi. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) Prestasi yang telah diraih oleh kepala sekolah dan sekolah yang dipimpin, (2) Karakteristik kepemimpinan kepala sekolah berprestasi, (3) Faktor pendukung kepemimpinan kepala sekolah berprestasi, dan (4) Faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah berprestasi di SD Negeri Tunjungsekar 1 Kota Malang. Dimana hal tersebut untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala SD Negeri Tunjungsekar 1 Kota Malang, dengan sumber kepala sekolah dan guru. Analisa data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu, (1) Kepala sekolah berprestasi memiliki prestasi yang banyak serta sekolah yang dipimpinnya memiliki prestasi yang banyak dalam berbagai bidang hingga level tingkat nasional. (2) Kepala SD Negeri Tunjungsekar 1 Kota Malang memiliki karakteristik yang disiplin, memiliki pengalaman berprestasi yang banyak, terbuka, dll. (3) Komunikasi yang baik antara kepala sekolah, guru, peserta didik, wali murid, dan masyarakat mampu menjadi pendukung dalam meningkatkan prestasi. (5) Hambatan yang terjadi dari segi waktu, tenaga, biaya, dan kondisi sekolah.
Kata Kunci: Kepemimpinan, kepemimpinan kepala sekolah prestasi
Full Text:
PDFReferences
Ambarita, A. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Bafadal, I. 2016. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran Dalam Rangka Peningkatan Akuntabilitas Sekolah. Manajemen Pendidikan, 25(1), 1-9. Dari http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/02-Ibrahim-Bafadal.pdf.
Mulyasa, E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2013. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustiningsih. 2013. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto. 2016. Ketahanmalangan Kepemimpinan Kepala Sekolah: Salah Satu Faktor Penentu Keberhasilan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Ulfatin, Nurul. 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Ulfatin, Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.
Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i12020p84
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Friska Fridiana Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.