Manajemen Strategi Badan Pengurus dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pelayanan Anak dan Remaja

Yusuf Elpontus Tanaem, Marlen Angela Daik, Desty A Bekuliu, Yanti Yunita Erni Sole, Marse Kale Uke

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to analyze the strategic management carried out by the governing body in improving the competence of CAS teachers at Evangelical Christian Church in Timor (ECCT) Klasis East Kupang City. The method used in this research is a qualitative method with a descriptive approach. The subjects in this study were the chairs of the CAS as many as 10 people. Data collection techniques used are interviews and documentation. The data analysis technique used is Analysis Interactive which is divided into 4 parts, namely data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that the management of increasing the competence of CAS teachers in Klasis East Kupang City had been running according to the stages of implementing strategic management consist of observation, planning, implementation, evaluation and follow-up. This activity is carried out according to the conditions in each congregation. The efforts to increase the competence of CAS teachers in Klasis East Kupang City were carried out in the form of Bible Study (BS), training, CAS teacher exchange and comparative studies.

Keywords: Strategic Management, Governing Body, Teachers’ Competence, Child and Adolescent Services

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen strategi yang dilakukan badan pengurus dalam meningkatkan kompetensi guru Pelayanan Anak dan Remaja (PAR) di Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Klasis Kota Kupang Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu ketua PAR sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analysis Interactive yang terbagi menjadi 4 bagian yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peningkatan  kompetensi guru PAR di Klasis Kota Kupang Timur sudah berjalan sesuai tahap-tahap pelaksanaan manajemen strategi, yaitu pengamatan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan kondisi di masing-masing  jemaat. Upaya peningkatan kompetensi guru PAR di Klasis Kota Kupang Timur dilaksanakan dalam bentuk Pendalaman Alkitab (PA), pelatihan, pertukaran guru PAR dan studi banding.

Kata kunci: Manajemen strategi; Badan Pengurus; Kompetensi Guru; Pelayanan Anak dan Remaja

Full Text:

PDF

References


Arifianto, E.Y., 2017. Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Pendekatan Pola Komunikasi Efektif dalam Mewujudkan Konsep Malang Smart City. J. Komun. Glob. 6, 175–184.

DJ, M.Y., Syamsudduha, St., Rapi, Muh., 2020. Pengaruh Penerapan Manajemen Strategis Dan Kompetensi Kepala Sekolah Terhadap Pencapaian Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sma Negeri 19 Makassar. Idaarah J. Manaj. Pendidik. 4, 77. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13494

Hasan, N.A., 2018. Pendidikan dan Pelatihan sebagai upaya peningkatan kinerja Pustakawan. LIBRIA 10, 95–115.

Husien, Z., 2019. Dampak Studi Banding Anggota DPRD terhadap kualitas peraturan daerah (Studi di Kabupaten Pesisir Barat). Universitas Negeri Raden Intan Lampung.

Ilyas, 2016. Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. J. Nonform. Educ. 2, 91–98. https://doi.org/10.15294/jne.v2i1.5316

Johns, D., 1983. Memahami Alkitab. Penerbit Gandum Mas, Malang, Jawa Timur.

Juniantari, I.G.A.S., 2017. Pentingnya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pencapaian Hasil Belajar Siswa. J. Ilmu Pendidik. 1, 1–12.

Kementerian Pendidikan RI, 2007a. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru 1–31.

Kementerian Pendidikan RI, 2007b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan.

Kusen, Hidayat, R., Fathurrochman, I., Hamengkubowono, 2019. Strategi kepala sekolah dan implementasinya dalam peningkatan kompetensi guru. J. Idaarah III, 175–193.

Mappasiara, 2018. Manajemen strategik dan manajemen operasional serta implementasinya pada lembaga pendidikan. J. Idaarah 2, 74–85.

Munthe, A., 2015. Pentingnya evaluasi program di institusi pendidikan. Sch. J. Pendidik. Dan Kebud. 5, 1–14.

Nirwana, A., Murniati, Yusrizal, 2015. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada SD Negeri 2 Kota Banda Aceh. J. Adm. Pendidik. 3, 34–43. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.505

Purnama,F.W., Rizkita, K., Hidayah, K. N., Yuliadita, M., Pratiwi, M. A., Priatna, W. R., dan Sumarsono, R. B. 2021. Strategi Warga Sekolah dalam Menyukseskan Progam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) untuk Pencapaian Mutu Sekolah. Pedagogi Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 21, Nomor 2. November 2021. DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i2.1085

Saefatu, M., Tanaem, Y., 2021. Pendidikan Kristiani Tentang Lingkungan Hidup yang Berorientasi Pada Transformasi Sosial Bagi Anak di GMIT Imanuel Noebesa. Discreet J. Didache Chrisian Educ. 1, 49–66.

Sunah, A., Sukoco, 2014. Evaluasi pelaksanaan program Seamolec di SMK Daerah Istimewa Yogyakarta. J. Pendidika Vokasi 4, 145–163.

Susilowati, I., Sutanto, H.A., Daharti, R., 2013. Strategi peningkatan kompetensi guru dengan pendekatan Analysis Hierarchy Process. JEJAK J. Econ. Policy 6, 80–92. https://doi.org/10.15294/jejak.v6i1.3750

Tanaem, Y., 2012. Liturgi Inkulturasi. Universitas Kristen Artha Wacana Kupang.

Tefbana, I.I.T., Hana, S.R., Supartini, T., Wijaya, H., 2020. Kompetensi Guru Sekolah Minggu Terhadap Keefektifan Mengajar Anak : Suatu Studi Kuantitatif Di Jemaat GPdI El-Shaddai Makassar. Didache J. Christ. Educ. 1, 205–221. https://doi.org/10.46445/djce.v1i2.360

Tfaentem, A., Irhandayaningsih, A., Kurniawan, A.T., 2015. Motivasi Anak-Anak Sekolah Minggu Dalam Memanfaatkan Koleksi Di Perpustakaan GKI Peterongan Semarang. J. Ilmu Perpust. 4, 97–105.

Tyagita, B.P.A., Iriani, A., 2018. Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola J. Manaj. Pendidik. 5, 165–176. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p165-176




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i42022p292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yusuf Elpontus Tanaem, Marlen Angela Daik, Desty A Bekuliu, Yanti Yunita Erni Sole, Marse Kale Uke

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.