Profil Kebutuhan dan Pemetaan Pemahaman Pelaku Pendidikan SMAN 3 Sidoarjo terhadap Asesmen Kompetensi Minimum

Deni Ainur Rokhim, Nur Indah Agustina, Muhammad Roy Asrori, Moch Chesa Nur Hidayat Arif Putra, Firda Amalia, Habiddin Habiddin, Ristiwi Peni, Bambang Wahyudi, Asnan Wahyudi, Arif Putra

Abstract


Abstract: Minimum Competency Assessment (AKM) is an assessment of the essential competencies needed by all students to develop their capacity and participate positively in society. The AKM component consists of literacy and numeracy. This study aims to determine the needs and understanding of education actors at SMAN 3 Sidoarjo towards AKM. The research method used is a qualitative survey method. The data collection process was carried out by distributing research questionnaires to 30 students and 25 teachers at SMAN 3 Sidoarjo. The results showed that AKM is very important and needed by both teachers and students because AKM can improve teacher and student competencies, both literacy and numeracy competencies. Teachers' and students' understanding of AKM showed a general level of understanding without any misconceptions. Therefore, teachers and students make careful preparations in dealing with AKM.

 

Keywords: Minimum Competency Assessment; Literacy; Numeracy

 

Abstrak: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua siswa untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Komponen AKM terdiri dari literasi dan numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan pemahaman pelaku pendidikan SMAN 3 Sidoarjo terhadap AKM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif survei. Proses pengembilan data dilakukan dengan membagikan angket penelitian kepada 30 siswa dan 25 guru semua mata pelajaran di SMAN 3 Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AKM sangat penting dan dibutuhkan baik oleh guru maupun murid karena AKM dapat meningkatkan kompetensi guru dan siswa baik kompetensi literasi maupun numerasi. Pemahaman guru dan murid tentang AKM menunjukkan tingkat pemahaman yang umum tanpa miskonsepsi. Oleh karena itu, guru dan siswa melakukan persiapan yang matang dalam menghadapi AKM.

 

Kata kunci: Asesmen Kompetensi Minimum; Literasi; Numerasi

Full Text:

PDF

References


Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 697–709. https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.697-709

Aziziyah, M., Quthni, A.Y.A., Lestari, W. (2022). Analisis Kesulitan Siswa MA Dalam Menyelesaikan Soal AKM Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4),473-479, https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5264

Bioto, A., Suking, A., Zulystiawati. (2022). Kesiapan GuruDalam Menghadapi Asesmen Nasional. Student Journal of Educational Management, 2(1), 15-29. https://doi.org/10.37411/sjem.v2i1.1050

Amirudin, Hasanah, U., Suyatmika, Y., Pringadi, R., & Ginting, B. S. (2022). Sistem ANBK Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Internal MAS Insan Kesuma Madani. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba, 4(3), 2656–4691. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i3.890

Hartati, S. (2017). Pengembangan Model Asesmen Perkembangan Anak Taman Kanak- Kanak Di Dki Jakarta. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 19. https://doi.org/10.21009/jpud.111.02

Hasanah, M., & Hakim, T. F. L. (2021). Analisis Kebijakan Pemerintah Pada Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional (UN). Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(3), 252–260.

Martiyono, Sulastini, R., & Handajani, S. (2021). Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dalam Mewujudkan Sekolah Efektif di SMP Negeri 1 Kebumen Kabupaten Kebumen Perspektif Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 5(2), 92–110. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i2.397

Meriana, T., & Murniarti, E. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110–116.

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1568

Purwati, P. D., Faiz, A., Widiyatmoko, A., & Maryatul, S. (2021). Asesmen Kompentensi Minimum ( AKM ) kelas jenjang sekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi peserta didik. SOSIO RELIGI: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 19(1), 13–24.

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Sutomo, S., & Widarti, H. R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, Dan Survey Lingkungan Belajar. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p61

Rokhim, D. A., Tyas, F. K., & Rahayu, S. (2022). Perspektif Siswa Dan Guru Dalam Pelaksanaan Akm ( Asesmen Kompetensi Minimum ) Pada Mata Pelajaran Kimia. 5, 46–52.

Siskawati, Sary, R. M., & Purnamasari, V. (2022). Kesiapan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Literasi Dan Numerasi Kelas V Sdn Palebon 1 Semarang. Jurnal Sekolah, 6(3), 37–47.

Wijaya, A., & Dewayani, S. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum ( Akm ). In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yamtinah, S., Haryono, Mulyani, B., & Shidiq, A. S. (2016). Pelatihan Guru Kimia Sma Dalam Mengembangkan Tes Jenis. Seminar Nasional Pendidikan Sains, October, 161–168.

Yamtinah, S., Saputro, S., Mulyani, S., & Shidiq, A. S. (2021). Computerized Testlet Instrument for Assessing Students’ Chemical Literacy in High School. Journal of Hunan University (Natural Sciences), 48(2), 156–164.

Yamtinah, S., Utami, B., Mulyani, B., Masykuri, M., & Ulfa, M. (2022). Pendampingan Penyusunan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai Upaya Penguatan Kemampuan Guru. Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia XIII, 56–65. https://jurnal.uns.ac.id/snkpk/article/view/58101

Yusuf, M., & Hamami, T. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Menyiapkan Peserta Didik dalam Menghadapi Tes Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6(2), 3012–3024. https;//jbasic.org/index.php/basicedu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Deni Ainur Rokhim, Nur Indah Agustina, Muhammad Roy Asrori, Moch Chesa Nur Hidayat Arif Putra, Firda Amalia, Habiddin Habiddin, Ristiwi Peni, Bambang Wahyudi, Asnan Wahyudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.