Pengembangan Learning Management System (LMS) Untuk Mendukung Minat Siswa Pada Program Keahlian Desain Komunikasi Visual

Amalia Ima Nurjayanti, Achadi Budi Santosa

Abstract


Abstract: The development of LMS is very important to facilitate educational activities so that they are well organized. This study aims to find an LMS development model that is in accordance with students' learning interests in the DKV in Vocational High Schools. The development was carried out using the Research and Development (RnD) method and was analyzed in a quantitative descriptive manner. LMS development through alpha test with a media feasibility percentage of 80.72% and learning and material aspects of 80%. The research approach uses indicators of interest in learning consisting of feelings of pleasure, attention, interest and involvement. The results of the research show that students have learning motivation which is supported by the use of LMS. Changes in pretest and posttest values with symptoms of an increase of 70%. The indicator approach of students' feelings of pleasure was 85.33% with very good criteria, 74.00% student attention with good criteria, 84.00% student interest with very good criteria and 77.67% student involvement with good criteria using LMS.

Keywords: LMS development; interest to learn; vocational high School

 

Abstrak: Pengembangan LMS sangat penting guna memfasilitasi kegiatan pendidikan agar tetap terselenggara dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pengembangan LMS yang sesuai dengan minat belajar siswa pada Program Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK. Pengembangan dilakukan dengan metode Research and Development (RnD) dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pengembangan LMS melalui uji alfa dengan persentase kelayakan media 80,72% dan aspek pembelajaran dan materi sebesar 80%. Revisi ahli media dan Ahli materi selanjutnya digunakan untuk memperbaiki LMS. Pendekatan penelitian menggunakan indikator minat belajar terdiri dari perasaaan senang, perhatian, ketertarikan dan keterlibatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa memiliki motivasi belajar yang ditunjang dengan penggunakan LMS. Tinjauan aspek dalam minat belajar bahwa siswa mempunyai kecenderungan memperhatikan dan mengingat materi pelajaran, memiliki rasa suka dan senang, memperoleh kebanggaan dan kepuasan dengan yang diminatinya, lebih menyukai aktifitas dalam pembelajaran daring, siswa berpartisipasi dalam pembelajaran daring sebagai minat belajar dengan menggunakan LMS. Perubahan nilai pretest dan posttest dengan gejala peningkatan sebesar 70%. Pendekatan indicator perasaaan senang siswa sebesar 85.33 % dengan kriteria sangat baik, perhatian siswa sebesar 74.00 % dengan kriteria baik, ketertarikan siswa sebesar 84.00 % dengan kriteria sangat baik dan keterlibatan siswa sebesar 77.67 % dengan kriteria baik dengan penggunaaan LMS.

 

Kata kunci: pengembangan LMS; minat belajar; sekolah menengah kejuruan

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (2005). Attitude, Personality, and Behaviour. UK Open University Press-McGraw Hill Education.

Alifiyanti, I. F. (2019). Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Materi Fluida Dinamis Untuk Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3(1), 155. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28536

Allesi. S.M & Trolip. (2001). Multimedia for Learning. Allyn & Bacon.

Aman;Suroso, S. M. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Online menggunakan Learning Management System pada SMA Negeri 1 Sukatani. 6(2), 102–106.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Borg, W R & Gall, M. (2003). Educational Research: an Introduction (7. ed) (7th ed.). Logman Inc.

Eka Rahayu. (2020). Adaptasi Pembelajaran E-Learning Dan Blended Learning Di Era New Normal Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Jamilatun. Jurnal Auladuna, Mi, 37–49.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(April), 1–11. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4

Estu, M. (2004). Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Mata Kuliah Sinematografi [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/65077/

Hardika, R. T. (2021). Pengembangan Learning Management System (Lms) Dalam Implementasi Media Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Perspektif, 1(2), 143–150. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.14

Hartono;Sukiman, H. H. (2017). Pengembangan Learning Management System ( LMS ) Untuk Bahasa Pemrograman PHP. 5, 10.

Hendrayadi. (2021). Uji validasi dengan korelasi item -total. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1, 315–320.

Idamayanti, R., Yusdarina, Y., Sakti, I., & Hasan, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Fisika Peserta Didik. Khazanah Pendidikan, 15(2), 199. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.11768

Kasumawati. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Sifat-Sifat Benda dan Perubahannya melalui Penggunaan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas III SD Negeri 16 Buntok Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Jurnal Mitra Pendidikan, 5(7), 507–516.

Maharani, D., Hunaifi, A. A., & Wiguna, F. A. (2022). JPDK : Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education Pengembangan Media Kotak Nusantara Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Keberagaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 4, 109–112.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Ridwan. (2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.

Rohmadi, D., Santosa, A. B., & Adindo, A. W. (2021). The guidance and counseling on the COVID-19 pandemic period. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(1), 74–83.

Seliana, N., Suroso, A. I., & Yuliati, L. N. (2020). Analisis Keberhasilan Penerapan E-Learning di Fakultas Teknik Universitas Riau. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, May 2020. https://doi.org/10.17358/jabm.6.2.369

Sugiyono. (2012a). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuatitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syardiansah. (2016). Hubungan motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pengaturan manajemen. Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 243.

Wibowo, A. T., Akhlis, I., & Nugroho, S. E. (2014). Pengembangan LMS ( Learning Management System ) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa. 1(2), 127–137.

Wibowo, A. T., Akhlis, I., & Nugroho, S. E. (2015). Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa. Scientific Journal of Informatics, 1(2), 127–137. https://doi.org/10.15294/sji.v1i2.4019

Widyangsih, O. (2020). Penerapan Pembelajaran Online (Dalam Jaringan) Di Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 50. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1106

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i42022p354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Achadi Budi Santosa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.