Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Komitmen Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Guru Di Sekolah Menengah Atas (SMA)
Abstract
Abstract: This study looked at the connection between job satisfaction and teacher organizational commitment and school leadership at a senior high school (SMA) in South Tangerang City. Quantitative correlational research is the research approach used here. Data were gathered using a questionnaire that was constructed using different variable indicators. A sample of 115 teachers was selected using the Slovin formula from a total of 161 populations across 5 secondary schools. The significance level for testing the null hypothesis, according to SPSS data analysis, is 0.05, and the resulting t number is higher than the t table. The principal's leadership factor, which accounts for 21.69% of the variation in job satisfaction, and organizational commitment, which accounts for 16.45%, are both revealed by the correlation coefficient data analysis. The level of job satisfaction is influenced by the client's organizational commitment and leadership abilities. The data gathered at Senior High School (SMA) South Tangerang City reveals a significant correlation between organizational engagement, principal leadership, and teacher job satisfaction.
Keywords: Organizational Commitment; Principal leadership; Teacher Job Satisfaction
Abstrak: Penelitian ini melihat hubungan antara kepuasan kerja dengan komitmen organisasi guru dan kepemimpinan sekolah pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Tangerang Selatan. Penelitian kuantitatif korelasional adalah pendekatan penelitian yang digunakan disini. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang dibangun dengan menggunakan indikator variabel yang berbeda. Sampel 115 guru dipilih menggunakan rumus Slovin dari total 161 populasi di 5 sekolah menengah. Tingkat signifikansi pengujian hipotesis nol menurut analisis data SPSS adalah 0,05, dan angka t yang dihasilkan lebih besar dari t tabel. Faktor kepemimpinan kepala sekolah, yang menyumbang 21,69% dari variasi kepuasan kerja, dan komitmen organisasi, yang menyumbang 16,45%, keduanya diungkapkan oleh analisis data koefisien korelasi. Tingkat kepuasan kerja dipengaruhi oleh komitmen organisasi dan kemampuan kepemimpinan klien. Data yang dikumpulkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Tangerang Selatan menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara keterikatan organisasi, kepemimpinan kepala sekolah, dan kepuasan kerja guru.
Kata kunci: Komitmen Organisasi; Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kepuasan Kerja Guru
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2003). Metode Research. Rajawali Pers.
Daneshfard., C & Ekvaniyan., K.E. (2012). Organizational commitment and job satisfaction in Islamic Azad University. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research Inbusiness, 3(9), pp.168-181
Effendi, Y. R., & Sahertian, P. (2022). Kontruksi Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Berbasis Budaya Lonto Leok dalam Penguatan Karakter Siswa. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(September), 214–226. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i32022p214
Fadia Annur, A. (IAIN P. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Religiusitas Terhadap Komitmen Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Jurnal Madaniyah, 10(1), 59–72. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/10
Ilham, D., Kaso, N., Aswar, N., & R, N. (2021). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru dengan Karakter Siswa Berbasis Budaya Lokal. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 106-121. doi:https://doi.org/10.35673/ajmpi.v11i2.2134
Novebri, N., & Lubis, N. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(3), 186–193. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i32022p186
Octaviarnis, I., Maisyaroh, M., & Sumarsono, R. B. (2021). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Komunikasi Organisasi, Komitmen Organisasi dengan Kinerja Guru SMK Negeri di Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(4), 609. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i4.14724
Putrayana, G. K., Agung, A., Agung, G., & Sunu, I. G. K. A. (2018). Manajemen Mutu , Lingkungan Kerja , Dan Komitmen Kerja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(1), 77–87. doi: https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2747
Rahmat, F. A. G., Mifroh, N., & Annur, A. F. (2021). Kebijakan Inovatif Kepala Sekolah Efektif dalam Pengembangan Mutu SDM Di MIN 1 Yogyakarta. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1, 61–74. doi: 10.28918/ijiee.v1i1.3920
Safhira, D., & Suarmanayasa, I. N. (2021). Analisis Kepuasan Kerja Pada Guru Di Smk Negeri 3 Singaraja (Sebuah Kajian Dari Perspektif Manajemen SDM). Bisma: Jurnal Manajemen, 7(2), 165. https://doi.org/10.23887/bjm.v7i2.31485
Sion, H. (2006). Hubungan Antara Komitmen Dan Kepuasan Kerja Guru Dengan Performans Mengajar Guru SDN di Daerah Terpencil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 51–55. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v13i1.63
Solihin, E., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Dampak Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Kepuasan Pekerjaan Guru dan Motivasi Kerja. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 279. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.34420
Surakhmad. (2004). Metodologi Penelitian. Trasito.
Suwardi, S. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Komitmen Kerja terhadap Motivasi Guru SD Islam Al Azhar I Pusat. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 2(2), 116. https://doi.org/10.36722/sh.v2i2.122
Sopyan, Sopyan & Rubini, Bibin & Laihad, Griet. (2019). HUBUNGAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KEPERCAYAAN PADA ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA. Jurnal Manajemen Pendidikan. 7. 748-755. 10.33751/jmp.v7i1.960.
Umar, H. (2005). Riset Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Perluasan, Cetakan Ketujuh. Gramedia.
Werang, B. R., Leba, S. M. R., & Pure, E. A. G. (2017). Teacher Organizational Commitment in Indonesia: A Case from Merauke District, Papua. International Journal of Development and Sustainability, 6(8), 700–711.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v6i32023p276
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.