HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA, KOMPETENSI, DAN KINERJA GURU

Ismaya Priska Kumala, Burhanuddin Burhanuddin, Ibrahim Bafadal

Abstract


 

Abstract: The purpose of the research was to describe relationships between job satisfaction, competencies, and teacher performance at Vocational High School in Batu City. The study was descriptive in nature employing multiple correlational design. The population of this study are all teachers at this school and a sample was selected using simple random sampling. Data were analyzed employing analytical descriptive technique and multiple correlation. Results of the study indicate that there is a relationship between job satisfaction and performance, and there is a multiple relationship between the components of competencies, job satisfaction, and performance.

Keywords: Job satisfaction, competencies, performance.

 

Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kepuasan kerja, kompetensi, dan kinerja Guru di SMK Kota Batu. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan desain korelasi ganda. Populasi penelitian ini adalah semua guru di SMK Batu. Sampel ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kepuasan kerja dan kinerja. Di samping itu ditemukan hubungan antar komponen variabel meliputi kompetensi, kepuasan kerja, dan kinerja Guru di SMK Kota Batu.

Kata Kunci: Kepuasan kerja, kompetensi, kinerja.

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (2014, Mei). The Influence of Competence, Motivation, and Organisational Culture to High School Teacher Job Satisfaction and Performance. International Education Studies, 8(1): 43, (Online), dalam Canadian Center of Science and Education (http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ies/article/viewFile/43874/2392).

Bafadal, I. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Baroroh, S. (2013, Juli). Hubungan antara Kepuasan Kerja dengan Kinerja Karyawan, (online), http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=10&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjw97-Pm_jYAhVLNo8KHVHqAywQFghGMAk&url=http%3A%2F%2Feprints.ums.ac.id%2F26721%2F11%2F02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf&usg=AOvVaw1EX7CsGpGBYrcaV9DyTbjE.

Bintariadi, B. (2010, Agustus). Prestasi Pendidikan Kota Batu Merosot karena Guru Sibuk Sertifikasi, (online), https://nasional.tempo.co/read/246897/prestasi-pendidikan-kota-batu-merosot-karena-guru-sibuk-sertifikasi.

Brahmasari, I. A. & Suprayetno, A. (2008, Januari). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 10 (2): 128.

Burhanuddin, Imron, A., Maisyaroh. 2009. Manajemen Pendidikan. Karya Ilmiah, Proses dan Aplikasi di Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Chamundeswari, S. (2013, Mei). Job Satisfaction and Performance of School Teachers. International Journal of Academic Research in Business and Scial Sciences, 3(5):hlm. 423, (Online), dalam HR MARS (Exploring Intellectual Capital) https://pdfs.semanticscholar.org/6b37/a469336c204008e56ad690aaf9d6b50414d7.pdf.

Handoko, H. T. 2000. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Edisi II, Cetakan Keempat Belas. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, M. S. P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Herman. (2011, Februari). Hubungan Kompetensi dengan Kinerja Guru Ekonomi SMA, (online), http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=0ahUKEwiV7piNpvnYAhVJvI8KHUAEDB4QFggzMAE&url=http%3A%2F%2Ffe.um.ac.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2009%2F10%2F3-Herman.pdf&usg=AOvVaw29h0hHAlIpXnJ0XATlfdtq.

Luthans, F. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi 10 Jilid 1 dan 2, Terjemahan. Yogyakarta: Andi.

Mangkunegara, A. P. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan Cetakan Pertama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, A. P. 2005. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Mangkunegara, A. P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007. (2007, Januari). Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, (online), http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0ahUKEwiA4_yvmobTAhWBa7wKHbeXBFAQFggZMAA&url=http%3A%2F%2Fvervalsp.data.kemdikbud.go.id%2Fprosespembelajaran%2Ffile%2FPermendiknas%2520No%252016%2520Tahun%25202007.pdf&usg=AFQjCNF2kflNnL72tjoVJ2LycijlsrbADQ&sig2=AnJZ8X8UPnaSs5Enuaz0Kw&bvm=bv.151325232,d.dGc.

Robbins, S. P. 1996. Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Alih Bahasa: Hadyana Pujaatmaka. Edisi Keenam. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Robbins, S. P. 2003. Perilaku Organisasi, Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Robbins, S. P. 2007. Perilaku Organisasi. Indonesia: PT Macanan Jaya.

Robbins, S. P. & Judge, T. A. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Setyoningsih, L. (2015, Maret). Hubungan antara Kepuasan Kerja dengan Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali, (online), http://eprints.ums.ac.id/37788/1/02.%20Naskah%20Publikasi.pdf.

Shadily, H.1992. Sosiologi untuk masyarakat Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Siagian, S. P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Tentama, F. (2015, Januari). Peran Kepuasan Kerja terhadap Kinerja pada Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Yogyakarta. Jurnal Psikologi Undip, 14(1): hlm.1-8, (online), dalam UNDIP https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/viewFile/9793/7852.

UU RI Nomor 14 Tahun 2005. (2005, Maret). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (online), http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0ahUKEwjCiOXpm4bTAhUITLwKHQekD68QFggZMAA&url=http%3A%2F%2Fsindikker.dikti.go.id%2Fdok%2FUU%2FUUNo142005%28Guru%2520%26%2520Dosen%29.pdf&usg=AFQjCNH_QsClU4JNKkGbxLFMhw4d2sM9tA&sig2=FmlxPe3YqHYvdmYIOVe8OA&bvm=bv.151325232,d.dGc.

Wahyuddin, W. (2016, Mei). The Relationship between of Teacher Competence, Emotional Intelligence and Teacher Performance Madrasah Tsanawiyah at District of Serang Banten. Higher Education Studies, 6(1): hlm. 128-135, (Online), dalam Canadian Center of Science and Education (https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1099398.pdf).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i42018p400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ismaya Priska Kumala, Burhanuddin Burhanuddin, Ibrahim Bafadal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.