INTENSITAS KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH, GURU, DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Denantia Fema Hernandeni, Ibrahim Bafadal, Maisyaroh Maisyaroh

Abstract


Abstract: The intensity of communication is exchange of information within the specified time. Improving the quality of education ini educational institutions is closely related to the communication of various parties that support the implementation of activities ini the institutions. Each institutions must understand the indicators of quality improvement. This study is used qualitative approach. The design of the study used a one-case study. The purpose of this study is to discribe the intensity of communication at MIN 1 Malang to improve the quality of education. Data was collected by interview, observation, and documentation. Implementation of the communication process that occurrs as result of the strategy used, such as approaching, does not have the distance between fellow subordinates, responsible communication, communication relax, maximize activities, communicative and intensive motivation. Support and inhibition in the implementation of communication also affect the result of communication that occurred. The existence of good communication intensity, smoothly and communication with improved the quality of education.

 

Keywords: intensity of communication, the quality of education

Abstrak: Intensitas komunikasi adalah pertukaran informasi dalam kurun waktu tertentu. Peningkatan mutu pendidikan di lembaga pendidikan juga erat kaitannya dengan komunikasi yang dilakukan dalam berbagai pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan-kegiatan yang ada di lembaga. Setiap lembaga juga harus mengetahui indikator-indikator dalam peningkatan mutu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif mengenai intensitas komunikasi yang terjadi. Rancangan penelitian menggunakan studi kasus tunggal di MIN 1 Kota Malang. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi berperan serta dan dokumentasi ditemukan bahwa komunikasi yang dilakukan dengan cara komunikasi antarpersonal, komunikasi kelompok dan komunikasi masa. Pelaksanaan proses komunikasi yang terjadi juga tidak lepas dari strategi yang digunakan, seperti melakukan pendekatan, jangan ada jarak antara sesama pegawai, komunikasi yang dapat dipertanggungjawabkan, komunikasi yang dilakukan secara santai, memaksimalkan kegiatan yang ada, pemberian motivasi dan komunikatif dan intensif. Pendukung dan penghambatan dalam pelaksanaan komunikasi juga berpengaruh terhadap hasil komunikasi yang terjadi. Dengan adanya intensitas komunikasi yang baik, lancar dan komunikatif akan meningkatkan mutu pendidikan.

 

Kata Kunci: intensitas komunikasi, mutu pendidikan


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2012. Penelitian Pendidikan Metode Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asgarwijaya, D. 2015. Strategi Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Murid Paud (Studi Deskriptif Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Murid PAUD Tunas Bahari Dalam Kegiatan Belajar Mengajar). E-proceeding of Management, 2(1): 1008-1027.

Effendy, O. U. 2015. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurdianti, S. R. 2014. Analisis Faktor-Faktor Hambatan Komunikasi Dalam Sosialisasi Program Keluarga Berencana Pada Masyarakat Kebon Agungsamarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 145-159. Dari http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id.

Nurhikmahyanti. 2014. Pengelolaan Penjamin Mutu di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(4): 267-273.

Pius A. P. & Dahlan, M. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.

Sammons, P.: Hillman, J.; Mortimore, P. 1995. Key Characteristics of Effective Schools: A Review of School Effectiveness Research. London: OFST.

Suranto, Aw. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: MNC Publishing.

Wiyono, B.B. 2007. Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Action Research. (Burhanuddin, ED). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Yusup, P. M & Rachmatika, R (Ed). 2014. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan (Volume 3). Jakarta: Bumi Aksara.

Zulkarnain, W. & Sumarsono, R. B. 2011. Manajemen Perkantoran Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i22018p150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Denantia Fema Hernandeni, Ibrahim Bafadal, Maisyaroh Maisyaroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.