Manajemen Humas dalam Peningkatan Citra Sekolah Studi di SMA Negeri 8 Mandau Riau

Hannisa Mustika, Rini Setyaningsih

Abstract


Abstract: This research aimed at knowing 1) the planning of public relations management in maintaining the school image, 2) organizing of public relations management in maintaining the school image, 3) the implementation of public relations management in maintaining the school image, and 4) the supervision of public relations management in maintaining the school image at State Senior High School 8 Mandau, Bengkalis Regency. It was a qualitative research with descriptive method. The subjects of this research were the school principal, the vice of public relations, school committee, and 2 students. The object of this research was the public relations management in maintaining school image at State Senior High School 8 Mandau. Interview, observation, and documentation techniques were used for collecting the data. Collecting, filtering, presenting, and drawing conclusions techniques were used for analyzing the data. The findings of this research showed that 1) the planning of public relations management was conducted well: the planning was conducted by the beginning of the school year and grouped based on the timeframe that has been made. 2) The organization of public relations management was conducted well: selection according to ability and divided into 3: external, internal and publication relations. 3) The implementation of public relations management was conducted quite well, by implementation of timely work programs and collaboration between school residents and parties outside the school, and publishing activities on social media, but the process of uploading activities to social media was a little late. 4) The supervision of public relations management was conducted properly: incidentally and periodically once a month that could see the implementation of each section of public relations in maximizing activities at school.
Keywords: Management; Public Relation; School Image

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan manajemen humas dalam menjaga citra sekolah di SMAN 8 Mandau, 2) Pengorganisasian manajemen humas dalam menjaga citra sekolah di SMAN 8 Mandau, 3) Pelaksanaan manajemen humas dalam menjaga citra sekolah di SMAN 8 Mandau, dan 4) Pengawasan manajemen humas dalam menjaga citra sekolah di SMAN 8 Mandau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bagian Humas, Komite Sekolah dan 2 orang peserta didik. Objek penelitian ini adalah manajemen humas dalam menjaga citra sekolah di SMAN 8 Mandau. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan pengumpulan data, penyaringan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan manajemen humas di SMAN 8 Mandau sudah dilakukan dengan baik, yaitu perencanaan dilakukan pada awal tahun ajaran dan dikelompokkan berdasarkan jangka waktu yang telah dibuat. 2) Pengorganisasian manajemen humas di SMAN 8 Mandau sudah dilakukan dengan baik, yaitu dilakukan pemilihan sesuai dengan kemampuan dan dibagi menjadi 3 ada hubungan eksternal, internal dan publikasi. 3) Pelaksanaan manajemen humas di SMAN 8 Mandau sudah dilakukan dengan cukup baik dengan terlaksananya program kerja yang sesuai dengan waktu dan terlaksananya kerjasama dengan warga sekolah dan pihak luar sekolah serta mempublikasikan kegiatan di media sosial, namun proses penguplodan kegiatan ke media sosial sedikit terlambat. 4) Pengawasan manajemen humas di SMAN 8 Mandau sudah dilaksanakan dengan baik, yaitu secara insidentil dan berkala dalam satu kali dalam sebulan sehingga dapat melihat pelaksanaan setiap bagian humas dalam memaksimalkan kegiatan di sekolah.
Kata kunci: Manajemen; Humas; Citra Sekolah

Full Text:

PDF

References


Akmalia, N., Amra, A., Fazis, M., Islam, M. P., & Batusangkar, M. Y. (2022). Strategi Humas dalam Upaya Peningkatan Citra Sekolah. Jurnal MANAPI Manajemen Pendidikan Islam, 1(2).

Al Farisi, Y., & Setiawan, M. B. A. (2023). Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Branding Image di Madrasah Aliyah Nurul Jadid. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10653–10663.

Astuti, Y. T., Diana, N., Hadiati, E., & Maulidin, S. (2024). Manajemen humas dalam membangun citra sekolah: Studi multikasus di SD Muhammadiyyah Pringsewu dan SD IT Cahaya Madani Pringsewu. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 12–26.

Azzaah, S. I., & Syukri, M. (2020). Strategi Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Madrasah Di Mts Azzuhri Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang. Hijri, 9(2), 1–10.

Cindy, A. H., Dayu, D. P. K., & Nafisah, D. (2024). Analisis peran manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada lembaga pendidikan. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 3(1), 1–13.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2000). Effective Public Relations. Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=yYzzAAAAMAAJ

Darwis, M., Hazimah, R. Y., & Arhas, S. H. (2022). Peranan Humas dalam Peningkatan Citra Sekolah pada SMK YAPMI Makassar. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 6(1), 36–40.

Dinata, Y., & Setyaningsih, R. (2024). Paradigma Cinta dan Materialistik Menuntut Ilmu dalam Islam: Sebuah Solusi Bagi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal Cerdas Mahasiswa, 6(2), 217–236.

Dinda Septiana, M. S. (2021). STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA SEKOLAH. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 281-289.

Doi, J. (2018). Perencanaan Humas Dan Usaha Membangun Citra Lembaga Yang Unggul Slamet Mulyadi Universitas Nurul Jadid Pendahuluan Perencanaan adalah langkah awal sebagai patokan lembaga untuk tercapainya sebuah tujuan organisasi . Setiap organisasi maju perencanaan sang. 2(2).

Eferi, E. (2015). Manajemen Bidang Hubungan Masyarakat Untuk Meningkatkan Citra SMA. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(6).

Effendy, O. U., & Surjaman, T. (2011). Ilmu komunikasi: teori dan praktek. PT Remaja Rosdakarya. https://books.google.co.id/books?id=O272ngEACAAJ

Elyus, D. S., & Sholeh, M. (2021). Strategi humas dalam meningkatkan citra sekolah di era pandemi covid 19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 281–289.

Fitri, A. M., Handayanti, E. K., Herdyastuti, J. T., Armeilia, O. S., Dinata, H. A., & Wulandari, A. (2023). Implementasi Strategi Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Sekolah SDN Lakarsantri II 473. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 7.

Grunig, J. E., & Hunt, T. (1984). Managing Public Relations. Holt, Rinehart and Winston. https://books.google.co.id/books?id=qCtpQgAACAAJ

Hakim, M. N. (2019). Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto). Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 121–139. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.245

Harini, I. N. (2014). Manajemen hubungan masyarakat dalam upaya peningkatan pencitraan sekolah (studi kasus di SMP Al Hikmah Surabaya). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 8–20.

Hasri, S., Dinata, Y., Rohaini, Y., & Sohiron, S. (2025). THE IMPACT OF IMPRESSION MANAGEMENT ON TEMPORARY IMAGE RISK IN PRINCIPAL LEADERSHIP. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 14(01), 15–28.

Herlina, S. (2015). Stategi Komunikasi Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintah Di Kota Malang. Jurnal JISIP, 497.

Indriani, I., & Syamsudin, S. (2023). Manajemen public relation dan strategi lembaga pendidikan Islam dalam membangun citra lembaga. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 1(1), 106–117.

Iriantara, Y. (2013). Manajemen Humas Sekolah. Simbiosa Rekatama Media.

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2019). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity, Global Edition. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=98AoEAAAQBAJ

Khorotunniswah, L. (2020). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Lembaga. Jurnal Kependidikan Islam, 10(2), 176–189.

Kompri. (2014). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mahmud My, N. H. (2022). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Paramurobi, 25.

Mardiyah, M., Fauzi, M. I. F., Humaira, N., & Kisman, A. (2023). Peran Manajemen Humas Dalam Upaya Pencitraan Lembaga Pendidikan. An-Nadzir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 135–144.

Maulana, M. H. A., & Hasan, M. (2019). Manajemen hubungan masyarakat pada lembaga pendidikan pesantren. Itqan, 10(1), 147–166.

McCarthy, D. J. (2000). View from the top: Henry Mintzberg on strategy and management. Academy of Management Perspectives, 14(3), 31–39. https://doi.org/10.5465/ame.2000.4468063

Muhibah, S., & Jannah, S. R. (2018). Manajemen Hubungan Masyarakat : Strategi Mempertahankan Citra Positif Sekolah. Journal of Management in Education (JMIE), 3(1), 20–29.

Mustari, M. (2018). Manajemen Pendidikan. Depok: RajaGrafindo Persada

Ningsih, I. (2022). Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di SMPN 1 Tellu Siattinge. Jurnal Mappesona, 5(1), 11–21.

Novi Ariyanti, & Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo. (2021). Evaluasi Manajemen Hubungan Masyarakat dan Sekolah (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Purwodadi Pasuruan). Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(2), 103–126. https://doi.org/10.47766/idarah.v5i2.133

Putri, D. I. K., Febrianita, D. E., Nafia’a, D. R., Adnan, N. H., Adirilany, S. F., Lailati, Y. A., Maisyaroh, M., & Muzakky, M. I. (2025). Manajemen Humas Melalui Program Kelas Khusus Bahasa Jepang dalam Pendidikan Menengah. Proceedings Series of Educational Studies.

Rahmat, A. (2016). Manajemen Humas Sekolah. Yogyakarya: Media Akademi

Ramadani, M. S., & Alfikri, M. (2022). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Sekolah SMK Triyadikayasa Aek Songsongan. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(1), 163–170.

Rizky, A., Lutfi, M. Z., Oktaviani, R. I., Saputri, S. E., & Sunarni. (2018). Strategi Pemasaran Sekolah Dengan Melibatkan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Programkegiatan Humas. Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 13–20.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2010). Manajemen (10th ed.). Erlangga.

Rochmania, Z. A. A. (2022). Implementasi Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di Era New Normal (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Mohamad Hatta Malang). Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 225–233.

Romadhona, A., & Rifqi, A. (2022). Peran media sosial dalam mendukung implementasi manajemen humas sekolah. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 613–624.

Rusyanti, S., Akhyar, Y., & Dinata, Y. (2024a). Pengelolaan Hubungan Masyarakat dalam Membangun Komunikasi Aktif kepada Masyarakat di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 10(1), 102–123.

Rusyanti, S., Akhyar, Y., & Dinata, Y. (2024b). Pengelolaan Hubungan Masyarakat dalam Membangun Komunikasi Aktif kepada Masyarakat di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. 10(1), 102–123. https://doi.org/10.26594/dirasat

Rusyanti, T., Arafat, Y., & Destiniar, D. (2021). Manajemen hubungan masyarakat dalam membangun citra sekolah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 753–762.

Saifullah, M. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 19.

Sarleni, S., Asrul, A., & Rosida, W. (2020). Peran Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 1(3), 139–148.

Silviani, I. (2019). Komunikasi Organisasi. PT Scopindo Media Pustaka.

Sirait, M. H. R., Sari, D. M., & Rahmawati, D. (2021). Manajemen Humas Pendidikan dalam Upaya Pencitraan Lembaga Pendidikan Dasar (Sekolah Dasar). Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 342–349.

Suliyah, S. (2024). Manajemen Humas Di Lembaga Pendidikan Islam. Penerbit Tahta Media.

Sumendap, R. (2021). Humas Dalam Membangun Citra Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tondano. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1435–1442.

Terry, G. R. (2021). Dasar-dasar Manajemen Edisi Revisi. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=-6UmEAAAQBAJ

Wakhidah, U. S., & Nina, O. (2024). Peran Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Business and Accounting Education Journal, 5(2), 325–340.

Wilcox, D. L., & Cameron, G. T. (2013). Public Relations Strategies and Tactics. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=DfArAAAAQBAJ

Wirabhakti, A. (2023). Strategi Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah. NIẒĀMULILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 20–27.

Yaqien, N. (2012). Membangun Kepercayaan Masyarakat Pada Madrasah Melalui Pameren Pendidikan. Madrasah, 2(2), 192–206. https://doi.org/10.18860/jt.v2i2.1827

Yunita, R., & Sutansyah, L. (2024). Dinamika Kelompok (The Group Dynamics): Makna dan Urgensi. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(3), 337–341. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i3.357


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.