Peningkatan Kualitas Madrasah Yang Berfokus Pada Penguatan Program Vokasi

Nurul Mustabsyiroh, Raden Bambang Sumarsono, Ali Imron, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstract: This study aims to describe the condition of the quality of Islamic education institutions after implementing doubletrack, and the strategy and implementation of the vocational program at MAN Kota Mojokerto. The research method is a qualitative approach to case study design with interview, observation, and documentation data collection techniques. The results of this research are that the Vocational Program is held on the basis of 1) the allocation of the distribution of graduates is mostly working; 2) the issuance of a decree stating that MAN in Mojokerto City has been transformed into MA Plus Skills; 3) Provision of grants from the Ministry of Religion for the purchase of supporting tools for the implementation of vocational programs. The implementation of the vocational program is included in the school intracurricular so that students who take part in the vocation are class X students except X-E5 and X-E6 and all class XI from the Science, Social Sciences and Religion majors using the moving class method every Monday and Friday. The strategies carried out are forming vocational teams, collaboration between teachers, rigorous selection of prospective vocational teachers, increasing teacher competency, and partner collaboration. Indicators of quality achievement from the implementation of the vocational program can be seen from the increase in student achievement, increase in existence, and increase in student skills. There are factors supporting quality improvement through the implementation of the vocational program including: 1) teacher collaboration, having professional teaching staff, student enthusiasm, support from student guardians, committees, and the existence of working partners. While the inhibiting factors are the lack of availability of facilities and infrastructure and the ups and downs of learning enthusiasm from students.

 

Keywords: Enhancement; Quality; Madrasah; Program; Vocational

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan mutu lembaga pendidikan Islam setelah menerapkan doubletrack, dan strategi serta implementasi program vokasi di MAN Kota Mojokerto. Metode dalam riset pendekatan kualitatif rancangan studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil riset ini adalah program vokasi diselenggarakan atas dasar (1) alokasi penyebaran lulusan sebagian besar bekerja; (2) pemberian SK bahwa MAN Kota Mojokerto bertranformasi menjadi MA Plus Keterampilan; (3) Pemberian dana hibah dari Kemenag untuk pembelian alat pendukung penyelenggaraan program vokasi. Pelaksanaan program vokasi dicantumkan dalam intrakulikuler sekolah sehingga peserta didik yang mengikuti vokasi yaitu siswa kelas X kecuali X-E5 dan X-E6 dan seluruh kelas XI baik dari jurusan IPA, IPS, dan Agama dengan metode moving class setiap hari senin dan jumat. Adapun strategi yang dilakukan yaitu pembentukan tim vokasi, kolaborasi antar guru, seleksi ketat calon guru vokasi, peningkatan kompetensi guru, dan kerja sama mitra. Indikator ketercapaian mutu dari pelaksanaan program vokasi dilihat dari peningkatan prestasi peserta didik, peningkatan eksistensi, dan peningkatan skill peserta didik. Terdapat faktor pendukung peningkatan mutu melalui penerapan program vokasi yaitu: (1) kolaborasi guru; (2) memiliki tenaga pendidik profesional;  (3) antusiasme peserta didik; (4) dukungan dari wali murid dan komite; (6) adanya mitra kerja sama. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana serta naik turunnya semangat belajar dari peserta didik. 

 

Kata kunci: Peningkatan; Kualitas; Madrasah; Program; Vokasi


Full Text:

PDF

References


A’yun, Q., Imron, A., & Arifin, I. (2019). Rekrutmen Tenaga Pendidik di SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 850. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12613

Afrita, I., Imron, A., & Arifin, I. (2018). Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Dunia Usaha Dan Industri Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Vokasional. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 313–319. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/2873/2590

Asrori, M. Z., Baskoro, F., Wijaya, A. Y., & Hozairi, H. (2022). Peningkatan Life Skill Siswa SLTA Melalui Program SMA Double Track Sebagai Upaya Mengurangi Potensi Pengangguran di Jawa Timur. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2022.3.1.1-11

Babcock, L. R., Nagda, N. L., Koval, E. J., & Allen, R. J. (1975). Land-use aspects of air-quality management. Science of the Total Environment, The, 4(1), 63–77. https://doi.org/10.1016/0048-9697(75)90015-7

Danil, D. (2017). Upaya Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Sekolah (Study Deskriptif Lapangan di Sekolah Madrasah Aliyah Cilawu Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 30–40. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/21

Darmaji, D., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Internalsekolah Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(3), 130–136. https://doi.org/10.17977/um025v3i32019p130

Diastara, A. P., & Wilujeng, B. Y. (2020). Pelaksanaan Program Double Track Tata Kecantikan Pengantin Berhijab di SMAN 1 Sooko Ponorogo. Jurnal Tata Rias, 09(2), 351–358. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/19/article/view/34619/30779

Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90

Herlina, H. (2018). Urgensi Kemitraan Bagi Pengembangan Lembaga Pendidikan Non Formal. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.33394/jtni.v3i1.651

Imron, A. (2009). Akar religi, sosial dan kultural manajemen mutu sd berbasis religi. Ilmu Pendidikan, 16(3), 143–151. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/2788/2310

Imron, A. (2012). Proses Manajemen Mutu Sekolah Dasar Berbasis Religi. Sekolah Dasar, 21 (2)(1992). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Hg_NG_QAAAAJ&cstart=20&pagesize=80&citation_for_view=Hg_NG_QAAAAJ:_Qo2XoVZTnwC

Juharyanto, Sultoni, Arifin, I., Nurabadi, A. (2019). Principal’s Leadership in Strengthening the Role of Multi-Stakeholders Forum: Problems and Solutive Strategies for Improving the Quality of One Roof Junior Secondary School in Remote Areas. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 82(01), 1–10. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/7261/pdf

Juharyanto. (2017). Superior Leadership in Remote Area Elementary School (Multisitus Study of Primary Schools in Bondowoso Regency). Jurnal Sekolah Dasar, 1(Tahun 26), 89–100. url: http://jurnal.fip.um.ac.id/sekolahdasar

Juharyanto, J., Sultoni, S., I. Arifin, I. B., Nurabadi, A., & Hardika, H. (2020). Gethok Tular ’ as the Leadership Strategy of School Principals to Strengthen Multi-Stakeholder Forum Role in Improving the Quality of One-Roof Schools in Remote Areas in Indonesia. 2020, 10(2), 1–10. https://doi.org/10.1177/2158244020924374.

Karimah, A., Fadah, I., & Qomariah, N. (2022). SWOT Analysis for Double Track Program Development at SMAN 1 Tegaldlimo Banyuwangi. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 05(10), 3098–3103. https://doi.org/10.47191/jefms/v5-i10-30

Kodrat, D. D. (2019). Urgensi Perubahan Pola Pikir Dalam Membangun Pendidikan Bermutu. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 2(1), 1–6. http://jkpis.com/index.php/jkpis/article/view/23

Kurnianingsih, E. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(1), 11–18. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/932

Makmur, M. A. (2020). Madrasah Vokasi Bidang IT Menyongsong revolusi industi 4.0 menuju Madrasah Hebat dan Bermartabat di MAN 2 Kota probolinggo. Pegagogy, 07(01), 6–10. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/529

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Kualitatif (Edisi Revi). PT Remaja Rosdakarya.

Nurlaela, R., Rahmawati, I., & Lestari, H. (2021). Kontribusi Perilaku Kepemimpinan terhadap Loyalitas Kerja Guru SMA Swasta Se-Kecamatan Cibungbulang. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 18–26. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i1.290

Pratomo, N. W. (2022). Pendidikan Vokasi Madrasah Aliyah Sebagai Upaya Menciptakan SDM Unggul Dan Siap Kerja. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2, 159–162. https://doi.org/2829-9086

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126. https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/38895

Ridhwanah, A. M., & Werdiningsih, W. (2022). Manajemen Program Double Track dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan di SMA Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo. EDUMANAGERIAL: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 35–46. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/edumanagerial/article/view/488

Romady, M., Sultoni, S., & Juharyanto, J. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kiai Dalam Pengembangan Sekolah Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(2), 065–072. https://doi.org/10.17977/um027v2i22019p65

Siregar, R. ., Syafrida, H. ., Sisca, Candra, V., Wijaya, A., Masrul, Sianturi, E., Simarmata, H. M. ., Revida, E., & Purba, S. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Yayasan Kita Menulis.

Subekti, I. (2022). Pengorganisasian dalam Pendidikan. Tanjak: Jounal of Education and Teaching, 3(1), 2022. http://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/tanjakPengiriman:28/10/2021;Diterima:25/02/2022;Publikasi:28/02/2022DOI:https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.422

Sujoko, E. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berdasarkan Analisis Swot Di Sekolah Menengah Pertama. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 83. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/754

Sumarsono, R. B. (2016). Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Penguatan Peran Kepemimpinan Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah. Prosiding Seminar Nasional, Penguatan Manajemen Pendidikan Di Era Kompetisi Globa, 540–557. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/41-Raden-Bambang-Sumarsono.pdf

Sumarsono, R. B. (2019). Upaya Mewujudkan Mutu Pendidikan Melalui Partisipasi Orangtua Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(2), 63. https://doi.org/10.17977/um048v24i2p63-74

Sumarsono, R. B., Imron, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2016). Parents’ Participation in Improving the Quality of Elementary School in the City of Malang, East Java, Indonesia. International Education Studies, 9(10), 256. https://doi.org/10.5539/ies.v9n10p256

Teknowijoyo, F. (2022). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492

Umam, M. K. (2019). Komite Madrasah Dalam Konteks Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 7(1), 39–56. http://jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/87

Wardina, U. V., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Kurikulum Pendidikan Vokasi Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1), 82. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.843.2019

Yuara, Y. P., Rizal, F., & Kusumaningrum, I. (2019). Kesiapan guru vokasi SMKN 1 sumatera barat dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 280–288. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jipp/article/view/21836




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v6i32023p228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.