Penguatan Nilai Karakter Disiplin Melalui Penggunaan Buku Kendali Peserta Didik (Studi Kasus Di MAN 3 Blitar)

Nurun Naila Izati, Raden Bambang Sumarsono, Ahmad Yusuf Sobri

Abstract


Abstract: This study  aims  to describe the use of control books to control student behavior in strengthening the value of disciplinary character, the role of teachers in stenghtening the value of disciplinary character, supporting and inhibiting factors along with solutions to inhibit program implementation.  The research location is at MAN 3 Blitar. The research uses  a qualitative approach with a case study method that discusses in detail and in depth related to the topic raised. Datacollection through observation, interviews and documentary studies. To obtain accurate data, researchers check the validity of data in the form of credibility tests, transferability tests, dependability tests, and confirmability tests. From the results of this study, it is known that MAN 3 Blitar places student control books as behavioral guidelines and references in assessing student personality. This program applies a system of violation points and enforcement on interdisciplinary students as well as awarding and appreciating disciplinary students. Teachers have an important role, namely  as role models in behaving in accordance with the values of good disciplinary character and being supervisors of discipline, as well as being authorized to take action on interdisciplinary students. The supporters in the implementation of the discipline character strengthening program include 1) internal  factors including: the vision and mission of the madrasah, the geographical location of the madrasah, cooperation of madrasah residents, madrasah culture  and 2) external factors including: parental support, living environment, cooperation with madrasah partners.   Meanwhile, obstacles to program implementation include: 1)  Internal factors  include: awareness of students, limited facilities and infrastructure, teacher professionalism, and 2) external factors, namely the economic background and family background of students.  As a solution to overcome these obstacles, madrasah conducts student counseling, student visits, procurement of facilities and infrastructure, and coaching educators and education staff.

Keywords: character value, discipline, control book, procedure, violation

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur penggunaan buku kendali, peran guru dalam menguatkan nilai karakter disiplin melalui penggunaan buku kendali, faktor pendukung dan penghambat beserta solusi penghambat pelaksanaan progam. Lokasi penenlitian berada di MAN 3 Blitar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang membahas secara rinci dan mendalam terkait topik yang diangkat. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumenter. Untuk mendapatkan data yang akurat peneliti melakukan pengecekan keabhsahan data berupa uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Dari hasil penelitian ini diketahui MAN 3 Blitar menempatkan buku kendali peserta didik sebagai pedoman berperilaku dan acuan dalam penilaian kepribadian peserta didik. Pada program ini menerapkan sistem poin pelanggaran dan penindakan pada peserta didik indisipliner serta pemberian penghargaan dan apresiasi pada peserta didik disiplin. Guru memiliki peran penting yakni sebagai role model dalam berperilaku sesuai dengan nilai karakter disiplin yang baik dan menjadi pengawas kedisiplinan, serta berwenang untuk melakukan penindakan pada peserta didik indisipliner. Adapun pendukung pada pelaksanaan program penguatan nilai karakter disiplin meliputi 1) faktor internal antara lain: visi misi madrasah, letak geografis madrasah, kerja sama warga madrasah, budaya madrasah dan 2) faktor eksternal antara lain: dukungan orang tua, lingkungan tempat tinggal, kerja sama dengan mitra madrasah. Sedangkan penghambat pelaksanaan program meliputi: 1) faktor internal antara lain: kesadaran peserta didik, keterbatasan sarana dan prasarana, profesionalitas guru, dan 2) faktor ekstrenal yakni latar belakang ekonomi dan latar belakang keluarga peserta didik. Sebagai solusi untuk mengatasi kendala tersebut madrasah melakukan konseling peserta didik, kunjungan peserta didik, pangadaan sarana dan prasarana, serta pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan.

Kata kunci: nilai karakter, disiplin, buku kendali, prosedur, pelanggaran


Full Text:

PDF

References


Ainurrosidah, L., Ulfatin, N., & Wiyono, B. B. (2018). Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Sekolah Berbasis Pesantren Melalui Implementasi Kurikulum Terpadu. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 160–170. (Online) (https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p160). Diakses pada 20 Maret 2023.

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. (Online) (https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102). Diakses pada 16 Maret 2023.

Apandi, A. S., Kardo, R., & Suryadi, S. (2022). Persepsi Peserta Didik Tentang Pelaksanaan Kunjungan Rumah Oleh Guru Bk. Ittihad, 7–11. (Online), (http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/132%0Ahttp://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/download/132/122). Diakses pada 25 Mei 2023

Ariyanti, N. S., Sobri, A. Y., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–6. (Online) (https://doi.org/10.17977/um027v1i12018p1) Diakses pada 20 Maret 2023.

Buan, Y. A. L. (2021). Guru dan Pendidikan Karakter : Sinergitas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Era Milenial. Indramayu: Penerbit Adab. (Online) (https://www.google.co.id/books/edition/Guru_dan_Pendidikan_Karakter_Sinergitas/nOcREAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0) Diakses pada 14 April 2023.

Defitrika, F., & Mahmudah, F. N. (2021). Development of Life Skills Education As Character Building. International Journal of Educational Management and Innovation, 2(1), 116. (Online) (https://doi.org/10.12928/ijemi.v2i1.3195). Diakses pada 14 April 2023.

Desiyanto, J., Pantiwati, Y., & Tinus, A. (2018). Implementasi Kebijakan Sistem Poin Pelanggaran Dalam Upaya Membentuk Siswa Berkarakter Sma Islam Yakin Tutur Pasuruan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 1–15. (Online) (http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jkpp). Diakses pada 14 April 2023.

Fathurrohman, D. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 40–52. (Online) (https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling/article/view/375). Diakses pada 28 Februari 2023.

Hartini, S. (2018). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru Di MTs Negeri Kabupaten Klaten. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(2), 38–59. (Online) (https://doi.org/10.24269/ajbe.v2i2.836). Diakses pada 16 Maret 2023.

Hidayat, W., Suryana, Y., & Fauziah, F. (2020). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 346. (Online), (https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1004). Diakses pada 25 Mei 2023.

Jaya, T. P., & Suharso. (2018). Persepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar pada Siswa Kelas XI. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 7(3), 30–35. (Online) (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/19535). Diakses pada 19 Maret 2023.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2013). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Paduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Ma’rufah, N., Rahmat, H. K., & Widana, I. D. K. K. (2020). Degradasi Moral Sebagai Dampak Kejahatan Siber Pada Generasi Millenial di Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 191–201. (Online) (http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1509/880). Diakses pada 29 Desember 2022.

Maisyaroh, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(September), 302–312. (Online) (http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/3734). Diakses pada 05 Februari 2023.

Mar’ati, A. (2022). Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 478. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65774. (Online) (https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65774). Diakses pada 23 Januari 2023.

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 281–296. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/31. (Online) (http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/31). Diakses pada 20 Maret 2023.

Mei-Ju, C., Chen-Hsin, Y., & Pin-Chen, H. (2014). The Beauty of Character Education on Preschool Children’s Parent-child Relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 527–533. (Online) (https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.431). Diakses pada 14 April 2023.

Natalini, B., & Hardini, A. T. A. (2020). Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Sd Kanisius Gendongan Salatiga. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 77–86. (Online) (https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3253). Diakses pada 16 Maret 2023.

Nugroho, W. (2016). Peran Pondok Pesantren dalam Pembinaan Keberagamaan Remaja. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 89–116. (Online) (https://doi.org/10.18326/mdr.v8i1.89-116). Diakses pada 17 Januari 2023.

Oktaria, S. (2015). Pengaruh Penerapan Buku Kendali terhadap Sikap Teladan Peserta Didik dalam Mentaati Tata Tertib di SMP Negeri 2 Lemong Tahun Pelajaran 2014/201. Jurnal.Fkip.Unila.Ac.Id, 151, 10–17. (Online) (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/8546). Diakses pada 17 Februari 2023.

Ratus, Sumilah, & Abbas. (2016). Pengembangan Kartu Kendali Kedisiplinan Siswa dalam Penilaian Sikap. Jurnal Kreatif Modern 2016, September, 25–33. (Online) (https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf). Diakses pada 23 Maret 2023.

Roihkana, R. I. (2016). Standar Sarana dan Prasarana Sesuai dengan Ketentuan Standar Nasional Pendidikan (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Fata Pujon Malang). Repository.Unisma, 1–23. (Online) (http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1355). Diakses pada 14 April 2023.

Saekhu HM, A., & Prihatono, Y. (2020). Buku Kendali Sebagai Media Implementasi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Dan Konstitusi Sekolah Dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 15(2), 1–12. (Online) (https://doi.org/https://doi.org/10.17509/md.v15i2.20331). Diakses pada 27 Desember 2023.

Setyawan, D., Astuti, E. S., & Ekojono, E. (2017). Sistem Pencatatan Poin Pelanggaran Siswa Pada Sma Negeri 1 Purwosari. Jurnal Informatika Polinema, 1(1), 13. (Online) (https://doi.org/10.33795/jip.v1i1.84). Diakses pada 23 Maret 2023.

Subambang, B., Tinggi, S., & Tabernakel, T. (2021). Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Pembentukan. Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(September), 249–256. (Online) (http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/22699/8643). Diakses pada 19 Februari 2023.

Sumarsono, R. B. (2015). Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Peran Orang Tua dan Guru di Sekolah. Academia.Edu, 5, 46–55. (Online) (https://www.academia.edu/27072572/PENUMBUHAN_BUDI_PEKERTI_MELALUI_PERAN_ORANG_TUA_DAN_GURU_DI_SEKOLAH). Diakses pada 05 April 2023.

Tanama, Y. J., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11). (Online) (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/8127/3697). Diakses pada 10 Mei 2023.

Tohirin. 2014. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers. (Online), (https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1178593). Diakses pada 25 Mei 2023

Wahidah, U. (2021). Manajemen Program Buku Saku Jujur DI Madrasah Tsanawiyah Unggulan AL-Qodiri 1 Jember. (Online) (https://opac.uinkhas.ac.id/index.php?p=show_detail&id=28955). Diakses pada 23 Maret 2023.

Wirantasa. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi. Jurnal Formatif, 7(1), 83–95. (Online) (https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/1272). Diakses pada 29 Desember 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v6i42023p363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.