Ekstrakurikuler Islamic Centre Sebagai Wahana Integrasi Pembiasaan Sikap Ilmiah dan Bina Taqwa Peserta Didik di SMA Umum

Nadiya Erike Tamara, Nurul Ulfatin, Ali Imron, Agus Timan

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to describe the intracurricular and extracurricular Islamic Center as a means of integrating the habituation of scientific attitudes and fostering piety of students at public SMA of 1 Kesamben, Blitar. This study uses a qualitative approach with a case study type of research. Data collection was carried out using interview techniques, observation, and documentary studies. Data analysis was carried out interactively starting from data collection, condensation, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are (1) a form of scientific attitude that is habituated to students at school can be carried out through routine habituation activities and habituation during learning; (2) the values of taqwa that are fostered in students include a series of habituation activities, namely mandatory wearing of the hijab, praying before and after carrying out lessons, performing obligatory and sunnah prayers in congregation, and morning tadarus; (3) types of Islamic Center extracurricular activities developed in schools, namely routine training once a week, hadrah or al-banjari, thaharah by cleaning the mosque environment, Al-Quran Reading Arts (SBQ), Commemoration of Islamic Holidays (PHBI), attending MCRB (Majelis Cinta Rosul Blitar), competitions in the field of religion and compensation for orphans; (4) Islamic Center extracurriculars in integrating the habituation of scientific attitudes and fostering piety there are several habits; (5) the integration strategy of habituation of scientific attitudes and fostering piety through Islamic Center extracurricular activities includes habituation and exemplary activities by coaches in Islamic Center extracurricular activities

Keywords: intracurricular; extracurriculars; scientific attitude; development of taqwa

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan mengenai intrakurikuler dan ekstrakurikuler Islamic Centre sebagai wahana integrasi pembiasaan sikap ilmiah dan bina taqwa peserta didik di SMA Negeri 1 Kesamben, Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Analisis data dilakukan secara interaktif mulai dari pengumpulan data, kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) bentuk sikap ilmiah yang dibiasakan pada diri peserta didik di sekolah dapat dilakukan melalui kegiatan pembiasaan rutin dan dilakukan pembiasaan saat pembelajaran; (2) nilai-nilai taqwa yang dibina pada diri peserta didik meliputi rangkaian kegiatan pembiasaan, yakni peraturan wajib memakai hijab, berdoa sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran, melakukan ibadah sholat wajib dan sunnah berjamaah, dan tadarus pagi; (3) jenis kegiatan ekstrakurikuler Islamic Centre yang dikembangkan di sekolah, yaitu latihan rutin satu minggu sekali, hadrah atau al-banjari, thaharah dengan membersihkan lingkungan mushola, Seni Baca Al-Quran (SBQ), Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), mengikuti MCRB (Majelis Cinta Rosul Blitar), lomba bidang keagamaan dan santunan anak yatim; (4) ekstrakurikuler Islamic Centre dalam mengintegrasikan pembiasaan sikap ilmiah dan bina taqwa terdapat beberapa pembiasaan; (5) strategi integrasi pembiasaan sikap ilmiah dan bina taqwa melalui kegiatan ekstrakurikuler Islamic Centre meliputi kegiatan pembiasaan dan keteladanan oleh pembina dalam kegiatan ekstrakurikuler Islamic Centre.

Kata kunci: intrakurikuler; ekstrakurikuler; sikap ilmiah; bina taqwa

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter pada Kegiatan Ekstrakurikuler melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. (Online), (https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185), diakses pada 22 November 2021.

Agnafia, D. N. (2021). Profil Sikap Ilmiah Mahasiswa pada Mata Kuliah Biologi Dasar II. Jurnal Pendidikan Modern, 7(1), 26–32. (Online), (https://doi.org/https://doi.org/10.37471/jpm.v7i1.361), diakses pada 14 Mei 2023.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). (Online), (https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312), diakses pada 9 April 2023.

Amaruddin, H., Atmaja, H. ., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga dan Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 33–48. (Online), (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/30588/13724) diakses pada 9 April 2023.

Azizah, A. N., Wahyudin, U. R., & Mustofa, T. (2022). Kegiatan Ekstrakulikuler Rohis dalam Menamankan Budi Pekerti Siswa di SMA Negeri 2 Karawang. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 396–402. (Online), (https://doi.org/10.31604/ptk.v5i3.396-402) diakses pada 9 April 2023.

Bahtiar, A. Y., & Juanda, A. (2018). Penerapan Pendekatan Klarifikasi Nilai Berbasis Nilai Islami untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di SMAN 1 Tanjung. Jurnal Ilmu Alam Indonesia, 1(3), 180–189. (Online), (https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jia/article/view/5294), diakses pada 2 Mei 2023.

Cholifah, N., Parmin, & Dewi, N. R. (2016). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Eksperimen terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Ilmiah. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1343–1353. (Online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej), diakses pada 9 April 2023.

Dishon, G., & Goodman, J. F. (2017). No-excuses for Character: A Critique of Character Education in No-excuses Charter Schools. Theory and Research in Education, 15(2), 182–201. (Online), (https://doi.org/10.1177/1477878517720162), diakses pada 1 Maret 2022.

Fahmy, R., Bachtiar, N., Rahim, R., & Malik, M. (2015). Measuring Student Perceptions to Personal Characters Building in Education: An Indonesian Case in Implementing New Curriculum in High School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211, 851–858. (Online), (https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.112), diakses pada 1 Maret 2022.

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan dalam Proses Perubahan Sosial di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–21. (Online), (https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466), diakses pada 3 November 2021.

Karimah, L., Susanto, E., & Muhadi. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman dengan Metode Pembiasaan pada Siswa di Mts Futuhiyyah Cahaya Mas. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 15(2), 194–218. (Online), (https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/pai/article/view/261), diakses pada 9 April 2023.

Kosim, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter di Era Industri 4 . 0 : Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 88–107. (Online), (https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.2416), diakses pada 9 April 2023.

Li, M., & Zhang, Y. (2013). The Impacts of Student Background and Extracurricular Activities on the Output of General Education; A Manuscript for the International Journal of Chinese Education. International Journal of Chinese Education, 2(1), 93–107. (Online), (https://doi.org/10.1163/22125868-12340015) diakses pada 1 Maret 2023.

Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 15(2), 49-65. (Online), (http://jurnal.upi.edu/file/05_PEMBINAAN_AKHLAK_MULIA_-_Manan1.pdf), diakses pada 2 Mei 2023.

Muna, M., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2021). Peran Guru dalam Optimasi Perkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. 9, 355–362. (Online), (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/index), diakses pada 9 April 2023.

Noer, H. M. A., Tambak, S., & Rahman, H. (2017). Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 21–38. (Online), (https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).645), diakses pada 13 Maret 2022.

Prihatin, R. P. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SMAN 1 Yogyakarta. 1(1), 1–14. (Online), (https://journal.rumahindonesia.org/index.php/njpi/index), diakses pada 9 April 2023.

Rahayuningsih, S. (2017). Peran Pembina Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) dalam Membentuk Kedisiplinan Anggota di SMP Al-Amin Surabaya. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 05(02), 701–715. (Online), (https://doi.org/https://doi.org/10.26740/kmkn.v5n02.p%25p), diakses pada 2 Mei 2023.

Roslan, S., & Taresh, S. (2021). Teachers ’ Efficacy , Knowledge , and Professional Development in the Implementation of Character Education. Advance: Social Sciences & Humanities, September. (Online), (https://doi.org/10.13140/RG.2.2.16533.45289), diakses pada14 Mei 2023.

Sandana, J., Thaha, H., & Zainuddin, F. (2021). Optimalisasi Manajemen Program Ekstrakurikuler Rohani Islam. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 6(2), 137–152. (Online), (http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola/article/view/2107), diakses pada 4 Maret 2022.

Setyaningrum, Y., & Husamah. (2020). Optimalisasi Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Berbasis Keterampilan Proses: Sebuah Perspektif Guru IPA-Biologi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 69–81. (Online), (https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jip/article/view/58), diakses pada 9 April 2023.

Shoimah, L., Sulthoni, & Soepriyanto, Y. (2018). Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. JKTP - Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 169–175. (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/334740-menanamkan-pendidikan-karakter-melalui-p-a1fdaf73.pdf), diakses pada 9 April 2023.

Supiana, Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(2), 193–208. (Online), (https://doi.org/https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526), diakses 26 Oktober 2021.

Susanti, S., Lian, B., & Puspita, Y. (2020). Implementasi Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1644–1657. (Online), (https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.629), diakses 2 Mei 2023.

Syafeie, A. K. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Iman dan Taqwa dalam Pembentukan Kepribadian Melalui Kegiatan Intrakurikuler. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 60–75. (Online), (https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i1.6280), diakses 5 Maret 2022.

Tamjidnor. (2022). Character Education and Implementation in Learning at MAN 1 Banjarmasin. Journal of Social Science, Education, Communication and Economics (Sinomics Journal), 1(1), 33–44. (Online), (https://doi.org/https://doi.org/10.54443/sj.v1i1.5), diakses pada 14 Mei 2023.

Ubaidah, S. (2014). Manajemen Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 5(11), 150–161. (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/56738-ID-manajemen-ekstrakurikuler-dalam-meningkat.pdf), diakses pada 3 November 2021.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: MNC Publishing.

Yuliana, I., & Dartim. (2022). Peran Ekstrakurikuler Rohis dalam Pembentukan Akhlak Siswa SMA Negeri 1 Tayan Hilir. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 6(1), 108–120. (Online), (https://journals.ums.ac.id/index.php/iseedu/article/view/20542), diakses pada 9 April 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nadiya Erike Tamara, Nurul Ulfatin, Ali Imron, Agus Timan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.