Strategi Kerja Sama Sekolah dengan Lembaga Luar Negeri untuk Mengoptimalkan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Asing di SMA

Nur Anisatussholihah, Nurul Ulfatin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstract: This research aims to describe the school's cooperation strategy with overseas language institutions, including the background and work programme, management process, human resources, funding, management optimisation strategies and results. This research uses a qualitative approach with a case study method design. The research visited the site of SHS 1 Malang. Data were collected using interviews, observations, and documentary studies. Data validity checking techniques include observation/observation persistence, triangulation, member checking, complete report writing, and audit tracing techniques. Data analysis is carried out interactively from data collection to conclusion drawing. Results of this study are summarized: (1) The chosen cooperation institution is PASCH in Germany, because it matches the background of the school which provides a language programme, there is a German language teachers, language classes are large and prominent, and supported by adequate school infrastructure; (2) Cooperation programmes include programmes for teachers, students, and facilities; (3) the management process includes planning, implementation, and evaluation in each type of activity; the human resources involved come from PASCH and from the school; programme funding comes from the German Ministry of Foreign Affairs, the school, and students; (4) strategies for optimising cooperation management include the obligation of grade 10 to choose one extracurricular foreign language, optimising human resources, funding, management processes, consistency of cooperation, and utilisation of facilities obtained; and (5) Results of the strategy include continued cooperation, active involvement, more students learning German and being active in activities, increased students competence and achievement, and more students interested in German language learning and programmes.

Keywords: school cooperation, foreign language institute, learning

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi kerja sama sekolah dengan lembaga bahasa di luar negeri, mencakup latar belakang dan program kerja, proses pengelolaan, sumber daya manusia, pendanaan, strategi optimalisasi pengelolaan dan hasilnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan metode studi kasus. Lokasi penelitian di SMAN 1 Malang. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Teknik pengecekkan keabsahan data berupa ketekunan observasi/pengamatan, triangulasi, pengecekkan anggota, penulisan laporan yang lengkap, serta teknik penelusuran audit. Analisis data dilakukan secara interaktif mulai dari pengumpulan data sampai dengan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini telah dirangkum: (1) lembaga kerjasama yang dipilih adalah PASCH di Jerman, karena sesuai dengan latar belakang sekolah yang menyediakan program bahasa, terdapat guru bahasa Jerman, kelas bahasa tergolong besar dan menonjol, serta didukung infrastruktur sekolah yang memadai; (2) program kerja sama meliputi program untuk guru, peserta didik, dan fasilitas; (3) proses pengelolaan meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di setiap jenis kegiatan; SDM yang terlibat berasal dari PASCH dan dari sekolah; pendanaan program bersumber dari Kementerian Luar Negeri Jerman, sekolah, dan peserta didik; (4) strategi optimalisasi pengelolaan kerja sama mencakup kewajiban kelas 10 memilih satu ekstrakulikuler bahasa asing, pengoptimalan SDM, pendanaan, proses pengelolaan,   konsistensi kerja sama, dan pemanfaatan fasilitas yang diperoleh; dan (5) hasil strategi berupa kerja sama yang berlanjutan, keterlibatan aktif, semakin banyak peserta didik yang mempelajari bahasa Jerman dan aktif dalam kegiatan, peningkatan kompetensi dan prestasi peserta didik, dan semakin banyaknya peserta didik yang tertarik dengan pembelajaran dan program bahasa Jerman.

Kata kunci: kerja sama sekolah; lembaga bahasa asing; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2013). Analisis Kesiapan SMK RSBI dalam Peningkatan Daya Saing Lulusan. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(1). https://doi.org/10.21831/jk.v43i1.2257

Ceha, R., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I., & Nana S, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kegiatan Pembelajaran. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 0(0), 131–138. https://doi.org/10.29313/ETHOS.V0I0.1693

Dosi, F., & Budiningsih, C. A. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/JITP.V6I1.15068

Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, S., Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017). Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.17977/UM050V1I1P

Hakim, M. N. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.31538/NDH.V1I2.7

Hasan, N. (2006). Fullday School (Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Asing). TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.19105/TJPI.V1I1.194

Imron, A. (2017). Proses Manajemen Tingkat Satuan Pendidikan (R. Damayanti (Ed.); 1st ed.). PT Bumi Aksara.

Irwan, & Yahya. (2022). Efektivitas Pengelolaan Dana Komite dalam Upaya Dukungan Pembiayaan Pendidikan pada MAN 1 Padang. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 14(April), 1–17.

Ixtiarto, B., & Sutrisno, B. (2016). Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Kajian aspek Pengelolaan Pada SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 57–69. https://doi.org/10.2317/JPIS.V26I1.2130

Mantasiah. (2009). Kohesi Dalam Wacana Buku Kontakte Deutch: Suatu Kajian Analisis Wacana (Cohesion in Discourses of Kontakte Deutsch Book: a Study of Discourse Analysis ). SAWERIGADING, 15(3), 336–348. https://doi.org/10.26499/SAWER.V15I3.75

Merti, N. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 4(3), 315–321. https://doi.org/10.23887/JEAR.V4I3.27252

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Santoso, I. (2014). Pembelajaran Bahasa Asing di Indonesia: Antara Globalisasi dan Hegemoni. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.17509/BS_JPBSP.V14I1.696

Satria, R., Supriyanto, A., Timan, A., & Adha, M. A. (2019). Peningkatan Mutu Sekolah melalui Manajemen Hubungan Masyarakat. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 199–207. https://doi.org/10.21831/AMP.V7I2.26018

Suherman, A. (2011). Pembelajaran Bahasa Asing. Indonesia: Universitas Pendidikan Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa Dan Sastra. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_ARAB/195105081980031-A._SUHERMAN/ARTIKEL/PEMBELAJARAN_B_ASING.pdf

Trisnawati, L., Syamsuadi, A., Hartati, S., & Reskiyanti, I. (2021). Koordinasi Pemerintah dan Swasta dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR) School Improvement di Kabupaten Pelalawan. Journal of Governance and Local Politics (JGLP), 3(2), 115–123. https://doi.org/10.47650/JGLP.V3I2.295

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan : Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Kreatif. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/17087/metode-penelitian-kualitatif-di-bidang-pendidikan-teori-dan-aplikasinya.html

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.). Retrieved May 29, 2023, from www.hukumonline.comwww.hukumonline.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Anisatussholihah, Nurul Ulfatin, Juharyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.