Peningkatan Kualitas Penilaian Melalui Supervisi Akademik Guru TK di Gugus Flamboyan Kecamatan Banggae

St. Maria Ulfah

Abstract


Abstract: The purpose of school action research is to improve the quality of assessment through academic supervision for teachers of Gugus Flamboyan, Banggae District, Majene Regency. In this study, researchers used data collection tools in the form of observation instruments and thematic learning lesson plan preparation instruments. The research was conducted from March to May 2021, with the consideration that the assessments that have been made can be used to develop the KTSP used in kindergarten in the 2021/2022 academic year. This research was conducted using the school action research method. Researchers always try to obtain optimal results through methods and procedures that are considered the most effective, so that repeated actions are possible to improve classroom management in the teaching and learning process. The researcher conducted two cycles of research. Starting from cycle I, 1) action planning, 2) action implementation, 3) observation, and 4) reflection. Based on the formulation of problems, hypotheses and research results, the researcher concludes that academic supervision can improve the quality of teacher assessment - kindergarten teachers of the Lelebautapa cluster in the 2021/2022 academic year.
Keywords: Supervision; Academic; Assessment

Abstrak: Tujuan penelitian tindakan sekolah adalah untuk meningkatkan kualitas penilaian melalui supervisi akademik bagi guru-guru Gugus Flamboyan Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa instrumen observasi dan instrumen penyusunan RPP pembelajaran tematik. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei tahun 2021, dengan pertimbangan penilaian yang sudah dibuat dapat digunakan untuk pengembangan KTSP yang digunakan di TK pada tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan sekolah. Peneliti senantiasa berupaya memperoleh hasil yang optimal melalui cara dan prosedur yang dinilai paling efektif, sehingga dimungkinkan adanya tindakan yang berulang-ulang untuk meningkatkan pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar. Peneliti melaksanakan penelitian dua siklus. Dimulai siklus I sejak 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi hingga siklus II.Berdasarkan rumusan masalah, hipotesis dan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kualitas penilaian guru – guru TK gugus Lelebautapa tahun pelajaran 2021/2022.
Kata kunci: Supervisi; Akademik; Penilaian

Full Text:

PDF

References


Aziz, H., Sudrajat, A., Suparno, P., Pashela, P., Azzahra, L. P., & Mannana, N. F. (2025). Evaluation of the Child-Friendly School Policy in Indonesia. Journal of Education and Learning. https://scispace.com/papers/evaluation-of-the-child-friendly-school-policy-in-indonesia-2zpm3ohhih

Danial, A., Mumu, M., & Nurjamil, D. (2022). Model supervisi akademik berbasis digital oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAUD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1514–1521. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3922

Danial, M., et al. (2022). Penggunaan teknologi digital dalam supervisi akademik di sekolah. Jurnal Pendidikan Teknologi, 14(3), 45-58.

Dwikurnaningsih, S. (2020). Efektivitas supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas penilaian guru di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 90-105.

Dwikurnaningsih, Y. (2020). Implementasi supervisi akademik di lembaga pendidikan anak usia dini. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 182–190. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p182

Fischer, M., et al. (2023). Collaborative Supervision and Teacher Development in Finland. European Journal of Educational Research.

Liu, W., et al. (2021). AI-Based Feedback in Educational Supervision in China. International Journal of Educational Technology.

Mediatati, F., & Jati, R. (2022). Pemantauan berkelanjutan dan pengembangan profesional guru melalui supervisi akademik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 101-116.

Mediatati, N., & Jati, D. H. P. (2022). Supervisi kepala sekolah: Peningkatan kualitas pembelajaran guru dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 422–431. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.48774

Mufidah, A. M., Yusuf, M., & Widyastono, H. (2025). The Correlation Between Total Quality Management with Teacher Performance. Journal of Education and Learning. https://scispace.com/papers/the-correlation-between-total-quality-management-with-36yy24lrwg

Nadiya, N. (2023). Dampak supervisi akademik terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(1), 78-93.

Nida, N. (2023). Supervisi guru dalam pengembangan mutu pendidikan. Educational Journal: General and Specific Research, 3, 343–354.

Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Permendikbud No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Purwanto, M. N. (2007). Administrasi dan supervisi pendidikan.

Putro, H. R., Muhibbin, A., & Haryanto, S. (2024). School Supervisors in Enhancing Education Quality via the School Accreditation Process. Journal of Education Research and Evaluation. https://scispace.com/papers/school-supervisors-in-enhancing-education-quality-via-the-68tess9fqar4

Sarahaswati, H., & Kusumahwati, S. (2016). Modul guru pembelajar taman kanak-kanak kelompok kompetensi D.

Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900-912.

Saputri, Y., & Darsinah, D. (2023). Penggunaan aplikasi digital untuk mendukung supervisi akademik di PAUD. Jurnal Teknologi Pendidikan Anak Usia Dini, 9(4), 125-138.

UNESCO. (2023). Ensuring Quality Education for Early Childhood: Global Perspective. UNESCO Reports on Global Education.

Yuni Saputri, O., & Darsinah, D. (2023). Manajemen supervisi akademik pada lembaga pendidikan anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 28–39. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.276


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.